Cara Mudah Copy-Paste Tulisan Arab

Cara Mudah Copy-Paste Tulisan Arab

Teks Arabic di Microsoft Word — Bahasa Arab (dan sejenisnya) memiliki cara penulisan yang cukup unik, berbeda dengan tulisan latin yang kita kenal saat ini tulisan Arab sedikit berbeda.

Jika kita terbiasa menulis dalam bahasa Indonesia dari kiri ke kanan tulisan Arabic sebaliknya, dari kanan ke kiri. Menurut sejarah hal tersebut terjadi akibat kebiasaan pengrajin tulisan kuno pada masa itu menggunakan pahat dengan tangan kiri dan palu pada tangan kanan akibatnya tulisan Arab yang kita kenal hari ini ditulis dari kanan ke kiri.

Selain itu tulisan Arabic menggunakan metode penulisan huruf vokal yang berbeda dengan tulisan latin yang dikenal dengan harakat. Akibatnya secara digital komputer harus menyatukan dua karakter (karakter huruf dan karakter harakat) menjadi satu karakter sebaris.

Belajar mengaji. Pengenalan harakat pada huruf Hijaiyah. Menulis huruf hijaiyah pada Microsoft Word

Microsoft Word sebagai salah satu perangkat lunak pengolah kata telah dilengkapi dengan berbagai fitur dan mampu mengenali berbagai bahasa di seluruh dunia. Tidak terkecuali bahasa dengan aksara yang tidak latin. Termasuk font untuk tulisan bahasa Arab. Namun jika kita coba secara langsung menyalin tulisan Arab ke aplikasi Microsoft Word, (baca juga: menulis Arabic dengan ArabicPad) yang terjadi adalah seperti berikut ini:

Cara menyalin tulisan Arab ke Microsoft Word dengan baik dan benar

Menggunakan WordPad

Oleh sebab itu secara dasar program komputer perlu diperkenalkan dengan gaya penulisan Arabic agar tidak keliru mengurutkan tulisan dari kiri ke kanan. Untuk menyalin tulisan Arab ke Microsoft Word perlu dilakukan sedikit trik agar tulisan yang disalin dapat tampil secara baik dan benar. Lalu bagaimana melakukannya, berikut ini tools yang perlu anda persiapkan.
  • Microsoft Word (versi apapun)
  • WordPad (aplikasi bawaan Windows)

Jadi anda tidak perlu menginstall aplikasi apapun selain Microsoft Word. Pertama-tama silakan salin tulisan Arab yang akan anda gunakan, sebagai contoh untuk teks man jadda wajada berikut ini.

مَنْ جَدَّوَجَدَ

Teks Arabic di Microsoft Word

Salin teks Arabic di atas lalu buka aplikasi WordPad anda. Aplikasi WordPad dapat anda temukan dengan membuka jendela Start kemudian menuliskan “WordPad” pada kotak pencarian.

Teks Arabic WordPad. Hasil pencarian WordPad pada jendela Start Windows 10. Cara menyalin tulisan Arabic ke Microsoft Word dengan baik dan benar

Setelah itu paste teks Arabic di atas pada WordPad, pastikan bahwa teks Arabic yang telah anda salin tampil dengan baik dan benar sebagaimana bentuk teks Arabic tersebut seharusnya. Kemudian tekan CTRL + A untuk menyalin kembali teks Arabic tersebut. Selanjutnya silakan buka kembali Microsoft Word lalu tekan CTRL + V dan lihatlah hasilnya.

Pada dasarnya Microsoft Word dapat membaca teks Arabic secara baik dan benar. Namun jika anda langsung menyalin teks ke Microsoft Word format yang tampil akan disesuaikan dengan teks latin. Sedangkan WordPad akan mengatur format Arabic secara otomatis. Jadi cukup salin teks Arabic dari WordPad beserta formatnya ke Microsoft Word dengan teks yang tampil akan sesuai dengan seharusnya.

Related Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel