Lirik Marendeng Marampa dan Artinya Lagu Toraja

Lirik Marendeng Marampa dan Artinya Lagu Toraja

Selamat datang teman-teman, terima kasih telah berkunjung di blog saya. Dalam posting kali ini saya akan membahas tentang lirik salah satu lagu daerah Sulawesi Selatan yang cukup populer dinyanyikan bahkan hingga ke mancanegara. Lagu ini berasal dari Tator (Tana Toraja), salah satu daerah di Sulawesi Selatan dengan kebudayaan yang masih sangat kental.

Lagu Marendeng Marampa merupakan lagu daerah Toraja yang menggunakan bahasa setempat yang mempunyai arti Aman Tenteram. Di daerah Toraja terdapat beberapa bahasa setempat yang satu sama lain tidak terlalu berbeda jauh, diataranya bahasa Toraja-Sa'dan, Kalumpang, Mamasa, Ta'e, Talondo' dan Toala'. Suku Toraja terkenal akan ritual pemakaman, ukiran kayu, serta yang menjadi ciri khas utama adalah rumah adat tongkonan serta motif lukisan yang khas.

Lagu Marendeng Marampa merupakan lagu yang penciptanya belum diketahui sampai sekarang dan telah banyak dinyanyikan oleh penyanyi-penyanyi lokal daerah Sulawesi Selatan, yang paling populer adalah yang dinyanyikan oleh Dian Ekawati. Baiklah untuk teman-teman yang sedang mencoba mempelajari lirik lagu Marendeng Marampa, berikut ini lirik lagu Marendeng Marampa beserta arti terjemahannya dalam bahasa Indonesia.

Lirik Bahasa Toraja

Marendeng Marampa
Marendeng marampa' kadadianku
Dio padang digente' Toraya
Lebukan Sulawesi

Mellombok membuntu mentanetena
Nakabu' uma sia pa'lak
na sakkai Salu Sa'dang

Kami Sang Torayan
Umba umba padang ki olai
Maparri' masussa ki rampoi

Tang ki pomabanda penawa
Ya mo passanan tengko ki
Umpasundun rongko'ki

Lirik Bahasa Indonesia

Aman Tenteram
Aman tenteram kelahiranku
Di tanah yang disebut Toraja
di Pulau Sulawesi

Dari lembah, perbukitan hingga gunungnya
Terhampar sawah dan kebun yang sejuk
dialiri Sungai Sa'dang

Kami seluruh orang Toraja
Di manapun tanah yang kami tuju
Susah dan derita kami hadapi

Takkan menyurutkan semangat kami
Karena sudah menjadi beban hidup kami
Untuk meraih kesempurnaan hidup kami

Mungkin itulah yang dapat saya tuliskan tentang lirik lagu Marendeng Marampa beserta lirik terjemahannya. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat untuk anda. Jika anda ingin bertanya atau menyampaikan tanggapan anda, anda dapat menulisnya pada kotak komentar yang tersedia di bagian bawah halaman ini. Sistem komentar blog ini menggunakan layanan Disqus, namun anda tetap dapat berkomentar meskipun tanpa memiliki akun Disqus. Terima kasih telah berkunjung dan sampai jumpa.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel