Sunday, September 16, 2018

2 Cara Mudah Aktivasi Newspaper WordPress Theme by tagDiv

2 Cara Mudah Aktivasi Newspaper WordPress Theme by tagDiv

Selamat datang teman-teman, terima kasih telah berkunjung di blog saya. Dalam posting kali ini saya akan membahas tentang WordPress. Meskipun blog ini menggunakan blog engine Blogger namun tidak ada salahnya membahas sedikit tentang salah satu blog engine yang juga cukup populer dan banyak digunakan oleh pengguna hosting web developer pada berbagai situs di internet.

WordPress merupakan salah satu blog engine yang bersifat gratis dan open source. Aplikasi ini dibangun berdasarkan bahasa pemrograman PHP dan pengolah database MySQL. PHP dan MySQL juga merupakan bahasa pemrograman dengan sumber terbuka (open source). Selain sebagai mesin blog, WordPress juga digunakan sebagai CMS (Content Management System) karena kemampuannya untuk dimodifikasi dan disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. Pada WordPress juga terdapat sebuah pengaturan untuk mengubah tampilan blog secara keseluruhan, dengan mengganti tema WordPress.

Tema pada WordPress sebenarnya tidak terlalu jauh beda dengan template pada Blogger. Banyak orang yang menjual template Blogger buatan mereka begitupun dengan tema pada WordPress. Namun saya katakan bahwa penjualan tema WordPress lebih populer dibandingkan penjualan template Blogger. Hal itu karena memang WordPress lebih populer dan lebih banyak dipilih dibandingkan Blogger.

Hal utama yang mendasari hal tersebut sebenarnya tidak lain karena tersedianya WordPress gratis yang open source yang dapat digunakan setiap orang dengan memasangnya pada hosting milik sendiri. Serta ketersediaan fitur yang lebih lengkap diberikan dari pihak pengembang dan komunitas WordPress menjadikannya lebih banyak diminati.

Namun tidak jarang dari penggunanya merasa sedikit terbatasi dengan banyaknya tersedia tema WordPress namun hanya dapat digunakan oleh orang-orang yang mampu membelinya. Selain itu harga yang dibandrol untuk tema pada WordPress jauh melebihi harga template Blogger pada umumnya. Wajar memang, mengingat bahwa tema WordPress dapat dilengkapi lebih banyak fitur yang membuatnya lebih canggih.

Oleh karena itu tidak sedikit pula orang yang mencoba mencari versi gratis dari tema WordPress yang ingin digunakannya. Atau yang lebih populer disebut sebagai nulled themes. Artinya tema tersebut tersedia secara gratis yang dibagikan oleh orang-orang tertentu. Tidak sedikit orang yang membagikannya merupakan orang yang sudah pernah membelinya. Namun tentu saja nulled themes tidaklah sebagus aslinya jika kita membelinya langsung. Beberapa tema mungkin memiliki kekurangan jika yang digunakan adalah versi nulled nya. Namun sebenarnya hal tersebut tidaklah salah, mengingat bahwa memang masih ada fitur yang dibatasi namun hal tersebut membantu pengembang dan penerbit tema tersebut mempromosikan tema buatan mereka serta membantu para pengguna WordPress mengetahui tema mana yang terbaik yang bisa mereka gunakan dan mempelajarinya sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli sebuah tema WordPress secara legal.

Aktivasi Newspaper WordPress Theme by tagDiv

Salah satu tema WordPress yang cukup populer dikalangan penggunanya adalah tema Newspaper dari tagDiv. Tema ini memiliki banyak kelebihan dan dilengkapi dengan berbagai fitur. Plugin yang dapat mendukung tema tersebut, tampilan yang dapat disesuaikan, serta berbagai kustomisasi yang dapat memudahkan penggunanya. Untuk mendapatkan tema ini, anda bisa membelinya melalui envato market atau yang lebih dikenal dengan alamat ThemeForest. Saat ini telah tersedia update hingga versi Newspaper 9 dengan harga $59. Cukup mahal memang, sebelum anda mengetahui kelebihannya.

Jika anda tertarik mencobanya, anda bisa memulai dengan menggunakan versi nulled yang banyak tersedia pada berbagai situs layanan serupa di internet. Anda bisa mencoba download dan menggunakan Newspaper v9.0.1. Untuk melakukan aktivasi terhadap tema tersebut, anda dapat mengikuti salah satu dari dua langkah berikut ini.

Cara #1 — Aktivasi tagDiv Newspaper v9.0.1

Pertama-tama silakan pasang tema Newspaper pada WordPress anda. Untuk proses pemasangannya pada halaman admin WordPress anda dapat memilihnya pada bagian Tampilan > Tema. Lalu pilih Tambahkan Baru dan upload tema Newspaper yang telah anda download.

Setelah tema tersebut terpasang, selanjutnya anda perlu masuk ke bagian File Manager untuk hosting anda. Menu ini biasanya terdapat pada halaman cPanel dari layanan yang anda gunakan. Pada halaman File Manager silakan menuju ke direktori dan file public_html > wp-content > themes > Newspaper > includes > wp_booster lalu edit file td_ajax.php. Temukan baris dengan kode seperti berikut ini.

if (self::self_check($id, $ec, $ad) === true) {
 td_util::ajax_handle($ec);
 $buffy['theme_activated'] = true;
}

Silakan ganti bagian true pada kode di atas dengan false lalu simpan hasil perubahan file tersebut. Setelah itu kembali beralih ke halaman WordPress anda. Pada halaman admin WordPress pilih menu Newspaper yang berada di bar sebelah kiri. Setelah itu akan muncul beberapa tab pengaturan untuk tema tersebut, pilih tab Activate theme.

2 Cara Mudah Aktivasi Newspaper WordPress Theme by tagDiv

Masih pada halaman yang sama, scroll hingga ke bagian paling bawah halaman aktivasi Newspaper. Temukan sebuah teks link yang bertuliskan Activate the theme manually, klik link tersebut.

2 Cara Mudah Aktivasi Newspaper WordPress Theme by tagDiv

Selanjutnya silakan masukkan ENVATO PURCHASE CODE serta TAGDIV ACTIVATION KEY sesuai keinginan anda lalu klik Activate.

2 Cara Mudah Aktivasi Newspaper WordPress Theme by tagDiv

Lalu akan muncul pesan dialog yang menandakan bahwa anda telah berhasil melakukan proses aktivasi terhadap tema Newspaper di WordPress anda. Sekarang anda sudah dapat menggunakannya untuk blog anda.

2 Cara Mudah Aktivasi Newspaper WordPress Theme by tagDiv

Cara #2 — Aktivasi tagDiv Newspaper v9.0.1

Cara kedua yang dapat anda coba untuk melakukan aktivasi terhadap tema Newspaper pada WordPress anda kurang lebih sama dengan cara di atas. Namun terdapat perbedaan antara kode yang diubah serta kunci yang digunakan pada proses aktivasi.

Pertama-tama silakan pasang tema Newspaper pada WordPress anda. Untuk proses pemasangannya pada halaman admin WordPress anda dapat memilihnya pada bagian Tampilan > Tema. Lalu pilih Tambahkan Baru dan upload tema Newspaper yang telah anda download.

Setelah tema tersebut terpasang, selanjutnya anda perlu masuk ke bagian File Manager untuk hosting anda. Menu ini biasanya terdapat pada halaman cPanel dari layanan yang anda gunakan. Pada halaman File Manager silakan menuju ke direktori dan file public_html > wp-content > themes > Newspaper > includes > wp_booster lalu edit file td_ajax.php. Temukan kode static function on_ajax_manual_activation pada file tersebut. Perhatikan beberapa baris di bawah baris kode tersebut, anda akan menemukan baris kode seperti berikut ini.

$id = trim($_POST['td_server_id']);
$ec = preg_replace('/\s+/', '', $_POST['envato_code']);
$ad = trim($_POST['td_key']);

Silakan ganti kode itu dengan baris kode berikut ini.

$id = 'maringngerrang.com';
$ec = 'Maringngerrang';
$ad = md5("maringngerrang.com"."Maringngerrang");

Simpan hasil perubahan file tersebut. Setelah itu kembali beralih ke halaman WordPress anda. Pada halaman admin WordPress pilih menu Newspaper yang berada di bar sebelah kiri. Setelah itu akan muncul beberapa tab pengaturan untuk tema tersebut, pilih tab Activate theme. Perhatikan di bagian paling bawah halaman tersebut, klik teks Activate the theme manually.

Activate the theme manually newspaper wordpress theme by tagdiv

Lalu setelah itu silakan isi kotak input yang tersedia sesuai dengan informasi berikut ini.
  • Envato Purchase Code : "Maringngerrang"
  • Activation Key : "maringngerrang.com"
Lalu silakan tekan tombol ACTIVATE.


Lalu akan muncul pesan dialog yang menandakan bahwa anda telah berhasil melakukan proses aktivasi terhadap tema Newspaper di WordPress anda. Sekarang anda sudah dapat menggunakannya untuk blog anda.

2 Cara Mudah Aktivasi Newspaper WordPress Theme by tagDiv

Itulah beberapa langkah yang dapat anda ikuti untuk melakukan proses aktivasi terhadap tema Newspaper pada WordPress jika anda tertarik mencoba menggunakannya. Perlu anda ketahui bahwa melakukan aktivasi seperti di atas memang terlihat bahwa anda telah membeli produk tersebut. Namun pada dasarnya anda tidak dapat menggunakannya secara penuh seperti yang telah dibahas pada forum diskusi untuk tema ini. Terdapat beberapa fitur yang terhubung langsung dengan server tagDiv yang mengharuskan hanya pembeli legal yang dapat mengaksesnya. Oleh karena itu sebagai saran anda dapat membeli produk ini setelah anda mengetahui cara penggunaanya serta fitur-fitur seperti apa yang tersedia di dalamnya.

Mungkin cukup untuk tulisan kali ini, semoga tulisan ini bisa memberikan manfaat untuk anda. Jika anda ingin mengajukan pertanyaan kami menyediakan dua metode yang dapat anda pilih. Pertama, anda dapat menuliskan komentar anda di kotak komentar yang ada di bagian bawah halaman ini. Sistem komentar pada blog ini menggunakan layanan Disqus, jika anda tidak memiliki akun Disqus anda dapat mengajukan komentar sebagai tamu, atau guess comment. Kedua, anda dapat mengirimkan pesan anda melalui halaman contact yang tersedia di menu blog ini. Terima kasih dan sampai jumpa.

Next

Related