Tuesday, May 29, 2018

Cara Lengkap Install Phoenix OS di Windows

Cara Lengkap Install Phoenix OS di Windows

Phoenix OS, merupakan sebuah sistem operasi open source berbasis Linux yang dikembangkan oleh Phoenix Studio dan Qihoo 360 dari Beijing Chaozhuo Technology. Sistem operasi ini mempunyai cara kerja yang hampir sama dengan sistem operasi android serta dapat menjalankan aplikasi berbasis android. Phoneix OS memungkinkan kita untuk menjalankan beberapa aplikasi android yang kompatibel dengan OS ini serta memungkinkan pula untuk menjalankan aplikasi komputer seperti Microsoft Office, Photoshop, dan lain sebagainya.

Dengan hadirnya sistem operasi ini pengguna komputer akan lebih leluasa menggunakan PC layaknya sebuah smartphone berbasis android. Meskipun telah hadir berbagai macam emulator android dengan berbagai fitur dan keunggulannya masing-masing, namun sebuah emulator tetap saja memiliki kekurangan dari segi kecepatan proses, sebab bagaimanapun emulator tetaplah dijalankan dengan sistem operasi utama semisal MAC dan Windows.

Beda halnya dengan Phoenix OS yang terpisa dengan sistem operasi lain serta dengan booting start yang berbeda. Oleh karena itu kelebihannya dibandingkan dengan emulator android adalah dari segi kecepatan yang jauh melebihi kecepatan saat menggunakan emulator, sehingga sistem operasi ini amat direkomendasikan jika digunakan untuk memainkan game berbasis android. Hanya saja meskipun demikian, Phoenix OS masih memiliki beberapa kekurangan, diantaranya adalah kompabilitas yang terkadang bermasalah dengan beberapa aplikasi android, oleh sebab itu tidak semua aplikasi android akan dapat dijalankan dengan menggunakan Phoenix OS, berkebalikan dengan emulator android yang kompatibel dengan sebagian besar aplikasi yang tersedia pada Play Store.

Berikut ini cara mudah dan lengkap yang dapat anda ikuti untuk melakukan instalasi Phoenix OS pada komputer anda, sebagai contoh dalam hal ini saya menggunakan Windows 10, cara yang sama mungkin akan berlaku pada versi dan sistem operasi yang berbeda.

Download Phoenix OS dan Pilih EXE yang Diinginkan

Untuk mendapatkan aplikasi ini, anda bisa download pada halaman resminya di http://www.phoenixos.com/en/download_x86, kemudian silakan download sesuai dengan OS yang anda gunakan dan versi yang anda inginkan. Saya sarankan anda menggunakan versi PhoenixOSInstaller-v2.6.4 (Based on Android7.1).


Cara Lengkap Install Phoenix OS di Windows

Install Phoenix OS

Kemudian setelah mendapatkan setup untuk Phoenix OS, selanjutnya silakan instal dengan membuka file yang telah di-download tadi, maka akan tampil jendela seperti berikut ini, silakan pilih Install.

Cara Lengkap Install Phoenix OS di Windows

Tentukan lokasi penyimpanan yang akan anda gunakan sebagai direktori tempat menyimpan file-file dari Phoenix OS. Anda bisa bebas memilih partisi manapun, bisa di C:/ atau partisi lain, anda tidak perlu khawatir dengan data-data anda sebab Phoenix OS tidak akan menghapus data apapun dan tidak akan membuat partisi anda berantakan sebab Phoenix OS akan membuat folder tersendiri.

Cara Lengkap Install Phoenix OS di Windows

Selanjutnya tentukan seberapa besar alokasi ruang hardisk yang ingin anda berikan pada Phoenix OS. Kapasitas ruang hardisk yang diberikan akan menjadi keseluruhan ukuran yang digunakan oleh Phoenix OS serta menjadi batas maksimum memori penyimpanan yang digunakan saat menjalankan Phoenix OS, saya sarankan cukup gunakan paling tinggi 8G atau dengan kata lain 8GB.

Cara Lengkap Install Phoenix OS di Windows

Kemudian silakan tunggu proses instalasi, proses ini mungkin akan membutuhkan waktu beberapa menit, paling lambat sekitar 15 menit.

Cara Lengkap Install Phoenix OS di Windows

Restart PC Untuk Masuk Ke Phoenix OS

Setelah selesai akan muncul dialog tanda proses instalasi telah selesai. Silakan restart komputer anda untuk menyelesaikan proses instalasi, anda akan langsung diarahkan pada sistem operasi ini setelah proses restart selesai. Ketika proses booting telah selesai silakan tunggu hingga muncul pilihan untuk memilih sistem operasi yang akan digunakan, itu tandanya anda telah berhasil membuat dual booting pada komputer anda.

Cara Lengkap Install Phoenix OS di Windows

Sebelum masuk ke jendela utama, Phoenix OS akan melakukan beberapa persiapan proses pemasangan sistem.

Cara Lengkap Install Phoenix OS di Windows

Pada welcome screen Phoenix OS anda akan diminta untuk memilih bahasa yang ingin digunakan, bahasa Indonesia mungkin belum tersedia saat ini, silakan pilih bahasa Inggris.

Cara Lengkap Install Phoenix OS di Windows

Pada bagian User License Agreement, silakan klik Accept untuk menyetujui ketentuan layanan dari Phoenix OS.

Cara Lengkap Install Phoenix OS di Windows

Jika anda memiliki koneksi internet, silakan koneksikan Phoenix OS dengan jaringan tersebut. Untuk koneksi dengan menggunakan kabel LAN cukup pilih Next untuk melewati langkah ini.

Cara Lengkap Install Phoenix OS di Windows

Terakhir silakan buat nama komputer untuk sistem Phoenix OS yang anda gunakan, isi sesuka anda.

Cara Lengkap Install Phoenix OS di Windows

Setelah itu anda bisa menggunakannya untuk berbagai keperluan khususnya yang berhubungan dengan aplikasi android. Silakan buka menu Start yang terdapat di sudut kiri-bawah, anda bisa mencari aplikasi android yang dibutuhkan pada Google Play Store yang tersedia di dalamnya. Selamat bersenang-senang.

Cara Lengkap Install Phoenix OS di Windows

Cara Lengkap Install Phoenix OS di Windows

Itulah beberapa langkah yang dapat anda ikuti untuk memasang Phoenix OS pada komputer anda yang saya tuliskan dengan selengkap dan sepadat mungkin. Selain Phoenix OS, sebenarnya ada juga sistem operasi pesaing yang serupa, yaitu Remix OS. Remix OS masih berkutat pada Android Marshmallow, sedangkan Phoenix OS sudah berjalan pada Android 7.1 Nougat, oleh karena itu saya lebih memilih Phoenix OS. Terima kasih atas kunjungan anda, semoga artikel ini bisa bermanfaat. Sampai jumpa.

Sumber: https://teksnologi.com/main-game-android-di-komputer-tanpa-lag-dengan-phoenix-os/

Next

Related