Wednesday, October 18, 2017

Jenis Makanan yang Baik dan Tidak Baik untuk Hamster

Jenis Makanan yang Baik untuk Hamster

Salam untuk teman-teman pecinta dan peternak hamster, pada posting kali ini saya kembali membahas tentang hamster setelah sebelumnya sempat menulis Alas Kandang yang Baik untuk Hamster. Hewan yang cukup banyak dipelihara oleh manusia dan merupakan hewan yang sempat merajai pertelevisian Indonesia sewaktu saya masih kanak-kanak ini (siapa yang tidak kenal Hamtaro!?) kalau dibahas tentang livestock nya tentunya kita membahas tentang cara perawatan dan cara perkembangbiakannya, di sini saya ingin mendiskusikan tentang beberapa jenis makanan yang baik untuk hamster.

Umumnya yang orang tahu, hewan yang dikenal dengan nama ilmiah Cricetinae ini kebanyakan memakan biji-bijian seperti kacang, biji bunga matahari, beras jagung dan sebagainya, dan faktanya memang seperti itu, sebab ukuran tubuh mereka memang kecil, tidak mungkin makan ikan, wortel, atau tomat. Perlu teman-teman ketahui, meskipun kebanyakan makan biji atau dedaunan, hamster pada dasarnya merupakan hewan omnivora, pemakan daging dan tumbuhan.

Meskipun biasanya cuma dikasih jagung, biji bunga matahari, beras, atau kacang, sebenarnya hamster juga suka memakan beberapa jenis bahan makanan manusia yang tergolong sayur, seperti tauge dan wortel, dan jika ditinjau lebih jauh memang kedua jenis makanan tersebut selain baik untuk manusia ternyata juga memberikan dampak yang baik untuk hamster, oleh karena itu mari kita simak beberapa jenis makanan yang baik diberikan untuk hamster peliharaan kita di rumah.

Biji Bunga Matahari (Kuaci)

Jenis Makanan yang Baik untuk Hamster

"Apa yang paling dia senangi, biji bunga matahari, ya Hamtaro berlari"
Mungkin banyak dari teman-teman yang menganggap makanan kesukaan Hamtaro, eh maksudnya hamster adalah biji bunga matahari. Faktanya memang demikian, hamster dan kuaci sangat dekat hubungannya, seperti manusia dengan nasi. Tetapi sama halnya dengan manusia kalau hanya makan nasi tentunya akan kurang gizi dan kurang nikmat, hamster juga demikian, sebaiknya ketika memelihara hamster jangan cuma diberi makan kuaci saja, berikanlah makanan lain dengan nutrisi seimbang supaya bisa tumbuh sehat dan panjang umur, sebab kuaci mengandung lemak yang cukup tinggi sehingga bisa membuat hamster kita kegemukan.

Padi (Gabah)

Jenis Makanan yang Baik untuk Hamster

Ternyata makanan pokok manusia (khusus di Indonesia saja sepertinya) ini juga merupakan makanan kesukaan hamster, tetapi berbeda dengan tikus yang sukanya merusak tanaman padi dan menjadi hama, hamster tidak seperti itu, sebab memang di Indonesia sepertinya tidak ada hamster yang hidup di alam liar, karena habitat asli mereka berada di daerah sub-tropis bagian utara. Akan tetapi hamster lebih suka makan padi ketimbang beras (kecuali beras merah), mungkin karena hamster lebih suka kalau harus menguliti padi daripada makan langsung berasnya heheh. Dengan memberikan padi atau gabah sebagai makanan akan membuat energi hamster terpenuhi, sebab padi sebagian besar kandungannya adalah karbohidrat. Pemberian gabah juga bermanfaat bagi hamster karena pada kulit gabah terdapat pro-vitamin D yang sangat baik ketika dimakan oleh hamster.

Kacang Tanah

Jenis Makanan yang Baik untuk Hamster

Kacang tanah merupakan jenis kacang-kacangan yang banyak mengandung lemak. Kacang tanah juga merupakan makanan yang cocok untuk hamster, sebab memang hampir semua jenis kacang disukai oleh hamster. Akan tetapi untuk pemberian kacang tanah sebagai pakan hamster sebaiknya jangan terlalu sering dan jangan terlalu banyak, sebab lemak dalam kacang tanah kalau terlalu banyak bisa membuat hamster kelebihan berat badang atau kegemukan (obesitas).

Kacang Hijau

Jenis Makanan yang Baik untuk Hamster

Bahan makanan yang kerap dijadikan sayur dan bubur oleh manusia ini ternyata banyak mengandung vitamin yang bisa membuat pertumbuhan dan perkembangan hamster sangat baik jika dijadikan sebagai salah satu makanannya. Selain itu, kacang hijau juga merupakan makanan yang baik sebab memiliki tekstur yang keras dan mampu untuk mengasah gigi hamster yang terus tumbuh.

Kacang Kedelai

Jenis Makanan yang Baik untuk Hamster

Kacang kedelai merupakan salah satu biji-bijian yang mengandung protein tinggi, itulah sebabnya kedelai terkadang dijadikan sebagai susu, susu kedelai. Menjadikan kacang kedelai sebagai makanan untuk hamster adalah tindakan yang cukup baik, sama seperti manusia, protein bagi hamster juga akan mendukung pertumbuhannya. Selain itu, sama halnya dengan kacang hijau, kacang kedelai yang kering akan mempunya tekstur yang keras sehingga baik untuk mengasah gigi hamster yang tidak akan berhenti tumbuh hingga mereka mati, baca juga Cara Mudah Membedakan Hamster Jantan dan Betina.

Tauge (Kecambah Kacang Hijau)

Jenis Makanan yang Baik untuk Hamster

Tauge merupakan kecambah kacang hijau yang masih berwarna putih, makanan ini biasanya dijadikan campuran untuk banyak jenis makanan bagi manusia, seperti tahu isi, bubur, sop, dan banyak lagi makanan yang lama-lama bisa membuat saya lapar. Eh, baiklah, tauge mengandung banyak sekali vitamin K, vitamin ini akan mampu menjaga kesuburan bagi si hamster, jadi untuk teman-teman yang ingin mengembangbiakkan hamster, maka tauge adalah makanan yang cocok diberikan sesekali bagi si hamster.

Beras Merah

Jenis Makanan yang Baik untuk Hamster

Hampir sama dengan beras biasa atau padi (gabah), beras merah juga mengandung karbohidrat, meskipun kandungannya lebih rendah dibandingkan beras biasa. Hamster yang kekurangan karbohidrat akan terlihat lebih kurus sebab kekurangan lemak. Beberapa orang juga mengatakan bahwa beras merah merupakan bahan makanan yang baik untuk perkembangan otak si hamster, tetapi menurut saya hamster kan tidak perlu berpikir yah heheh.

Wortel

Jenis Makanan yang Baik untuk Hamster

Kalau membahas tentang wortel, umbi yang tergolong sayuran ini merupakan makanan kesukaan kelinci, sebab sebagai sesama hewan pengerat, kelinci dan hamster sebenarnya sama-sama cocok dengan makanan wortel. Wortel mengandung zat-zat yang mampu mencegah terjadinya penyakit kanker, meskipun juga mengandung banyak vitamin A yang baik untuk pertumbuhan mata, hamster sebenarnya tidak terlalu mengandalkan penglihatan, karena memang penglihatannya kurang begitu bagus. Hamster tidak bisa melihat warna dan hanya bisa melihat sejauh 15 cm ke depan, oleh sebab itu hamster akan lebih mengandalkan indra penciuman dan pendengarannya untuk mencari makan. Meskipun demikian, memberikan makanan wortel cocok untuk hamster yang bermata merah (umumnya albino), sebab hamster dengan jenis seperti ini lebih gampang terkena penyakit katarak (bukan hanya manusia loh yang bisa kena katarak), wortel juga bisa menjadi pengganti air minum untuk hamster dengan membuatnya sebagai jus, cukup diberikan sekali-kali, baca juga Beberapa Jenis Hamster di Indonesia.

Jagung/Popcorn

Jenis Makanan yang Baik untuk Hamster

Jagung merupakan salah satu bahan makanan yang mengandung cukup banyak karbohidrat dan air. Kandungan karbohidrat dalam jagung yang masih mentah bisa mencapai 80% dibandingkan jagung mentah kering. Teman-teman bisa memberikan jagung sebagai makanan hamster, selain jagung mentah yang kering juga bisa jagung mentah yang masih basah, namun perlu teman-teman perhatikan bahwa makanan pokok hamster adalah makanan yang kering, oleh sebab itu sebaiknya jangan menjadikan jagung basah sebagai makanan pokok. Selain itu, teman-teman juga bisa memberikan jagung untuk hamster dalam bentuk yang berbeda, bisa dalam bentuk olahan seperti popcorn, sobat bisa membuat popcorn untuk hamster tetapi sebaiknya jangan dikasih garam, sebab hamster biasanya tidak suka dengan rasa asin.

Konsentrat

Jenis Makanan yang Baik untuk Hamster

Hampir sebagian besar hewan ternak mempunyai makanan campuran yang diramu oleh pabrikan, biasanya disebut konsentrat. Memberi makan konsentrat akan memenuhi nutrisi hamster secara seimbang. Namun jika hamster diberi makan konsentrat, maka harus diimbangi dengan memberikan air minum yang cukup, sebab jenis makanan konsentrat umumnya adalah makanan kering dan akan membuat hamster cepat merasa haus.

Makanan Selingan

Pada umumnya biji-bijian merupakan makanan sehari-hari dan hampir menjadi makanan pokok bagi si hamster, tetapi perlu teman-teman ketahui bahwa sama seperti manusia, hamster juga memerlukan serat dan vitamin yang lebih beragam bagi tubuhnya, oleh karena itu, buah-buahan dan beberapa jenis sayuran juga bisa diberikan kepada hamster, misalnya seperti apel, sawi, kol atau beberapa buah-buahan manis lainnya. Tetapi perlu teman-teman ingat bahwa buah dan sayur berbeda dengan biji-bijian dan kacang-kacangan, buah dan sayur akan lebih cepat layu dan membusuk, oleh karena itu cukup berikan dalam porsi yang sedikit agar tidak membusuk di kandang dan cepat dihabiskan oleh hamster.

Selain beberapa jenis buah dan sayuran, beberapa makanan olahan juga bisa diberikan untuk hamster, seperti biskuit dan roti. Perlu teman-teman ketahui bahwa lidah hamster akan lebih suka terhadap rasa manis, oleh karena itu sekali-kali teman-teman bisa memberikan makanan selingan berupa biskuit dan roti tawar, tetapi perlu diperhatikan untuk memberikan jenis roti atau biskuit yang tidak berbahaya. Namun sepertinya untuk makanan biskuit sudah banyak dijual di toko hewan.

Memberikan makanan selingan memang sepertinya cocok untuk hamster peliharaan, tetapi perlu teman-teman ingat bahwa makanan selingan tetaplah makanan selingan, jangan diberikan terlalu sering, jika sekali sepekan sepertinya sudah cukup.


Makanan yang Tidak Cocok

Selain berbagai jenis makanan di atas, hamster juga tidak cocok dengan beberapa jenis makanan. Untuk teman-teman pecinta hamster, perlu diperhatikan jenis-jenis makanan apa saja yang tidak cocok diberikan untuk hamster, sebab hamster bisa saja terkena penyakit dikarenakan makanan yang tidak cocok, bahkan paling fatal bisa membuat hamster mati, termasuk diantaranya makanan yang berbau tajam, mempunyai rasa yang tajam seperti cabe bawang dan lainnya, sayuran bergetah dan beberapa jenis makanan olahan.

Meskipun bisa diberi makan sayuran, hamster ternyata tidak cocok dengan beberapa jenis sayur, sayuran yang bergetah, seperti kangkung, dapat menyebabkan hamster diare. Pemberian sayuran secara berlebihan dapat menyebabkan hamster lebih sering buang air besar dan paling parah dapat membuat mencret. Gejala tersebut bisa dilihat dari pantat hamster yang selalu basah, jika hal ini terjadi, maka coba berhenti memberi makan semua jenis sayuran dan diganti dengan biji-bijian atau konsentrat. Saat mengalami mencret, hamster akan jadi lebih cepat haus, jadi pastikan kebutuhan air minumnya tercukupi.

Beberapa jenis makanan olahan juga tidak cocok diberikan untuk hamster, meskipun makanan tersebut bisa jadi disukai oleh si hamster (dan juga manusia), termasuk cokelat, rempah-rempah, bumbu masakan, selai, almond, buah-buahan (dan buah dengan aroma tajam), daging, dan kentang mentah, serta makanan yang sejenis dengannya. Perlu teman-teman perhatikan bahwa makanan yang berbau tajam, seperti semua jenis bawang, tidak cocok untuk hamster, ingat bahwa hamster mempunyai indra penciuman yang tajam, jadi bisa dibayangkan bagaimana jika diberi makanan yang berbau tajam. Secara garis besar, makanan yang tidak cocok dengan hamster bisa dilihat pada list berikut ini
  • Kacang Almond — mengandung cyanide, yang bahkan dapat membunuh hamster dalam jumlah tertentu
  • Seledri, secara keseluruhan - tekstur khas yang agak berserabut dari daun dan batang seledri dapat membuat hamster tersedak
  • Cokelat (terutama cokelat hitam) - mengandung theobromine, yang dapat menyebabkan masalah peredaran darah pada hamster
  • Buah-buahan yang tidak dicuci - menimbulkan bahaya terhadap hamster dari bekas pestisida dan/atau pupuk
  • Bawang putih - dapat menyebabkan gangguan percernaan pada hamster
  • Kacang merah yang tak dimasak - merupakan racun bagi hamster
  • Selada, selada bokor (selada yang mirip kol) - dapat menyebabkan masalah pada hati hamster jika dalam porsi berlebih (bukan hati perasaan yah)
  • Bawang merah, bawang-bawangan - N-propyl disulfide menyebabkan kerusakan sel darah merah pada hamster
  • Kacang-kacangan - mengandung aflatoxin, dalam jumlah yang besar merupakan toxic bagi hamster (berikan dalam porsi yang secukupnya untuk mencegah hal ini)
  • Kentang - dapat jadi beracun bagi hamster
  • Rhubarb (semacam kelembak) - juga dapat menjadi racun bagi hamster
  • Makanan pedas atau semacamnya - dapat mengganggu pencernaan hamster
  • Makanan yang mengandung gula - tidak baik untuk gigi hamster dan dapat menyebabkan kegemukan
  • Daun tomat - merupakan racun bagi hamster
  • Sayuran yang tidak dicuci - menimbulkan bahaya terhadap hamster dari bekas pestisida dan/atau pupuk

Mungkin informasi-informasi diatas bisa menjadi bahan pertimbangan untuk teman-teman yang akan atau sedang memelihara hamster. Makanan tentunya merupakan kebutuhan pokok untuk hamster ketika akan dipelihara, jadi sebagai kesimpulan untuk kelebihan dan kekurangan masing-masing makanan yang telah saya sebutkan diatas, cara terbaik untuk memberi makan hamster adalah melakukan mix makanan, artinya silakan teman-teman campur berbagai jenis makanan yang saya sebutkan diatas, tetapi perlu diperhatikan bahwa makanan ringan dan makanan basah sebaiknya dipisahkan dan juga beberapa jenis makanan sebaiknya tidak diberikan secara berlebihan.

Cukup sekian dari saya, semoga bisa bermanfaat, kalau ada yang ingin sobat tanyakan silakan sampaikan pada kotak komentar yang ada dibawah atau bisa juga melalui halaman contact blog ini. Terima kasih.

Next

Related