Tuesday, June 11, 2019

Cara Manual Menghapus Plugin Wordpress Tanpa wp-admin

Cara Manual Menghapus Plugin Wordpress Tanpa wp-admin

Menghapus Plugin WordPress Manual — Sebagai salah satu aplikasi mesin blog (blog engine) yang cukup populer WordPress telah digunakan sebagai CMS dan web page builder oleh banyak situs ternama di berbagai negara. WordPress merupakan aplikasi open source yang disediakan secara terbuka dan gratis bagi siapa saja, dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman web PHP dan bahasa pemrograman basis data (database) MySQL yang sering disebut sebagai PHP-MySQL. Kedua bahasa pemrograman tersebut juga merupakan aplikasi open source yang dapat ditemukan pada berbagai layanan webhost yang tersedia. Selain sebagai blog engine WordPress juga sekaligus sebagai Content Management System (CMS) untuk mengatur isi dari sebuah halaman situs (website) dan sebagai pembangun halaman situs (web page builder) yang cukup banyak digunakan.

Sejarah WordPress

WordPress pada awalnya berasal dari b2/cafelog yang dikembangkan oleh Michel Valdrighi kemudian dikembangkan kembali oleh Matthew Charles “Matt” Mullenweg pada tahun 2003 dengan mendirikan perusahaan Automattic dan WordPress terus berkembang dengan komunitas yang semakin besar untuk perangkat lunak open source ini. Pada dasarnya WordPress tersedia dalam dua jenis dan dua alamat berbeda, yaitu WordPress.com dan WordPress.org. Meskipun hanya berbeda domain namun cara pemasangan dan fitur yang disediakan dari keduanya berbeda.

Apa perbedaan WordPress.com dan WordPress.org?

WordPress.com Homepage - Cara Manual Menghapus Plugin Wordpress Tanpa wp-admin

WordPress.com merupakan situs layanan blog dari WordPress yang menggunakan server tersendiri pada Automattic, WordPress.com merupakan layanan WordPress yang disediakan pada tahun 2005 setelah rilis versi 1.5 dan diunduh sebanyak 900 ribu kali. Layanan yang disediakan WordPress.com terdiri dari layanan gratis dan layanan berbayar dengan plan yang berbeda-beda. Dengan mendaftar pada WordPress.com pengguna tidak perlu melakukan instalasi WordPress atau konfigurasi yang cukup rumit sehingga pengguna dapat langsung menggunakannya dan memilih fitur yang telah disediakan serta memilih modifikasi yang diinginkan seperti menambahkan domain dan custom host. Namun meskipun demikian pengguna WordPress.com dibatasi untuk tidak dapat mengunggah theme dan plugins kecuali dengan melakukan upgrade.

WordPress.org Download Page - Cara Manual Menghapus Plugin Wordpress Tanpa wp-admin

WordPress.org merupakan pilihan yang cocok untuk pengembang (developer) sebuah halaman situs, pasalnya fitur yang disediakan pada WordPress.org lebih membebaskan pengguna untuk melakukan modifikasi bahkan terhadap kode sintaks pada seluruh berkas CMS selama seseorang menguasai PHP-MySQL, HTML, CSS dan JavaScript. Dengan menggunakan WordPress.org pengguna dapat memasang tema yang tidak tersedia sebelumnya serta dapat memasang berbagai macam plugins termasuk untuk unggah plugin sendiri sekalipun. Selain itu WordPress.org juga menggunakan akun nama pengguna dan kata sandi yang berbeda dari WordPress.com. Pada WordPress.org pengguna cukup mengunduh (downlaod) berkas CMS, memasangnya pada alamat dan server sendiri lalu melakukan konfigurasi database. Dikutip dari ringkasan pembaruan WordPress, anda memiliki kebebasan-kebebasan berikut:
  • Anda memiliki kebebasan untuk menjalankan program, untuk kegunaan apa saja.
  • Anda memiliki akses ke kode sumber, kebebasan untuk mempelajari cara kerja program, dan kebebasan untuk mengubahnya untuk membuatnya melakukan apa saja yang Anda inginkan.
  • Anda punya kebebasan untuk mendistribusikan salinan program asli sehingga Anda dapat membantu para tetangga Anda.
  • Anda punya kebebasan untuk mendistribusikan salinan dari versi Anda yang telah diubah kepada orang lain. Dengan melakukan hal ini Anda dapat memberikan seluruh masyarakat kesempatan untuk mendapatkan keuntungan dari perubahan Anda.

Keunggulan dan fitur WordPress

Jika anda akan membangun sebuah halaman situs khususnya blog, WordPress bisa menjadi pilihan yang sesuai untuk anda, pasalnya dengan berbagai fitur dan keunggulan WordPress yang cukup lengkap tetap membuatnya mudah untuk dipelajari. Beberapa hal yang bisa menjadi alasan anda untuk memilih WordPress adalah:
  • Gratis. Untuk menggunakan layanan CMS dari WordPress anda tidak akan dikenakan biaya apapun, cukup dengan mengunduh dari WordPress.org.
  • Open Source. Keunggulan dari aplikasi open source akan membuat pengguna dapat melihat kode penyusun aplikasi WordPress serta secara bebas dapat melakukan perubahan terhadap kode tersebut sesuai dengan keinginan dan kebutuhan penggunanya.
  • Dapat digunakan bersama. Satu situs yang dibangun dengan WordPress akan dapat digunakan lebih dari satu pengguna, misal pada situs organisasi dan komunitas. Beberapa pengguna dapat bertindak sebagai administrator serta dapat menambahkan penulis, manajemen, dan pelanggan.
  • Plugin yang lengkap. Salah satu fitur WordPress yang memungkinkan pengguna menambahkan fitur yang sebelumnya tidak tersedia. Plugin yang tersedia pada dasarnya dikembangkan terpisah oleh individu atau kelompok diluar WordPress dengan syarat dan ketentuan tertentu.
  • Fitur penulisan. Fitur penulisan yang tersedia disesuaikan dengan kebiasaan penulis pada umumnya serta tampilan halaman kerja yang simpel dan bersih. Selain itu dukungan penambahan tags dan category yang dapat ditambahkan sebanyak yang diinginkan.
  • Tampilan web variatif. Theme yang digunakan pada WordPress lebih bervariasi dan bebas, sehingga pengguna dapat membuat sendiri tampilan tema sesuai keinginan selama menguasai bahasa pemrogramannya atau memilih tema yang tersedia luas di berbagai situs.
  • Transfer content. Jika sebelumnya pengguna telah memiliki situs pada CMS lain, dukungan untuk memindahkan konten memungkinkan untuk lebih mudah mengalihkan situs kepada WordPress.
  • Community support. Dengan pengguna layanan yang banyak dukungan komunitas yang luas disediakan untuk pengembangan serta dukungan untuk penggunaan WordPress.
  • Search Engine Optimizer. Dukungan SEO Friendly yang lebih luas dapat membuat situs anda lebih mudah diakses oleh mesin pencari serta memiliki peluang lebih untuk dikenal lebih luas.

Apa itu plugin?

Fitur paling populer yang terdapat pada WordPress adalah tersedianya layanan plugin yang memungkinkan pengguna untuk memilih dan memasang plugin sesuai dengan kebutuhan pengguna tersebut, dengan memasang plugin WordPress pengguna dapat menambahkan fitur dan layanan tersendiri pada halaman situs yang dikelola. Pada WordPress plugin akan berperan bebas untuk mengaplikasikan fiturnya termasuk dengan menambahkan menu tersendiri pada menu dasar yang terdapat pada halaman admin. Pada WordPress.org pengguna lebih bebas untuk mengunggah plugin tersendiri, namun dengan melakukan unggah plugin pengguna memiliki risiko apabila plugin tersebut kurang sesuai dan tidak kompatibel dengan versi WordPress yang digunakan. Akibatnya hal tersebut dapat menyebabkan beberapa kesalahan pada penggunaan plugin yang diunggah, satu diantaranya adalah plugin tidak dapat aktif dan plugin tidak dapat dihapus.

Mengatasi plugin WordPress yang tidak dapat dihapus


Untuk menghapus plugin secara normal telah terdapat menu pada bagian halaman plugin yang terpasang, plugin yang dapat dihapus hanyalah plugin yang tidak aktif jadi untuk menghapus sebuah plugin anda harus deactive plugin tersebut. Lalu bagaimana dengan plugin yang tidak kompatibel? Anda perlu menghapusnya secara manual melalui file directory web hosting anda. Untuk melakukannya terlebih dahulu anda memerlukan akses ke direktori file web hosting anda, hal ini tentu berbeda dengan hak akses terhadap nama pengguna WordPress yang telah dibuat, oleh karena itu nama pengguna yang digunakan haruslah milik pengembang (developer) halaman situs tersebut. Silakan buka direktori public_html › wp-content › plugins kemudian silakan cari plugin yang ingin anda hapus.

Web Hosting File Manager

Setelah ditemukan, silakan hapus keseluruhan folder dari plugin yang ingin hapus. Pastikan bahwa menghapus plugin tersebut berarti anda telah bersedia menghilangkan akses plugin dan pastikan pula bahwa plugin dalam keadaan tidak aktif. Harap periksa seluruh perubahan yang telah anda lakukan dengan plugin tersebut dan pastikan data anda dalam keadaan yang aman. Setelah menghapus plugin tersebut silakan periksa halaman plugin yang terpasang (installed plugins) pada halaman admin anda dan anda dapat melihat bahwa plugin tersebut telah terhapus.

Itulah cara yang dapa anda coba untuk mengatasi plugin WordPress yang tidak dapat dihapus, menghapus plugin WordPress secara manual tanpa perlu login melalui halaman wp-admin. Pastikan anda melakukan pemasangan plugin dengan benar, jika anda akan mengunggah plugin pastikan bahwa plugin WordPress yang akan anda pasang telah kompatibel dengan versi WordPress yang anda gunakan sehingga untuk meminimalisir risiko yang mungkin terjadi.

Next

Related