Mengatasi AMT Subsystem Error Adobe Media Encoder

Mengatasi AMT Subsystem Error Adobe Media Encoder

Selamat datang teman-teman, terima kasih telah berkunjung di blog saya. Dalam posting kali ini saya akan membahas tentang salah satu perangkat lunak dari Adobe, yaitu Adobe Media Encoder. Bagi kebanyakan pengguna aplikasi Adobe, yang satu ini mungkin belum terlalu dikenal khususnya bagi yang lebih sering menggunakan Adobe Photoshop dan Illustrator. Tapi bagi yang sering nongkrong di After Effect dan Premiere, Adobe Media Encoder sudah sangat familiar.

Sekilas Adobe Media Encoder

Adobe Media Encoder adalah salah satu perangkat lunak pendukung proses render pada pembuatan video di After Effect dan Premiere. Pada dasarnya sebenarnya kedua aplikasi pengolah video tersebut bisa melakukan proses render sendiri tanpa bantuan Media Encoder, akan tetapi ada banyak kelebihan yang dihasilkan dengan menggunakan Adobe Media Encoder.

Beberapa diantaranya adalah Media Encoder mampu melakukan proses rendering secara antrian tanpa mengganggu proses editing, jadi sambil mengedit bisa sambil me-render (itu jika projeknya berbeda dan spesifikasi perangkat yang digunakan mumpuni). Selain itu beberapa jenis file hasil dari Media Encoder juga memiliki size lebih kecil dengan kualitas yang sama dengan hasil render default dari AE dan Premiere.

AMT Subsystem Error

Beberapa orang yang melakukan proses editing di AE atau Premiere dan ingin mengekspor video menggunakan Media Encoder mendapatkan masalah saat membuka aplikasi tersebut, beberapa yang saya temukan yaitu muncul peringatan dengan isi pesan sebagai berikut:

Mengatasi AMT Subsystem Error Adobe Media Encoder

Thank you for using Adobe Media Encoder CS6. The Adobe product that installed Media Encoder has not activated.
Please launch and activate that Adobe product before continuing to use Media Encoder.

Anda mungkin sudah bisa menebak apa penyebabnya. Nah, untuk mengatasi hal tersebut sebenarnya sangatlah mudah. Anda bisa mencoba salah satu dari beberapa cara berikut, cobalah dari cara pertama dan jika gagal lanjutkan ke langkah berikutnya.

Cara Pertama

Pertama-tama anda perlu menampilkan file tersembunyi yang tersimpan pada direktori anda. Untuk melakukannya anda bisa membacanya di Cara Menampilkan File & Folder Tersembunyi (Hidden).
  1. Setelah itu buka direktori C:\Program Files (x86)\Common Files\Adobe\SLCache.
  2. Jika ada lebih dari 3 file dengan ekstensi *.slc (pelajari lebih lanjut tentang ekstensi), maka hapus semua file tersebut lalu buka kembali Adobe Media Encoder (AME). Jika hanya ada 3 file slc lanjutkan ke langkah 5.
  3. Awalnya anda mungkin akan berhasil membuka AME, coba tutup aplikasi tersebut lalu buka kembali.
  4. Jika tidak terjadi eror silakan berhenti sampai langkah ini, namun jika muncul eror yang sama seperti gambar di atas selanjutnya perhatikan kembali folder SLCache tadi.
  5. Jika file dalam folder tersebut tinggal 3 dengan nama file QUNDRVNTX0NIRUNL.slc, QWRvYmVNZWRpYUVuY29kZXItQ1M2LVdpbi1HTXt8fUFMTA==.slc, dan X19zbGNfZmVhdHVyZXNfXw==.slc maka klik kanan pada file X19zbGNfZmVhdHVyZXNfXw== lalu pilih Open with lalu temukan Notepad (buka file tersebut dengan Notepad).
  6. Hapus seluruh teks dalam file slc tersebut lalu Simpan.
  7. Klik kanan file X19zbGNfZmVhdHVyZXNfXw== lalu pilih Properties. Pada bagian Attributes centang Read-only lalu klik Apply lalu klik OK.
  8. Lakukan langkah 5 sampai 7 pada file QWRvYmVNZWRpYUVuY29kZXItQ1M2LVdpbi1HTXt8fUFMTA==.
  9. Buka kembali AME lalu perhatikan apakah terjadi eror yang sama atau tidak, jika terjadi eror yang sama lanjutkan ke Cara Kedua.

Cara Kedua

Jika langkah-langkah pada cara pertama belum berhasil, silakan coba beberapa langkah berikut, tetapi sebelum itu pastikan anda sudah menampilkan file tersembunyi seperti cara pertama di atas. Kemudian buka dua direktori berikut dan hapus semua file yang ada di dalamnya.
  1. C:\Users\[username]\AppData\Roaming\Adobe\Common\AME\7.0
  2. C:\Users\[username]\AppData\Roaming\Adobe\Adobe Media Encoder\7.0

Pada bagian [username] merupakan folder dengan nama sesuai username yang digunakan pada komputer anda. Jadi nama folder tersebut bisa saja berbeda-beda setiap komputer (untuk memudahkan menemukannya cukup buka folder yang bukan Default dan Public). Kemudian folder paling terakhir yaitu yang bernama 7.0 juga bisa saja berbeda-beda tergantung versi AME yang anda gunakan, 6.0 untuk CS6, 7.0 untuk CC (lupa CC berapa) dan seterusnya.

Setelah itu coba buka kembali aplikasi AME anda lalu lihat, apakah sudah berhasil terbuka atau tidak, jika sudah berhasil coba tutup dan buka kembali. Namun jika aplikasi AME masih mengalami eror yang sama, coba lakukan cara ketiga berikut.

Cara Ketiga

Jika cara kedua di atas belum berhasil, coba hapus cache file yang ada dalam dua folder di bawah ini:
  1. C:\Users\[username]\AppData\Roaming\Adobe\Common\Media Cache
  2. C:\Users\[username]\AppData\Roaming\Adobe\Common\Media Cache Files

Itulah tiga cara yang mungkin bisa anda coba. Saya harap langkah pertama sudah berhasil. Namun jika ketiga cara di atas belum berhasil anda bisa memberikan komentar dan petunjuk mengenai eror yang terjadi atau me-restart komputer anda lalu membuka kembali aplikai Adobe Media Encoder. Mungkin cukup sekian dari saya, semoga bisa bermanfaat, kalau ada yang ingin teman-teman tanyakan silakan sampaikan pada kotak komentar yang ada dibawah atau bisa juga melalui halaman contact blog ini. Terima kasih, selamat berkunjung kembali.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel