Matematika Dalam Kehidupan Nyata: Aljabar Elementer - Fungsi Rasional


Selamat datang teman-teman, terima kasih telah berkunjung di blog saya. Dalam posting kali ini saya akan membagikan salah satu tugas kuliah saya, yaitu mengenai Aljabar Elementer: Fungsi Rasional.

Apa itu Fungsi Rasional??
Jika dilihat, dibaca, dan didengar dari kalimatnya, maka yang terlintas pertama kali adalah Matematika. Yup, Matematika sangat akrab dengan kalimat Fungsi Rasional.

Dalam Matematika, pengertian fungsi rasional adalah fungsi yang memetakan suatu bilangan real x ke bilangan rasional \frac{g(x)}{h(x)}, dimana g(x) dan h(x) adalah polinom-polinom dan h(x) tidak sama dengan nol.

Ketika mahasiswa/i Matematika diberikan pertanyaan mengenai pengertian dan kesan awal mendengar kalimat Fungsi Rasional, ya paling tidak jawabannya mirip-mirip dengan yang di atas, dengan tambahan menggambar grafik, mencari asimtot datar, tegak, dan miring.

Istilah-istilah memetakan, bilangan real, bilangan rasional, polinom, asimtot dan sebagainya hanya diketahui oleh sebagian orang. Hanya untuk orang-orang tertentu. Tidak bisa dipungkiri terkadang kita menjawab sesuatu dari sudut pandang kita sendiri, tanpa mempertimbangkan keadaan orang lain.

Tapi, coba deh kita sekali-kali melihat dari sisi yang lain,

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI),

Arti kata Fungsi adalah
fungsi /fung·si/ n 1 jabatan (pekerjaan) yang dilakukan: jika ketua tidak ada, wakil ketua melakukan -- ketua; 2 faal (kerja suatu bagian tubuh): -- jantung ialah memompa dan mengalirkan darah; 3 Mat besaran yang berhubungan, jika besaran yang satu berubah, besaran yang lain juga berubah; 4 kegunaan suatu hal; 5 Ling peran sebuah unsur bahasa dalam satuan sintaksis yang lebih luas (seperti nomina berfungsi sebagai subjek);-- ekspresif Ling penggunaan bahasa untuk menampakkan hal ihwal yang bersangkutan dengan pribadi pembicara;
-- fatis Ling penggunaan bahasa untuk mengadakan atau memelihara kontak antara pembicara dan pendengar;
-- kognitif Ling penggunaan bahasa untuk penalaran akal;
-- komunikatif Ling penggunaan bahasa untuk penyampaian informasi antara pembicara (penulis) dan pendengar (pembaca);
-- sosial Antr kegunaan suatu hal bagi hidup suatu masyarakat;

Arti kata Rasional adalah

rasional1/ra·si·o·nal/ a 1 menurut pikiran dan pertimbangan yang logis; menurut pikiran yang sehat; cocok dengan akal;

Salah satu narasumber (*ciee) berkomentar mengenai arti Fungsi Rasional dalam bidang Fisioterapi:

Menurutnya, Fungsi rasional itu adalah pekerjaan/sesuatu yang dilakukan masuk akal. Dalam artian, apa yang kita lakukan tidak bertentangan dengan akal sehat atau sesuai dengan standarnya.

Contoh kasus:
Seseorang mengalami fraktur (patah) pada bagian kakinya,

Setelah 2 hari operasi, secara logika ataupun teori orang tersebut belum bisa berdiri, bagian kaki yang patah pun belum bisa digerakkan, hanya bagian yang sehat yang bisa digerakkan untuk menjaga agar yang sehat tidak ikut bermasalah. Tapi kalau ada orang yang berpikir orang tersebut sudah bisa berdiri nah itu salah, tidak masuk akal karena tidak sesuai standar.😳😳

Mari kita hubungkan fungsi rasional secara umum dan dalam Matematika, kuncinya ada pada kata "rasio".

Jika ditinjau secara etimologi, istilah rasional berasal dari bahasa Yunani kuno, yaitu rasio yang artinya kemampuan kognitif untuk memilah antara yang benar dan salah dari yang ada dalam kenyataan. Suatu konsep yang sifatnya normatif yang merujuk pada keselarasan antara keyakinan seseorang dengan alasan orang tersebut untuk yakin, atau tindakan seseorang dengan alasannya untuk melakukan tindakan tersebut. Sedangkan dalam Matematika, rasio adalah ekspresi matematika yang membandingkan dua angka atau lebih. Membandingkan suatu hal dengan hal yang lainnya.

Jika dikaitkan dengan pengertian fungsi rasional, maka kita misalkan g(x) adalah sebuah keyakinan / sebuah hal yang sudah ada dalam teori, kemudian h(x) adalah alasan untuk yakin / sebuah hal yang ada dalam kenyataan, sementara bilangan real x adalah diri kita / seseorang. Sehingga yang terjadi adalah kita menghubungkan diri kita pada sebuah hal yang ada dalam teori dengan yang ada dalam kenyataan atau kita menghubungkan diri kita untuk yakin pada suatu hal dengan alasan-alasannya, serta h(x) tidak sama dengan nol, artinya alasan / yang ada dalam kenyataan harus ada. Hal ini merupakan sebuah nilai "rasio".

Untuk memilah antara yang benar dan salah dari yang ada dalam kenyataan atau untuk mencari keselarasan antara keyakinan dan sebuah alasan, maka sama artinya jika yang kita lakukan adalah membandingkan. Membandingkan sesuatu agar bernilai benar atau salah. Jadi, bisalah kita simpulkan, bahwa istilah fungsi rasional juga bisa berlaku di luar Matematika, hanya saja agak canggung mengatakan sebagai fungsi rasional, namun keadaannya memiliki makna yang sama.

But, thit is just my opinion that I want to share . 😁😁

Jika ada pendapat lain, silakan berkomentar! Kalian juga bisa mencari penerapan fungsi rasional yang lain. Semangat belajar.

Nah, untuk kalian yang mau tahu tentang Fungsi Rasional dalam Matematika, sesuai janji di atas, saya akan membagikan tugas kuliah saya yang berbentuk sebuah makalah, yang berisi:
  • Pengertian Suku Banyak;
  • Definisi Fungsi Rasional;
  • Cara mengevaluasi Fungsi Rasional;
  • Operasi Pada Fungsi Rasional;
  • Nilai Nol dan Nilai Kutub Fungsi Rasional;
  • Asimtot Tegak, Datar, dan Miring Fungsi Rasional; serta
  • Grafik Fungsi Rasional.

Silakan klik di sini untuk mendownload.
Semoga ini bisa membantu teman-teman semua yang membutuhkan.

Mungkin cukup sekian dari saya, semoga bisa bermanfaat, kalau ada yang ingin teman-teman tanyakan silakan sampaikan pada kotak komentar yang ada dibawah atau bisa juga melalui halaman contact blog ini. Terima kasih, selamat berkunjung kembali.

Related Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel