Wednesday, May 30, 2018

Menyelesaikan Semua Puzzle Virtual Villagers 3: The Secret City

Cara Menyelesaikan Semua Puzzle Virtual Villagers 3: The Secret City

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh. Dalam posting kali ini saya kembali membahas salah satu game yang usianya sudah cukup tua (maksudnya sudah lama di laptop saya). Permainan simulasi kehidupan purba yang telah saya mainkan sejak masa Sekolah Menengah Atas (SMA) ini merupakan permainan yang menuntut kita mengatur para warga yang terdampar di tempat antah berantah yang bernama Isola.

Permainan ini merupakan game dengan genre fantasi yang saat ini telah terdiri dari 5 seri, have 5 series. Namun untuk saat ini saya cukup bahas versi ketiganya ini saja dulu, Virtual Villagers 3: The Secret City. Sebab menurut saya permainan ini mempunyai tingkat kesulitan yang lebih dibandingkan versi-versi sebelum maupun setelahnya.

Cerita prolog dari Virtual Villagers 3 ini hampir sama dengan cerita-cerita prolog dari versi lainnya, yaitu membahas tentang kehidupan yang lebih sederhana bahkan tidak jauh beda dengan kehidupan primitif. Pada Virtual Villagers 3, menceritakan tentang beberapa orang laki-laki, perempuan dan anak-anak yang terdampar pada sebuah pulau tak berpenghuni dengan nama Isola.

Cara Menyelesaikan Semua Puzzle Virtual Villagers 3: The Secret City

Permainan dimulai sesaat setelah sekelompok orang tersebut telah berada di pulau Isola. Pulau yang tak berpenghuni itu terlihat seperti memiliki bekas kehidupan, seperti adanya reruntuhan gubuk, kolam renang, lift primitif, laboratorium dan sebagainya. Ketika permainan dimulai, pemain/pengguna diharuskan untuk mengatur setiap orang agar dapat bertahan hidup di pulau tersebut.

Namun untuk bertahan hidup pada game tersebut tidak semudah dengan kelihatannya, banyak hal yang menjadi tantangan kita sebagai seorang pemain, selain kebutuhan pokok seperti makanan, ada kendala yang bisa dihadapai seperti penyakit dan kecelakaan kerja kita juga harus mendidik orang-orang untuk meningkatkan skill. Ada beberapa jenis skill yang dapat dimiliki oleh para warga, seperti farming, building, researching, healing, dan parenting. Jenis penemuan yang dapat didapatkan oleh para warga amat bergantung dari seberapa tinggi skill mereka.

Termasuk untuk menyelesaikan beberapa puzzle yang tersedia, anda perlu meningkatkan skill dari para warga untuk membuka beberapa puzzle bahkan untuk memperoleh reward. Namun tidak jarang puzzle yang tersedia justru nampak begitu membingungkan untuk diselesaikan, oleh karena itu, berikut saya berikan bocoran kepada teman-teman tentang cara menyelesaikan Puzzle pada Virtual Villagers 3: The Secret City

1. First Tribal Chief

Cara Menyelesaikan Semua Puzzle Virtual Villagers 3: The Secret City

Untuk menyelesaikan puzzle ini, drop (tarik) salah satu warga yang ingin anda jadikan Tribal Chief (kepala suku) ke jubah berwarna merah yang ada di pintu dekat air terjun, tidak jauh dari patung. Tetapi perlu teman-teman perhatikan, bahwa warga yang dijadikan kepala suku tidak akan bisa disuruh bekerja, dia hanya dapat melakukan beberapa pekerjaan (yang justru tidak bisa dilakukan warga biasa), seperti Direct Work, Get Firewood, dll.

2. The Bee Hive

Cara Menyelesaikan Semua Puzzle Virtual Villagers 3: The Secret City

Untuk puzzle Bee Hive, pertama-tama anda harus menyalakan api unggun yang ada di dekat tempat makanan. Untuk menyalakannya, drop salah satu warga di tumpukan kayu tempat sarang lebah dan drop juga salah satu warga di rumput kering yang ada dekat air terjun. Setelah kayu dan rumput kering telah diletakkan di tempat api unggun (yang berwarna hitam, kayak tanah hangus), drop salah satu warga ke tempat api unggun tersebut hingga dia melakukan "Starting fire". Kemudian setelah api unggun menyala, drop salah satu warga ke obor yang ada dekat sarang lebah dan pastikan dia melakukan "Trying an idea". Kemudian tunggu hingga warga tersebut selesai mengasapi sarang lebah untuk mengusir lebahnya.

3. The Alchemy Lab

Cara Menyelesaikan Semua Puzzle Virtual Villagers 3: The Secret City

Untuk menyelesaikan puzzle ini syaratnya anda harus memiliki seorang Adept Scientist (bisa dilihat di kolom Skill), anda bisa meningkatkan skill ini dengan cara drop seorang warga (yang akan ditingkatkan skillnya) ke kursi panjang atau meja yang ada di ruang kimia (laboratorium), sebuah ruangan yang sangat besar yang berada di dekat api unggun, pastikan warga yang didrop melakukan "Researching", kemudian saat warga yang skillnya sudah sampai pada tingkat Adept Scientist, maka drop warga tersebut ke benda-beda seperti guci, mangkuk, pisau dan sebagainya yang terlihat seperti pada gambar diatas.

4. The Roster of Dead

Cara Menyelesaikan Semua Puzzle Virtual Villagers 3: The Secret City

Untuk menemukan lokasi Roster of Dead ini, tekan tombol nomor 3 pada keyboard, disana anda akan melihat sebuah batu besar berwarna cokelat tua yang tertutupi oleh daun. Bersihkan daun yang menutupi batu tersebut dengan cara drop wargamu ke batu itu, kecuali perempuan hamil dan anak-anak, kemudian pastikan mereka melakukan "Clearing Leaves", kemudian klik batu tersebut untuk melihat berapa persen kemajuan penyelesaiannya.

5. The Weather Dance

Cara Menyelesaikan Semua Puzzle Virtual Villagers 3: The Secret City

Untuk menyelesaikan puzzle ini, anda harus memperoleh Level 2 Leadership, menyelesaikan puzzle 1 (The First Tribal Chief) serta memiliki 3 orang warga biasa (bukan anak-anak dan perempuan hamil). Pertama-tama drop Tribal Chief (kepala suku) ke api unggun yang sedang menyala, pastikan dia melakukan "Doing weather dance", kemudian drop juga ketiga warga biasa ke api unggun tersebut setelah kepala suku hingga mereka juga ikut melakukan weather dance, kemudian setelah itu tunggu hingga tarian mereka selesai, maka setelah itu akan turun hujan.

6. The Lift

Cara Menyelesaikan Semua Puzzle Virtual Villagers 3: The Secret City

Anda membutuhkan Level 2 Restoration dan 3 orang Adept Builder. Untuk mendapatkan Adept Builder bisa dengan mempekerjakannya membangun rumah (building small hut) atau membersihkan daun Roster of Dead. Pertama-tama drop ketiga Adept Builder tersebut di lift yang ada di bawah pohon besar, pastikan mereka melakukan “Repairing the Lift.” Tidak lama setelah itu lift akan selesai di perbaiki.

7. The Rubble

Cara Menyelesaikan Semua Puzzle Virtual Villagers 3: The Secret City

Untuk menyelesaikan puzzle ini anda membutuhkan level 2 Restoration. Pertama-tama, drop warga biasa (kecuali perempuan hamil dan anak-anak) ke tumpukan batu yang tidak jauh dari kolam renang, pastikan mereka melakukan "Clearing rubble". Pastikan anda memperhatikan daerah di sekitar rubble tersebut selama masa pengerjaannya, sebab selama warga membersihkan tumpukan batu seringkali akan muncul tablet (semacam pecahan batu) yang harus dikoleksi (merupakan salah satu jenis collection).

8. The Ancient Bath

Cara Menyelesaikan Semua Puzzle Virtual Villagers 3: The Secret City

Puzzle ini membutuhkan seorang Master Builder, level 2 Restoration, dan telah menyelesaikan puzzle 3 (The Alchemy Lab). Pertama-tama, drop seorang Master Builder pada papan tulis (chalkboard) yang ada di dalam laboratorium bagian kiri, di dekat tungku ramuan dan meja bundar, Master Builder tersebut akan menggambar rancangan untuk memperbaiki kolam renang. Setelah gambar selesai, drop warga biasa (kecuali perempuan hamil dan anak-anak) pada kolam renang yang sedang rusak di bagian bawah dekat tangga (tanpa harus mempekerjakan si Master Builder juga bisa). Pastikan mereka melakukan "Repairing the bath", klik pada kolam renang untuk mengetahui persentase penyelesaian pengerjaannya.

9. The Statue

Cara Menyelesaikan Semua Puzzle Virtual Villagers 3: The Secret City

Untuk menyelesaikan puzzle ini, anda membutuhkan seorang Master Builder, menyelesaikan puzzle 1 (The First Tribal Chief), memperoleh level 3 Restoration, level 3 Leadership, dan menyelesaikan puzzle 8. Pertama-tama drop seorang Master Builder ke papan tulis (chalkboard) yang ada di laboratorium yang kosong setelah menyelesaikan puzzle 8. Master Builder tersebut akan menggambar rancangan untuk patung, setelah gambar selesai drop master builder tersebut pada bagian tubuh patung yang masih berdiri yang berada pada jalan menuju pintu terkunci, pastikan dia melakukan "Sees a good place to anchor", selanjutnya ia akan membuat perancah untuk patung tersebut. Setelah perancah selesai, drop Tribal Chief untuk directing work diikuti dengan warga yang skillnya minimal Adept Builder pada bagian tubuh patung yang tergeletak, pastikan mereka melakukan "Pushing the statue". Pengerjaan patung ini akan membutuhkan waktu yang lama dan harus terus di perhatikan, sebab jika seorang warga meninggal atau sakit, maka kepala suku (Tribal Chief) akan menghentikan Directing Work dan semua pekerja akan berhenti bekerja.

10. The Orchard

Cara Menyelesaikan Semua Puzzle Virtual Villagers 3: The Secret City

Terlebih dahulu anda harus menyelesaikan puzzle 6 (The Lift), sebab untuk menyelesaikan puzzle The Orchard ini anda perlu untuk menanam maksimal 3 tanaman di orchard, sedangkan pada awalnya anda hanya diberikan 1 bibit tanaman yang terjatuh di bawah pohon besar dan untuk mendapatkan 2 bibit tanaman lainnya anda harus menggunakan lift primitif yang ada di bawah pohon itu. Letakkan seorang warga biasa (kecuali perempuan hamil dan anak-anak, tapi berlaku untuk anak-anak yang jadi kepala suku) pada lift pada saat hujan mulai turun, pastikan dia melakukan "Standing on the lift" dan tunggu hingga lift tersebut mencapai tingkat maksimal, maka sebuah biji tanaman akan jatuh ke tanah, drop seorang warga untuk menanam bibit tersebut, lakukan hal ini hingga anda memiliki 3 pohon yang tertanam di orchard (kebun buah-buahan), nah setelah semua pohon tersebut sudah berbuah maka puzzle ini akan selesai.

11. The Shark

Cara Menyelesaikan Semua Puzzle Virtual Villagers 3: The Secret City

Untuk menyelesaikan puzzle ini anda harus memperoleh level 2 dari salah satu Faction yang ada di bagian Tech, apakah Nature atau Magic. Setelah memperoleh level dua dari salah satunya, maka akan muncul sebuah tanaman baru di samping laboratorium yang dapat menjadi bahan ramuan. Jika anda meningkatkan Faction Nature, campurkan ramuan Pitcher Plant + Black Orchid + Black Orchid, sedangkan jika anda meningkatkan Faction Magic, campurkan ramuan Berry + Rose + Rose. Setelah itu drop salah satu warga biasa (kecuali perempuan hamil) ke ramuan yang telah dibuat, setelah itu warga tersebut akan membawa ramuan yang telah ia minum ke lautan untuk memberikannya pada hiu, setelah itu puzzle akan terpecahkan dan selanjutnya anda akan memperoleh tempat mendapatkan makanan secara tak terbatas sebab anda bisa menyuruh warga untuk memancing ikan di laut tanpa gangguan hiu.

12. Aromateraphy

Cara Menyelesaikan Semua Puzzle Virtual Villagers 3: The Secret City

Pada puzzle ini anda butuh memperoleh level 3 Medicine dan seorang Master Doctor dan menyelesaikan puzzle 8 (The Ancient Bath), untuk meningkatkan skill healing (memperoleh Master Doctor) cukup drop warga pada tempat obat-obatan atau klink primitif yang ada di samping laboratorium dan pastikan dia melakukan "Studying Medicine", tapi sebelum bisa studiying medicine anda harus memperoleh minimal level 2 Medicine. Pertama-tama, drop seorang Master Doctor ke kolam renang yang telah selesai diperbaiki, ia akan mengambil Lotus (salah satu campuran ramuan herbal) dan menyimpannya pada mangkuk yang ada di pinggir kolam, setelah ia selesai melakukannya, drop Master Doctor tersebut ke api unggun yang menyala dan ia akan mengambil api untuk Lotus tersebut dan tunggu hingga ia selesai maka puzzle juga akan terselesaikan.

13. The Ash Key

Cara Menyelesaikan Semua Puzzle Virtual Villagers 3: The Secret City

Untuk menyelesaikan puzzle ini api unggun anda harus menyala paling tidak 10 jam pada kecepatan fast (atur pada opsi option/pengaturan). Setelah menyala lebih dari 10 jam, maka akan ada kilau-kilauan yang muncul di sekitar api unggun tersebut, drop salah seorang warga biasa (kecuali perempuan hamil) ke air terjun, ia akan mengambil air untuk menyiram api unggun. Setelah api unggun padam akan nampak sebuah berlian putih yang berasap di tengah debu bekas api unggun, kembali drop seorang warga biasa untuk menyiramnya hingga berlian tersebut tidak panas lagi, setelah itu drop lagi warga anda untuk mengambil berlian dan meletakkan pada pintu terkunci di bagian atas yang ada dekat patung.

14. The Hanging Key

Cara Menyelesaikan Semua Puzzle Virtual Villagers 3: The Secret City

Puzzle ini mengharuskan anda untuk menyelesaikan puzzle 3 terlebih dahulu (The Alchemy Lab). Buatlah sebuah ramuan herbal dari campuran Cactur + Rose + Lotus, setelah itu drop seorang warga biasa (kecuali perempuan hamil dan anak-anak) untuk meminumnya lalu drop lagi warga tersebut ke sebuah tebing dekat lift yang di atasnya ada sebuah berlian berwarna merah muda. Warga yang telah meminum ramuan tersebut akan mampu melompat tinggi mencapai berlian dan menempatkannya pada pintu terkunci di bagian atas dekat patung.

15. The Clam Key

Cara Menyelesaikan Semua Puzzle Virtual Villagers 3: The Secret City

Untuk menyelesaikan puzzle ini terlebih dahulu anda harus menyelesaikan puzzle 9 (The Statue). Kemudian perhatikan sebuah batu yang ada di dekat kaki patung, bawa drop Master Builder untuk mengambilnya dan ia akan membawanya ke air terjun untuk diasah membentuk bola. Kemudian drop Tribal Chief untuk mengambil bola batu yang telah diasah dan dia akan membawanya kepada kerang yang ada di laut untuk menukarnya dengan mutiara hitam milik si kerang lalu membawanya ke pintu yang berada di samping patung.

16. The Sun Dial

Cara Menyelesaikan Semua Puzzle Virtual Villagers 3: The Secret City

Cara Menyelesaikan Semua Puzzle Virtual Villagers 3: The Secret City

Untuk menyelesaikan puzzle terakhir dari Virtual Villagers 3 ini, anda harus menyelesaikan puzzle 13, 14, dan 15 terlebih dahulu. Setelah menyelesaikan ketiga puzzle tersebut maka sebuah ruangan di dalam gua akan terbuka, perhatikan sebuah nampan berwarna hijau yang berada di tengah-tengah ruangan tersebut, saat sinar matahari masuk mengenai nampan tersebut, drop seorang warga ke atasnya lalu tunggu hingga muncul dua sosok bayangan, jika tidak maka ulangi hingga berhasil.

Itulah beberapa tips dan cara menyelesaikan seluruh teka-teki (puzzle) yang terdapat pada Virtual Villagers 3: The Secret City. Permainan ini merupakan salah satu favorit saya, mainkan dan temukan rahasianya. Jika anda ingin berdiskusi mengenai posting ini, anda bisa menghubungi admin melalui halaman contact blog ini, jika tidak sedang sibuk admin akan segera menjawab tanggapan anda, atau silakan sampaikan komentar anda pada kotak komentar yang ada di bawah dengan menggunakan Disqus, tapi tenang saja, anda tetap dapat berkomentar tanpa harus memiliki akun Disqus. Terima kasih dan sampai jumpa.

Next

Related