Membuat Siluet Wajah Dari Samping Di Photoshop Dengan Mudah

Membuat Siluet Wajah Dari Samping Di Photoshop Dengan Mudah

Membuat Siluet Wajah — Siluet wajah merupakan salah satu photo illustration yang bisa dibuat dengan Photoshop. Siluet sebenarnya diambil dari kata silhouette. Pada dasarnya silhouette merupakan karya seni dengan warna solid (polos) serta menekankan nilai artistik pada outlinenya. Dalam dunia fotografi siluet merupakan efek yang dihasilkan akibat perpaduan cahaya yang signifikan antara objek utama dalam suatu foto dengan latar belakangnya.

Dari hal tersebut dibuat suatu ilustrasi foto yang disebut siluet art atau siluet wajah. Siluet biasanya dibuat untuk menggambarkan wajah seseorang dari sisi samping. Hasilnya tentu akan sangat ditentukan dari lekuk garis tepi yang dibentuknya, disebut sebagai outline. Siluet wajah yang umumnya dibuat dari tampak samping wajah seseorang. Posisi wajah yang difoto dari samping tentu juga sangat mempengaruhi hasilnya, jika kurang pas, maka siluet yang dihasilkan bisa kurang mirip dengan wajah asli seseorang. Beberapa contoh siluet wajah diantaranya sebagai berikut.

Membuat Siluet Wajah

Make Path

Untuk membuat siluet wajah anda bisa menggunakan salah satu perangkat lunak pengolah gambar dari Adobe, yaitu Photoshop. Selama proses pembuatan anda beberapa hal yang perlu anda ketahui. Diantaranya adalah tool yang perlu anda gunakan adalah Pen Tool. Tool ini digunakan untuk membentuk garis outline dari wajah yang tampak samping. Jadi paling tidak anda menguasai cara kerja tool tersebut. Sebagai foto sampel digunakan foto atlet sepak bola asal Brazil berikut ini.

Foto Neymar dari Samping - Membuat Siluet Wajah Dari Samping Di Photoshop Dengan Mudah

Selanjutnya dengan menggunakan pen tool atur jenis pen yang digunakan untuk membuat Shape. Pada bagian fill gunakan warna solid 90% Gray sedangkan bagian Stroke pilih No Color agar shape yang dibuat tidak memiliki outline atau garis pinggir.

pen tool settings for siluet art in Photoshop CS6 - Membuat Siluet Wajah Dari Samping Di Photoshop Dengan Mudah

Dengan menggunakan pen bentuk path shape untuk bagian tepi dari kepala termasuk wajah dari foto tersebut. Karena objek dan latar belakangnya memiliki warna dan cahaya yang cukup kontras, maka akan cukup mudah membentuk tepi sesuai objek pada foto. Pada bagian ini diperlukan ketelitian agar hasilnya lebih baik.

Membentuk shape dengan pen tool untuk siluet wajah di photoshop cs6

Finishing

Selanjutnya pada bagian ini anda juga dapat memberikan sentuhan artistik lain. Seperti membuat lengkungan ke dalam pada path untuk membedakan antara bagian yang menonjol seperti antara dagu dan leher atau pada bagian-bagian tertentu di pakaian. Hal tersebut akan banyak menambah nilai artistik pada siluet wajah yang dibuat.

Namun perlu anda perhatikan bahwa penambahan lengkungan ke dalam tersebut tidak boleh anda lakukan pada bagian-bagian yang nampak tidak cocok, seperti telinga, beberapa diantaranya juga tidak cocok untuk bagian mata dan hidung. Namun jika anda bisa membuatnya terlihat cocok tidak ada salahnya untuk dicoba. Selain itu menambahkan lengkungan dalam jumlah yang berlebihan akan membuat kesan siluet pada karya anda akan berkurang. Sebaiknya berikan kesan artistik namun tetap sederhana.

Untuk menambahkan lubang pada bagian tengah path siluet wajah yang anda buat hal tersebut bisa dilakukan dengan pen tool. Pada bagian path operations anda dapat mengatur hasil irisan kurva path, seperti membentuk lubang pada bagian irisan atau menggabungkannya. Pilih exclude overlapping shapes agar bagian yang saling beririsan dijadikan path berlubang.

Path operations pada photoshop untuk membuat lubang pada bagian path. Membuat siluet wajah di photoshop dengan mudah

Lalu bentuklah bagian-bagian yang menurut anda cocok untuk ditambahkan. Anda bisa mulai mencoba membuat sendiri dengan gambar-gambar wajah yang sederhana terlebih dahulu. Perlu anda perhatikan bahwa kualitas yang dimiliki gambar akan sangat mempengaruhi hasil yang anda buat. Kualitas gambar yang tinggi akan membantu anda membentuk path secara lebih halus. Berikut hasil akhir dari gambar siluet wajah sang atlet, Neymar.

Hero before
Hero after

Ending

Sebagai penutup dan sebagai saran anda dapat memberikan hasil siluet wajah yang baik dipengaruhi oleh beberapa faktor, yang paling utama adalah faktor pengalaman. Semakin sering anda membuatnya semakin lama anda akan membuatnya dengan lebih baik. Hal itu karena anda akan semakin banyak melihat inspirasi. Kemudian kualitas foto juga menjadi faktor penentu selanjutnya, semakin tinggi kualitas foto, maka path yang dapat anda bentuk akan semakin halus, dan itu artinya semakin baik.

Sebagai bahan inspirasi anda dapat menemukannya pada @pico.project. Anda dapat menjadikannya sebagai galeri. Namun disamping itu anda juga berkesempatan memperoleh karya siluet wajah dari foto anda sesuai dengan keinginan anda pula. ORDER NOW AND MAKE YOUR OWN!!!

Related Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel