Setting Dual Monitor PC dan Laptop Windows

Setting Dual Monitor PC dan Laptop Windows

Selamat datang teman-teman, terima kasih telah berkunjung di blog saya. Dalam posting kali ini saya akan membahas tentang cara setting dual monitor pada laptop dan PC dengan OS Windows 10. Hal ini mungkin banyak yang tidak diketahui kebanyakan orang, bahwa sebenarnya laptop atau PC yang biasa digunakan dapat disambungkan dengan monitor dengan tampilan layar berbeda. Sederhananya layar anda bisa menjadi lebih lebar dan saling terhubung satu sama lain, jadi ketika anda menggeser ke samping lebih jauh, maka anda akan pindah ke layar yang di sebelahnya.

Jadi pada satu laptop anda bisa menggunakan 2 hingga 3 layar yang menampilkan jendela yang berbeda. Contohnya seperti berikut:

Setting Dual Monitor PC dan Laptop Windows

Untuk melakukan hal tersebut anda perlu melakukan sedikit pengaturan. Tapi tenang saja anda tidak memerlukan software tambahan, hanya perlu mengaturnya pada pengaturan bawaan. Yang akan anda perlukan adalah beberapa perangkat keras berikut:
  • Monitor PC / TV LED (yang mendukung HDMI)
  • Kabel VGA / kabel HDMI
  • Laptop / PC

Jika anda menggunakan PC, maka tentu anda akan memerlukan dua monitor sekaligus, karena 1 monitor sebagai monitor utama dari PC tersebut, sedangkan jika laptop anda hanya memerlukan sebuah monitor lagi karena tentunya laptop sudah punya monitor sendiri. Bagi yang belum mengetahui, kabel VGA dan kabel HDMI sama-sama kabel yang digunakan untuk menampilkan output pada monitor, ada dua kabel lain yang punya fungsi sama yaitu kabel DisplayPort dan kabel DVI. Kabel VGA merupakan kabel display output yang paling banyak digunakan. Berikut tampilannya:

Jenis-jenis kabel output display

Pertama sambungkan kabel VGA atau kabel HDMI dari PC atau laptop anda serta sambungkan juga ke monitor anda. Kemudian secara default pada monitor akan muncul tampilan yang sama dengan monitor utama, seperti itu yang biasanya digunakan pada saat presentasi pada layar proketor. Selanjutnya anda tinggal mengatur agar monitor tampil secara simultan atau extend view. Ada beberapa cara yang bisa anda pilih.

Cara Pertama

Secara sederhana anda bisa menekan kombinasi tombol pada keyboard yaitu Windows (tombol dengan logo Windows) + P, lalu akan muncul menu pilihan dari sisi kanan desktop (pada Windows 7 muncul di bagian tengah).

Display Settings Windows 7

Display Settings Windows 10

Kemudian anda bisa mengaturnya lebih jauh dengan membuka display settings. Klik kanan pada desktop dan pilih display settings.

Klik kanan pada desktop

Selanjutnya anda bisa mengatur posisi monitor sesuai keinginan anda, jika anda meletakkan monitor tambahan di sebelah kiri monitor utama, anda tinggal menggeser kotak layar ke posisi yang anda inginkan.

Display Settings untuk Windows 7

Display Settings untuk Windows 10

Kemudian anda juga bisa mengatur monitor mana yang ingin dijadikan monitor utama. Monitor utama akan berfungsi untuk menampilkan seluruh tampilan desktop seperti tryicon, shortcut aplikasi, dan sebagai tempat awal bagi setiap aplikasi yang baru dibuka pertama kali pada mode extend.

Baiklah sebagai contoh, anda ingin menjadikan monitor 1 (monitor tambahan) sebagai monitor utama, yang menampilkan seluruh ikon desktop dan ikon taskbar lainnya. Pertama-tama klik kotak sesuai nomor monitor yang anda inginkan (jika anda ingin mengetahui nomor setiap monitor klik tombol Identify. Lalu untuk menjadikannya monitor utama, centang pada bagian Make this my main display.

Make this my main display Windows 10

Perlu anda perhatikan bahwa pada versi Windows 7 anda mungkin tidak menemukan tampilan taskbar pada monitor tambahan, hal tersebut wajar saja karena pengaturan bawaan Windows 7 memang seperti itu. Oleh karena itu beberapa pengaturan mungkin akan berbeda pada versi yang lebih lawas.

Mungkin cukup sekian dari saya, semoga bisa bermanfaat, kalau ada yang ingin teman-teman tanyakan silakan sampaikan pada kotak komentar yang ada dibawah atau bisa juga melalui halaman contact blog ini. Terima kasih, selamat berkunjung kembali.

Related Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel