Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Suka dengan konten Maringngerrang.com?
Jika kamu merasa terbantu dengan konten di blog ini, silakan dukung kami melalui Saweria.co/maringngerrang. Dukungan berharga dari kalian semua-lah yang membuat blog ini bisa tetap hadir di hadapan kamu. Terima kasih!

Cara Download Konten Instagram tanpa Aplikasi

Cara Download Konten Instagram tanpa Aplikasi

Cara Download Konten Instagram tanpa Aplikasi ― Instagram bisa dibilang merupakan salah satu media sosial yang memiliki pengguna cukup banyak. Saat ini popularitas Instagram telah berkembang pesat dan dimanfaatkan jutaan orang untuk bersosialisasi, bahkan bukan hanya sebagai tempat hiburan dan bersosialisasi, Instagram juga banyak digunakan sebagai media bisnis, termasuk bisnis online yang juga mulai menjamur.

Konten yang terdapat di Instagram pada dasarnya adalah foto atau gambar serta video. Berbagai jenis dan genre foto dan video ada di Instagram, dan banyak dimanfaatkan para netizen sebagai bahan hiburan yang kemungkinan tidak hanya ingin ditonton sekali dua kali, tetapi berkali-kali.

Oleh karena itu, untuk bisa melihat foto atau menonton video dari Instagram berkali-kali biasanya akan di download, supaya foto atau video tersebut bisa diakses meskipun dalam keadaan offline. Salah satu cara yang biasanya digunakan untuk mendapatkan konten dari Instagram adalah melalui proses screenshot untuk foto. Tetapi untuk konten video mungkin harus di-download terlebih dahulu, sedangkan fitur download tidak terdapat pada Instagram hingga saat ini, kecuali beberapa aplikasi smartphone yang bisa digunakan untuk download foto atau video Instagram.

Namun cara download foto atau video di Instagram menggunakan aplikasi yang harus di-download dan install terlebih dahulu pada smartphone merupakan cara yang biasanya dihindari bagi beberapa orang, khususnya bagi yang mempunya space memori cukup terbatas. Oleh sebab itu kamu bisa download foto atau video dari Instagram meski tanpa download atau install aplikasi apapun pada smartphone kamu dengan menggunakan cara-cara di bawah ini.

Sebelum melanjutkan pembahasan tentang cara mendapatkan konten Instagram, terlebih dahulu perlu kamu perhatikan bahwa foto atau video (maupun konten lainnya) yang ada di Instagram kemungkinan mempunyai Hak Cipta yang tidak bisa kamu langgar begitu saja, khususnya untuk penggunaan secara komersial tanpa izin dari pemilik konten tersebut.

Oleh karena itu perhatikan bahwa metode yang dibahas di bawah ini harap tidak digunakan untuk melakukan tindakan yang dapat melanggar syarat dan ketentuan yang berlaku pada lingkungan Instagram, dan sebaiknya metode-metode di bawah ini hanya digunakan untuk keperluan personal atau pendidikan saja.

Menggunakan Situs Instadownloader

Cara pertama yang dapat kamu gunakan adalah menggunakan situs bernama Instadownloader. Kamu bisa menemukan situs tersebut melalui mesin pencari Google dengan menggunakan kata kunci nama situs tersebut, alamat situs tersebut adalah instadownloader.co/id.

Cara Download Konten Instagram tanpa Aplikasi

Setelah menemukannya dan membuka situs tersebut, kamu akan diminta untuk memasukkan URL Instagram dari foto atau video yang akan kamu download. Silakan copy URL tersebut melalui aplikasi Instagram yang ada di smartphone kamu atau melalui address bar dari browser yang kamu gunakan saat membuka foto atau video Instagram yang ingin kamu download.

Silakan masukkan URL Instagram yang telah kamu dapatkan pada kotak teks yang tersedia pada situs Instadownloader tersebut setelah itu tekan tombol Download untuk meminta sistem membuatkan link download dari foto atau video Instagram tersebut. Setelah link nya tersedia, kamu akan melihat tombol yang bertuliskan Download file, silakan tekan tombol tersebut untuk mulai download konten yang kamu inginkan.

Cara Download Konten Instagram tanpa Aplikasi

Menggunakan Situs SaveFrom

Situs ini kemungkinan sudah kamu kenal, cukup populer dan banyak digunakan sebagai situs downloader untuk berbagai konten sosial media, termasuk Instagram. Bagi kamu yang ingin memperoleh file dari konten di Instagram bisa menggunakan SaveFrom sebagai salah satu alternatif.

Cara menggunakannya sebenarnya tidak jauh berbeda dengan cara pertama di atas, pertama-tama silakan cari situs tersebut melalui mesin pencari Google dengan kata kunci SaveFrom atau kamu bisa buka situs SaveFrom.

Cara Download Konten Instagram tanpa Aplikasi

Setelah itu kamu juga akan diminta untuk memasukkan URL Instagram dari postingan yang ingin kamu download kedalam kotak teks yang telah disediakan, maka situs tersebut akan menampilkan konten dari postingan yang ingin kamu download, pastikan foto atau video tersebut sudah sesuai dengan yang kamu harapkan lalu klik tombol yang ada di bawah foto atau video Instagram tersebut.

Cara Download Konten Instagram tanpa Aplikasi

Menggunakan Inspect Element Google Chrome (Khusus PC)

Selain menggunakan kedua cara di atas, salah satu metode yang bisa kamu lakukan untuk download video atau foto dari Instagram tanpa menggunakan aplikasi downloader khusus atau mengakses situs downloader tertentu, adalah dengan memanfaatkan aplikasi browser Google Chrome.

Salah satu fitur yang cukup bermanfaat pada browser adalah fitur Inspect Elements, fitur ini memungkinkan penggunanya untuk mengakses seluruh isi sebuah halaman situs baik dari segi kode penyusun maupun file-file yang terhubung kedalam situs tersebut. Dengan fitur tersebut memungkinkan kamu untuk mendapatkan foto atau video yang ada di Instagram. Tetapi perlu kamu ingat bahwa fitur ini hanya ada pada browser yang digunakan di PC (laptop atau komputer), ada pada browser smartphone.

Untuk download foto atau video yang ada di Instagram menggunakan inspect element pada browser Google Chrome, kamu bisa mengikuti beberapa langkah-langkah berikut ini.
  1. Buka postingan Instagram yang ingin kamu download pada browser Google Chrome di PC.
  2. Setelah itu buka panel Inspect Element pada Google Chrome dengan cara tekan shortcut F12, atau CTRL + SHIFT + I pada keyboard, atau juga dengan klik kanan pada posting Instagram tersebut lalu pilih menu Inspect.
  3. Cara Download Konten Instagram tanpa Aplikasi
  4. Setelah itu panel Inspect Element akan terbuka, bisa saja posisinya ada di samping kanan halaman yang sedang terbuka, di bagian bawah, atau juga pada jendela pop-up baru. Langkah selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah seleksi bagian foto atau video pada postingan Instagram tersebut dengan menekan tombol shortcut CTRL + SHIFT + C lalu pilih bagian yang ingin kamu download dalam postingan tersebut.
  5. Kemudian silakan temukan tag div yang mengandung link dari konten tersebut, biasanya berada satu atau dua baris di atas tag utama yang ditunjuk dari hasil seleksi sebelumnya.
  6. Untuk Video
    Cara Download Konten Instagram tanpa Aplikasi
    Untuk Gambar/Foto
    Cara Download Konten Instagram tanpa Aplikasi

Penutup

Itulah beberapa langkah yang bisa kamu gunakan untuk download file foto atau video yang ada di Instagram. Semoga langkah-langkah pada pembahasan dalam tulisan ini bisa bermanfaat untuk kamu dan bisa memberikan wawasan baru. Apabila ada hal-hal yang kurang jelas dan perlu ditanyakan, silakan sampaikan pertanyaan kamu pada kolom komentar di bawah atau melalui halaman contact blog ini. Terima kasih dan sampai jumpa!

Posting Komentar untuk "Cara Download Konten Instagram tanpa Aplikasi"

Dapatkan Info Terbaru!