Cara Terbaru Install XAMPP di Windows Mudah

Cara Lengkap Memasang XAMPP pada Windows

XAMPP merupakan salah satu perangkat lunak pembangun server lokal yang cukup banyak digunakan. Sebagai perangkat lunak gratis, XAMPP mendukung banyak sistem operasi, cross platform, seperti Windows, Linux, Mac OS X, bahkan Oracle Solaris. Oracle Solaris merupakan sistem operasi yang cocok digunakan untuk komputer server. Berfungsi sebagai server untuk menyediakan hosting sendiri (localhost). Localhost XAMPP mampu menjalankan program Apache HTTP Server dan MySQL database yang ditulis dengan bahasa pemrograman PHP dan Perl. MySQL, PHP, dan Perl merupakan program sumber terbuka (open source) yang terdaftar dalam GNU General Public License serta dapat digunakan secara lintas platform pada berbagai sistem operasi. Serta merupakan bahasa pemrograman web server yang mudah dipelajari dan digunakan serta mendukung tampilan situs yang dinamis. Anda juga dapat membaca tentang cara memasang WordPress pada subdomain.

XAMPP dikembangkan oleh sebuah tim proyek bernama Apache Friends. Sebuah tim yang terdiri dari tiga bagian tim, yakni Tim Inti, Tim Pengembang, dan Tim Dukungan. Ketiga tim tersebut bergerak pada bagian yang berbeda untuk terus mengembangkan aplikasi mereka. Berdasarkan nama aplikasi tersebut, XAMPP merupakan singkatan dari beberapa kata yang mendukung aplikasi tersebut.
  • X: merupakan huruf yang menandakan bahwa XAMPP dapat dijalankan pada empat sistem operasi, Windows, Linux, Mac OS, dan Solaris.
  • A: Apache, merupakan aplikasi web server yang bertugas untuk menghasilkan halaman situs berdasarkan barisan kode PHP yang ditulis oleh developer.
  • M: MySQL, merupakan aplikasi web server yang bertugas sebagai manajemen database, menulis dan mengurangi isi database. SQL merupakan singkatan dari Structured Query Language.
  • P: PHP, merupakan bahasa pemrograman web yang berada pada sisi server (server-side scripting). PHP memungkinkan untuk membangun skrip HTML berdasarkan fungsi dan logika yang didefinisikan.
  • P: Perl, merupakan bahasa pemrograman yang mirip dengan bahasa C, pertama kali digunakan untuk Unix oleh Larry Wall untuk berbagai keperluan dengan regular expression namun lebih mudah digunakan dibandingkan C.

Memasang XAMPP pada Windows

Untuk dapat menggunakan XAMPP pada sistem operasi Windows, terlebih dahulu lakukan instalasi terhadap aplikasi tersebut. Silakan unduh aplikasinya melalui situs resmi Apache Friends. Pada bagian XAMPP for Windows anda akan menemukan beberapa versi yang tersedia. Beberapa versi tersebut secara umum dibedakan atas versi PHP yang digunakan.

PHP version in Xampp for Windows

Setelah mendapatkan aplikasinya selanjutnya lakukan pemasangan dengan membuka file setup tersebut. Anda mungkin akan menemukan dialog peringatan tentang User Account Control (UAC) saat menjalankan instalasi. Pesan peringatan tersebut bermaksud menegaskan bahwa beberapa fungsi XAMPP mungkin akan dibatasi atau bahkan dicekal oleh pengaturan kontrol akun pengguna. Peringatan tersebut meminta anda untuk mencegah missing write permissions pada direktori C:\Program Files (x68) (bagi pengguna OS x64). Atau deactive UAC melalui msconfig setelah melakukan instalasi.

XAMPP - Warning User Account Control

Sebagai saran anda dapat mengabaikan peringatan ini. Missting write permissions mungkin hanya terjadi apabila anda memasangnya pada direktori partisi C:\.

Anda dapat mengaturnya melalui menu Change User Account Control settings dengan mencarinya pada pencarian Start.

change user account control settings

Lalu geser kebawah pada pengaturan roll hingga menjadi Never notify.

User Account Control Settings Windows 10

Proses pemasangan XAMPP

Anda akan menemukan jendela selamat datang seperti berikut ini, untuk melanjutkan proses instalasi silakan pilih Next.

Setup - XAMPP - Cara Lengkap Memasang XAMPP pada Windows

Pada jendela selanjutnya akan tampil pilihan untuk memasang komponen yang disediakan atau tidak. Anda dapat memilih beberapa komponen opsional untuk dipasang atau tidak, namun yang utama dan harus ada adalah server Apache dan bahasa pemrograman PHP. Sedangkan yang lain merupakan opsi tambahan. Sebagai saran jika anda ingin meminimalisir ruang penyimpanan yang digunakan oleh XAMPP, cukup pasang opsional MySQL dan phpMyAdmin. Dengan pilihan tersebut anda dapat menggunakan PHP sekaligus dengan MySQL untuk manajemen database serta phpMyAdmin untuk mengakses database.

XAMPP - Select Components

Setelah memilih komponen XAMPP, selanjutnya tentukan direktori atau lokasi penyimpanan. Secara default program akan menempatkan direktori aplikasi pada partisi lokal C:\xampp. Namun perlu anda perhatikan bahwa segala file pada partisi tersebut berisiko hilang jika anda melakukan instalasi ulang terhadap sistem operasi Windows anda. Sebaiknya gunakan partisi lain seperti D:\ atau E:\ jika tersedia.

XAMPP - Install directory

Pada bagian ini menunjukkan tentang peran Bitnami. Bitnami merupakan provider instalasi gratis yang dapat memasang aplikasi sumber terbuka (open source) seperti WordPress, Joomla!, serta Drupal pada berbagai platform sistem operasi, khususnya yang mendukung aplikasi XAMPP. Anda dapat mencentang pilihan Learn more about Bitnami for XAMPP untuk membuka situs Bitnami.

XAMPP - Bitnamy learn more

Kemudian silakan tunggu hingga proses instalasi selesai. Pada bagian ini anda bisa saja menunggu cukup lama, tergantung pada spesifikasi kemampuan PC yang anda gunakan.

XAMPP - Installing progress

Ketika proses pemasangan telah selesai, anda dapat mencoba menjalankan Control Panel dengan mencentang pilihan yang ada lalu tekan tombol Finish.

XAMPP - Finish setup

Jendela Control Panel akan tampil seperti berikut ini. Anda dapat memulai beberapa aplikasi secara bersamaan. Secara umum biasanya cukup aktifkan Apache dan MySQL.

XAMPP - Control Panel Window

Silakan buka aplikasi browser yang anda gunakan lalu ketik pada address bar alamat localhost, maka secara otomatis anda akan diarahkan pada halaman Dashboard XAMPP.

XAMPP - Localhost Dahsboard

Cara Menggunakan XAMPP

Ketika aplikasi Apache dan MySQL telah diaktifkan melalui jendela kontrol panel anda sudah dapat menggunakan hosting yang telah disediakan XAMPP pada direktori \xampp\htdocs (direktori instalasi XAMPP). Silakan buat sebuah folder dengan nama sesuai keinginan anda, misalnya "Maringngerrang". Selanjutnya buatlah file dengan ekstensi PHP di dalam folder tersebut. Pelajari lebih lanjut tentang ekstensi file dan cara menampilkannya. Kemudian coba ketikkan kode PHP berikut pada file tersebut. Simpan file tersebut dengan nama index.php.

<?php
echo "<title>Belajar PHP - Maringngerrang.net</title>";
echo "<h1>Selamat Datang!</h1><br>
<strong>Maringngerrang.net</strong><br>
Ini adalah halaman yang ditulis dengan kode PHP";
?>

Setelah itu kembali pada jendela browser, masukkan alamat localhost/Maringngerrang pada address bar. Jika berhasil anda akan melihat halaman yang menampilkan hasil terjemahan kode PHP yang telah ditulis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel