Thursday, May 31, 2018

Apa Yang Membuat Blog Punya Traffic Tinggi? (Saran Untuk Pemula)

Apa Yang Membuat Blog Punya Traffic Tinggi? - Saran Untuk Pemula

Pernahkah kalian memperhatikan bagaimana sebuah blog berkembang!? Pernahkah kalian bertanya apa yang membuat sebuah blog memiliki lalu lintas pengunjung (traffic) yang tinggi!? Bagi kalian yang juga memiliki blog mungkin telah mengerti bagaimana jatuh-bangun seorang penulis blog, mulai dari menarik pengunjung, mencari tema dan bahan tulisan yang sesuai, meningkatkan kualitas blog, mengatur dan melakukan coding terhadap sintaksis penyusun halaman blog, belajar web programming (HTML, CSS, dan JS). Menjadi seorang penulis blog (blog writer) bukanlah sesuatu yang mudah dan instan, banyak bagian yang perlu diperhatikan dan banyak hal yang perlu dilakukan. Setiap orang memiliki motivasi masing-masing untuk menulis dan membangun blog. Kebanyakan penulis blog mungkin terinspirasi dari penghasilan yang dapat diperoleh dengan hanya menulis di blog. Namun apapun itu selama bisa mendatangkan manfaat bagi orang lain tidak masalah.

Saat ini dunia per-blog-an telah berkembang pesat, menurut data statistik telah terdaftar lebih dari 300 juta domain per tahun 2017. Berdasarkan hal tersebut dapat dikatakan bahwa persaingan diantara kalangan penulis blog menjadi semakin elit. Sebuah blog mampu berkembang sesuai dengan perkembangan penulisnya, namun meskipun demikian terkadang blog milik sendiri tetap saja tidak mampu mencapai traffic yang diinginkan. Lalu apakah yang membuat traffic sebuah blog dapat meningkat!? Ada beberapa hal yang menjadi sumber energi bagi sebuah blog, yang dapat menjadi kekuatan bagi seorang penulis blog untuk menciptakan blog seperti yang diinginkannya. Lalu apa saja hal-hal tersebut, simaklah dengan seksama hal-hal berikut, mungkin bisa menjadi motivasi untuk anda.

1. Penulis

Apa Yang Membuat Blog Punya Traffic Tinggi? - Saran Untuk Pemula

Ibarat sebagai sebuah perangkat keras, penulis merupakan processor bagi sebuah blog. Bagian yang paling penting dan paling berpengaruh terhadap masa depan sebuah blog. Di tangan seorang penulis yang andal, sebuah blog akan menjadi bintang di dunia maya dan menduduki peringkat-peringkat atas untuk hasil pencarian relevan. Penulis yang berkualitas tentunya akan mampu menghasilkan tulisan yang berkualitas, oleh sebab itu penulis menjadi faktor paling pertama hal yang mempengaruhi traffic sebuah blog.

Perlu teman-teman ketahui, khususnya bagi sesama penulis blog, bahwa jika seorang penulis berhenti menulis dalam waktu lama, hal tersebut akan cukup berpengaruh bagi blognya. Semakin lama traffic sebuah blog akan menurun ketika dalam jangka waktu lama tidak diisi dengan tulisan. Oleh sebab itu, seorang penulis blog harus menjaga agar blognya tetap up to date agar traffic blog terus meningkat.

Jika anda merupakan seorang penulis atau akan menjadi penulis blog, cobalah untuk melakukan perubahan kecil pada diri anda. Pertama dengan memutuskan memilih niat yang sederhana dan mulia, jangan ada niat yang tidak-tidak apalagi niat buruk, karena sesungguhnya kuasa Tuhan tetap ada meski di dunia maya. Cobalah untuk ikhlas membantu orang lain dengan memberikan informasi yang bukan hoax, akurat, bermanfaat, tidak menjelek-jelekkan pihak atau perseorangan tertentu, tidak mengajak pada keburukan, tidak mengadu domba, dan yang paling utama tidak mencuri hasil tulisan orang lain.

Cobalah menulis tentang hal-hal yang anda sukai, buatlah tulisan yang bersumber dari hati anda, karena tulisan tersebut akan membuat anda nyaman dan fleksibel dalam menulis, jangan hanya terpaku untuk menulis tentang hal-hal yang populer karena hal tersebut hanya akan membuat anda menjadi bagian kecil dari dari kumpulan orang-orang yang mengejar popularitas. Buatlah tulisan yang dekat dengan kehidupan dan keseharian anda, itu akan membuat tulisan anda lebih tajam dan lebih luas sebab sudah menjadi bagian dari lingkungan anda. Yang paling optimal adalah buat tulisan yang bersumber dari pengalaman anda, silakan berbagi pengalaman, maka dengan begitu pengunjung akan datang dengan sendirinya.

Jika anda mempunyai keahlian pada bidang tertentu cobalah untuk membuat blog yang fokus membahas tentang hal tersebut, buat konten yang padat dan berkualitas tinggi, tidak perlu banyak, secukup dan semampu anda adalah yang terbaik. Buatlah tulisan dengan bahasa yang mudah dipahami, perbanyak referensi anda dengan cara membaca, itu akan memperbanyak perbendaharaan kata anda dan menjadikan gaya menulis anda lebih menonjol.

2. Konten

Apa Yang Membuat Blog Punya Traffic Tinggi? - Saran Untuk Pemula

Konten sebuah blog mempunyai pengaruh yang cukup besar bagi sebuah blog, untuk teman-teman yang pernah mencoba mengadu nasib dengan Google Adsense, tentu mengetahui seberapa penting dan seberapa besar pengaruh konten sebagai faktor diterima atau tidaknya sebuah blog sebagai publisher adsense. Konten blog yang bukan duplikat alias hasil plagiat serta berisi informasi yang padat akan menjadikan blog tersebut cukup banyak dijadikan sebagai referensi pada pencarian Google.

Konten sebuah blog juga akan menentukan apakah blog tersebut bisa mempunyai penghasilan yang tinggi pada Google Adsense ataukah tidak, hal tersebut menjadi pengalaman saya ditolak berkali-kali oleh Google Adsense hingga akhirnya memaksimalkan perubahan pada konten dan mencobanya lagi hingga akhirnya berhasil diterima pada percobaan yang ke sekian kalinya. Jadi jika anda juga sedang mencoba menjadi bagian dari publisher Google Adsense, silakan coba membuat konten yang berkualitas.

3. Template

Apa Yang Membuat Blog Punya Traffic Tinggi? - Saran Untuk Pemula

Siapa sangka jika yang satu ini merupakan faktor yang cukup penting yang mempengaruhi traffic sebuah blog. Tak dapat dipungkiri bahwa sebagian besar pemilik blog yang mulai mencoba meningkatkan penghasilan dari blog akan memulai pertama kali melalui pengoptimalan tampilan dan kode dari blog, secara keseluruhan disebut template blog. Template sebuah blog tidak hanya mempengaruhi penampilan dari blog itu sendiri, melainkan juga akan mempengaruhi dari segi "kepribadian" blog tersebut di mata mesin pencari.

Apa maksudnya hal tersebut? Sebuah template blog yang optimal akan memaksimalkan hasil indeks dari mesin pencari terhadap konten dari blog tersebut. Selain itu template blog juga akan mempengaruhi mood para pembaca. Semakin berantakan dan semakin ramai template sebuah blog akan mengganggu kenyamanan pengunjung, apalagi jika sudah memperlambat proses loading halaman blog. Dalam keadaan yang paling buruk, meskipun konten blog sudah amat memadai namun kondisi dan penampilan blog yang kurang nyaman justru akan membuat pengunjung memilih mencari di tempat lain dan bergegas pergi. Tentunya hal tersebut akan mempengaruhi traffic blog tersebut kedepan.

Jadi pandailah dalam memilih template, atau jika sudah mampu anda mungkin dapat mencoba membuat template sendiri, atau paling tidak memodifikasi template yang diperoleh dengan cara yang halal sebagai seorang blogger sejati. Saran dari saya dalam memilih template carilah template yang seringan mungkin, perhatikan kecepatan loading yang dihasilkan dari template tersebut. Perhatikan tampilan dari template tersebut, jika terlalu ramai sebaiknya lupakan, menurut saya semakin simpel dan sederhana penampilan sebuah blog, maka akan membuat pengunjung semakin nyaman.

4. Sharing

Apa Yang Membuat Blog Punya Traffic Tinggi? - Saran Untuk Pemula

Jadilah orang yang aktif dalam membagikan dan mengeksplorasi konten blog anda. Banyak cara yang dapat anda lakukan untuk sharing tentang blog anda, yang paling gampang mungkin adalah menyalin link/URL blog ke media sosial milik pribadi atau fans page. Namun menurut saya, yang paling optimal adalah membagikan konten blog dengan cara bergabung dalam berbagai forum dan diskusi tentang hal-hal relevan yang berhubungan dengan blog tersebut.

Sederhananya anda bisa mencoba dengan membantu masalah orang-orang melalui forum diskusi, baik forum lokal maupun forum internasional. Yang paling populer yang seringkali anda temui mungkin adalah Kaskus dan Stackoverflow yang lebih luas mencakup internasional. Cobalah untuk menjawab permasalahan orang-orang di dalamnya kemudian jangan lupa untuk mengarahkan ke blog anda untuk informasi lebih lengkapnya, hal itu mungkin akan cukup membantu anda.

Penutup

Itulah beberapa hal yang mungkin dapat anda perhatikan mengenai cara meningkat traffic sebuah blog. Secara umum sebenarnya masih ada beberapa faktor yang mungkin akan berpengaruh terhadap traffic blog anda, seperti SEO Optimization dengan menambahkan meta tag yang baik dan benar, blogwalking, pengoptimalan mobile friendly, responsive template, pengoptimalan webmaster, dan lain-lain yang mungkin anda ketahui lebih dari saya. Namun bagi saya beberapa hal di atas mungkin akan menjadi amat efektif jika dikembangkan dengan cara yang benar. Jika anda ingin berdiskusi tentang postingan ini, silakan sampaikan komentar anda pada kotak komentar di bagian bawah halaman ini. Sistem komentar di blog ini menggunakan layanan Disqus, tetapi anda masih bisa berkomentar tanpa harus memiliki akun Disqus. Atau anda juga dapat mengirimkan tanggapan anda melalui halaman contact blog ini, jika tidak sedang sibuk admin akan segera membalas tanggapan anda. Terima kasih, semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Next

Related