Sunday, May 12, 2019

Cara Mudah Membuat Domain XAMPP Virtual Host di Windows

Cara Mudah Membuat Domain XAMPP Virtual Host di Windows

Cara Membuat Domain XAMPP — XAMPP merupakan sebuah perangkat lunak gratis dan open source yang dikembangkan oleh sebuah tim proyek bernama Apache Friends. Perangkat lunak ini tersedia dalam berbagai jenis sistem operasi diantaranya Windows, Linux, dan OS X. Seperti yang kita ketahui, XAMPP merupakan perangkat lunak pembangun server lokal. Cara kerja XAMPP menyerupai cara kerja pada layanan cPanel hosting yang tersedia di internet. XAMPP akan memberi anda sebuah hosting penyimpanan lokal yang dapat pula diakses secara lokal melalui jaringan Local Area Network (LAN). Perangkat lunak tersebut mampu membuat anda membangun sebuah halaman situs dengan menyimpan file web tersebut pada direktori lokal. Selain itu anda juga dapat membuat basis data (database) dari halaman phpmyadmin.
Domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi alamat (IP address) server komputer seperti web server atau email server di internet. Domain memberikan kemudahan pengguna internet untuk melakukan akses ke server dan memudahkan mengingat server yang dikunjungi dibandingkan harus mengingat sederetan angka-angka IP Address.

Pada umumnya ketika menggunakan XAMPP anda akan dapat mengakses situs web lokal yang anda buat melalui alamat http://localhost/ atau melalui alamat IP 127.0.0.1 (default localhost IP). Namun selain itu anda dapat melakukan modifikasi dan mengganti alamat tersebut dengan alamat domain sesuai keinginan anda. Sekadar informasi untuk anda bahwa domain apapun dapat anda gunakan pada localhost meskipun telah digunakan secara online di internet. Jadi jika anda menggunakan XAMPP dalam keadaan online, maka domain yang anda daftarkan akan digunakan meskipun anda terhubung ke internet. Jadi yang terbuka bukanlah situs yang seharusnya melainkan web localhost anda. Berikut cara membuat domain XAMPP.

Membuat domain XAMPP

Terlebih dahulu tentunya anda akan memerlukan aplikasi XAMPP. Jika anda belum memilikinya anda bisa memperoleh secara gratis dengan download melalui halaman resmi Apache Friends. Untuk proses pemasangannya, anda bisa membaca cara lengkap install XAMPP pada Windows. Jadi jika anda telah memiliki XAMPP yang terpasang pada perangkat anda, silakan lanjutkan.

Menambahkan domain pada file host

Anda perlu mandaftarkan domain pada file host yang terdapat pada direktori sistem sistem operasi Windows. Silakan anda menuju ke lokasi C:\WINDOWS\System32\drivers\etc anda akan menemukan file yang bernama host, file tersebut tidak memiliki ekstensi apapun namun anda dapat membukanya dengan aplikasi Notepad yang secara default sudah terdapat pada sistem operasi Windows. Setelah itu anda perlu menuliskan domain anda, tambahkan kode berikut di baris paling terakhir dari file host tersebut dan silakan disimpan.

127.0.0.1 tenrius.org
127.0.0.1 www.tenrius.org

Untuk menguji apakah domain yang anda tambahkan sudah berhasil dan dapat diakses atau belum anda bisa melihatnya pada browser, silakan buka aplikasi XAMPP dan aktifkan module Apache dan/atau  MySQL, kemudian tuliskan domain yang anda tambahkan tadi pada address bar browser. Jika berhasil anda akan menemukan tampilan XAMPP.

Cara Mudah Membuat Domain XAMPP Virtual Host di Windows

Menambahkan domain pada Virtual Host XAMPP

Selanjutnya anda dapat mengarahkan domain tersebut pada folder khusus pada htdocs XAMPP. Silakan menuju ke direktori C:\xampp\apache\conf\extra dan buka file httpd-vhosts.conf dengan menggunakan Notepad. Lokasi direktori tersebut perlu disesuaikan dengan tempat anda memasang XAMPP pada perangkat anda, secara default akan terpasang pada local disk C:/. Pada file httpd-vhosts.conf tambahkan kode berikut ini pada baris paling terakhir dari file tersebut.

<VirtualHost tenrius.org:80>
 ServerAdmin admin@tenrius.org
 DocumentRoot "C:\xampp\htdocs\tenrius.org"
 ServerName tenrius.org
 ServerAlias www.tenrius.org
 <Directory "C:\xampp\htdocs\tenrius.org">
  Options Indexes FollowSymLinks Includes ExecCGI
  AllowOverride All
  Order allow,deny
  Allow from all
 </Directory>
</VirtualHost>

Pada kode di atas terdapat bagian-bagian yang perlu anda ganti, pertama ganti semua kata tenrius.org dengan nama domain yang anda masukkan pada file host sebelumnya. Kedua ganti semua direktori lokasi C:\xampp\htdocs\tenrius.org dengan direktori anda, lokasi C:/ tergantung di mana anda meng-install XAMPP dan nama tenrius.org merupakan nama folder.

Jika sudah selesai silakan simpan file tersebut. Selanjutnya anda perlu me-restart aplikasi XAMPP, terlebih dahulu hentikan module untuk Apache dan MySQL kemudian tekan tombol Quit. Setelah itu buka kembali aplikasi XAMPP dan mulai module untuk Apache dan MySQL. Setelah itu buka aplikasi internet browser anda dan buka alamat sesuai domain yang anda gunakan sebelumnya. Jika berhasil anda akan melihat halaman website sesuai dengan direktori yang anda arahkan sebelumnya.

Next

Related