Sunday, October 22, 2017

Memasang & Menggunakan Actions pada Photoshop CS6

Memasang & Menggunakan Actions pada Photoshop CS6

Setelah sebelumnya saya membahas tentang beberapa filter foto keren yang dapat digunakan pada foto sendiri dengan menggunakan actions Photoshop, kali ini saya akan membahas tentang bagaimana cara menggunakan actions pada Photoshop. Untuk teman-teman yang baru mengenal actions photoshop seperti saya, mungkin akan sedikit bingung dengan fitur yang satu ini, bukan hanya bingung bagaimana cara memasangnya di photoshop, melainkan juga sedikit membingungkan caranya digunakan seperti apa.


Photoshop sebagai salah satu perangkat lunak pengolah gambar yang cukup populer didukung dengan berbagai fitur yang unggul dan mungkin tidak dapat ditemui pada perangkat lunak penyaingnya. Selain itu Photoshop juga diperkaya dengan berbagai custom settings yang memungkinkan pengguna untuk melakukan modifikasi pengaturan demi kenyamanan saat bekerja. Namun meskipun sudah sangat populer namun masih banyak fitur yang ada dalam Photoshop belum diketahui kebanyakan orang, salah satunya adalah fitur Actions.

Actions pada Photoshop pada dasarnya bekerja hampir sama seperti fitur rekaman, fungsi ini dapat digunakan untuk merekam dan memutar ulang kumpulan perintah dan akan dilaksanakan sama seperti perintah biasa. Jadi anda dapat merekam suatu perubahan kemudian menjalankan perintah yang persis sama pada perangkat Photoshop yang berbeda. Fitur ini memungkinkan kita untuk mendapatkan hasil kerja yang akurat dengan sangat cepat. Hal ini banyak dimanfaatkan oleh orang-orang yang memiliki kemampuan lebih dalam mengolah gambar dengan cara membuat rekaman Actions dengan hasil yang cukup profesional kemudian dipublikasikan bahkan diperjualbelikan dengan harga yang sesuai. Bagaimana tidak!? Hasil yang menakjubkan akan membuat orang-orang memburu Actions tersebut.

Tidak jarang pula kebanyakan orang mencoba untuk membuat Actions dengan hasil filter foto menyerupai foto-foto yang ada di Instagram. Nyatanya banyak orang yang menggunakan efek-efek hasil filter dari Instagram sebagai foto yang mereka publikasikan sebab filter yang diberikan memang cukup bagus. Kabar baiknya anda dapat mencoba membuat efek filter Instagram sendiri dengan menggunakan Photoshop dan anda juga dapat memanfaatkan fitur Actions Photoshop yang telah banyak dibagikan orang-orang. Anda dapat mencoba Actions filter yang tersedia.

Namun pertanyaannya sekarang adalah bagaimana cara memasang dan bagaimana cara menggunakan fitur Actions Photoshop tersebut? Dalam posting ini saya akan mencoba memberikan tutorial kepada anda tentang cara memasang dan cara menggunakan Actions Photoshop. Caranya cukup sederhana dan mudah diikuti, anda dapat mencobanya sendiri setelah mahir. Berikut ini pembahasannya:

Cara Memasang Actions Baru di Photoshop

Sebelum bisa digunakan, file actions yang telah diperoleh harus dipasang terlebih dahulu. Untuk memasangnya, pertama-tama silakan teman-teman simpan file dengan ekstensi *.atn (yang merupakan file actions photoshop) ke dalam folder actions pada direktori Photoshop, yang terletak pada C:/Program Files/Adobe/Adobe Photoshop CS6\Presets\Actions (jika menggunakan Photoshop CS6, silakan sesuaikan pada versi masing-masing).

Setelah itu klik dua kali pada file *.atn yang sebelumnya, maka selanjutnya Photoshop akan terbuka. Nah, kemudian untuk menampilkan bagian actions yang telah diinstall, pada menu Windows klik Actions, maka akan muncul sebuah jendela kecil baru.

Memasang & Menggunakan Actions pada Photoshop CS6

Atau dengan cara lain, anda bisa memasang actions baru yang telah tersedia, melalui menu Load pada jendela Actions kemudian cari file dengan ekstensi *.atn yang ingin anda tambahkan. Setelah itu pilihan baru akan muncul pada jendela Actions tersebut.

Memasang & Menggunakan Actions pada Photoshop CS6

Cara Menggunakan Actions Pada Photoshop

Untuk menggunakan actions yang telah terpasang pada photoshop, pada dasarnya kita hanya menjalankan apa yang sebelumnya telah terekam pada file actions tersebut, maka perintah yang terdapat pada actions akan dijalankan secara berurut satu per satu. Untuk menjalankan actions pada photoshop, kita cukup memilih actions mana yang akan kita gunakan kemudian menekan tombol play.

Memasang & Menggunakan Actions pada Photoshop CS6

Nah, sekarang teman-teman mungkin sudah tahu bagaimana cara memasang dan menggunakan actions pada Photoshop, selain itu teman-teman bisa mendapatkan beberapa actions berupa efek filter foto yang bisa teman-teman gunakan pada foto masing-masing, silakan baca posting saya pada Membuat Efek Filter Instagram dengan Actions Photoshop semoga saja ada efek filter foto yang teman-teman sukai.

Mungkin cukup sekian dari saya tentang cara memasang dan cara menggunakan Actions Photoshop, semoga bisa bermanfaat dan jika ada yang ingin anda tanyakan silakan sampaikan pada kotak komentar yang ada di bagian bawah halaman ini. Sistem komentar blog ini menggunakan layanan Disqus namun anda tetap dapat berkomentar tanpa harus memiliki akun Disqus, silakan buat komentar sebagai tamu. Selain itu anda juga bisa mengirimkan tanggapan anda melalui halaman contact blog ini. Terima kasih dan sampai jumpa.

Next

Related