Wednesday, October 18, 2017

Beberapa Jenis Hamster di Indonesia

Beberapa Jenis Hamster di Indonesia

Kembali dalam posting kali ini saya akan mendiskusikan tentang jenis-jenis hamster yang ada di Indonesia. Sebelumnya pada posting Alas Kandang yang Baik untuk Hamster saya pernah mengatakan bahwa haster termasuk dalam ordo Rodentia, artinya hamster termasuk dalam kelompok hewan pengerat seperti kelinci, marmut, dan tikus. Meskipun demikian, kebanyakan orang salah sebab menganggap hamster sebagai tikus. Hamster dan tikus memiliki banyak perbedaan, hamster memiliki tubuh yang berbulu dan lebih bulat serta ekornya pendek sedangkan tikus nyaris tak berbulu dan bertubuh memanjang dan ekor yang juga lebih panjang. Selain itu, jika dibandingkan dengan tikus, hamster jelas jauh lebih bersih dibandingkan tikus, baca juga Jenis Makanan yang Baik dan Tidak Baik untuk Hamster.

Dibalik penampilannya yang lucu, hamster ternyata bukanlah binatang asli Nusantara. Jika dilihat dari habitat aslinya kebanyakan hamster hidup di daerah sub-tropis bagian utara seperti Rusia, Cina bagian Utara, Siria, dan Mongolia. Meskipun demikian, di Indonesia yang merupakan daerah tropis, tetap hidup beberapa jenis hamster, setidaknya terdapat 4 jenis hamster yang umum dipelihara di Indonesia yaitu Syria, Campbell, Winter White, dan Roborovski. Maka dari itu, mari kita mencoba berkenalan dengan beberapa jenis hamster berikut ini.

Hamster Campbell

Hamster Campbell merupakan hamster yang cukup murah jika diperhatikan pada toko hewan terdekat dan juga merupakan hamster yang cukup populer di kalangan pecintanya sebab cepat menghasilkan keturunan, harga rata-rata untuk hamster jenis ini hanya sekitar 25 ribuan. Jenis Campbell merupakan jenis hamster yang mudah untuk dipelihara dan mudah berkembang biak sebab mampu menghasilkan 2 hingga 10 bayi hamster. Namun hamster jenis ini juga merupakan hamster yang paling agresif, Campbell mengenali lingkungannya dengan mencicipi (menggigit) untuk orang yang belum paham betul dengan perangai Campbell, bisa dipastikan akan sering digigit. Tapi tenang saja, gigitan hamster tidaklah berbahaya, walaupun seringkali mengakibatkan tangan berdarah. Spesifikasi hamster campell :
  • Umur normal 1 sampai 2 tahun
  • Panjang tubuh 10 hingga 15 cm hamster dewasa
  • Lama kehamilan sekitar 20 hari
  • Masa sapih (pemisahan anak dari induknya) 3 hingga 4 minggu
  • Jenis-jenis Campbell: albino, panda, black bear, argente, dan opal blue

Beberapa Jenis Hamster di Indonesia

Hamster Roborovski

Hamster Roborovski adalah jenis hamster yang lebih aktif, senang berlari dan sangat lincah sebab bentuknya yang lebih kecil daripada hamster Campbell. Harga hamster Roborovski lebih mahal dibandingkan Campbell yaitu sekitar 45 hingga 75 ribu. Hamster jenis ini cocok untuk dijual sebab harganya yang lebih mahal dan banyak dicari orang karena penampilannya yang menggemaskan. Spesifikasi hamster Roborovski:
  • Umur normal 3 sampai 4 tahun
  • Panjang tubuh 4 hingga 5 cm hamster dewasa
  • Lama kehamilan sekitar 23 hingga 30 hari
  • Jumlah anak rata-rata 6 ekor
  • Jenis-jenis Roborovski: normal dan white face

Beberapa Jenis Hamster di Indonesia

Hamster Syria

Diantara hamster lainnya, hamster Syria merupakan jenis yang paling besar, untuk yang menyukai hamster bertubuh besar, hamster jenis ini cocok untuk dipelihara. Hamster Syria mempunyai perangai yang pemalas, lebih banyak tidur, kurang lincaih bergerak, baca juga Cara Mudah Membedakan Hamster Jantan dan Betina. Harga hamster jenis ini umumnya 15 hingga 30 ribu tergantung jenis dan warnya. Spesifikasi hamster Syria:
  • Umur normal 2 sampai 2 setengah tahun
  • Panjang bisa mencapai 15 hingga 20 cm
  • Lama kehamilan sekitar 20 hari
  • Jenis-jenis Syria: short hair, long hair, rex, dan satin

Beberapa Jenis Hamster di Indonesia

Hamster Winter White

Hamster ini merupakan jenis hamster yang mudah untuk dijinakkan karena sifatnya yang tidak agresif dan tidak suka menggigit seperti jenis Cambell. Bentuk fisik dan penampilannya kurang lebih sama dengan jenis Cambell, harganyapun cukup bervariasi di pasaran, mulai dari 15 hingga 75 ribu tergantung jenisnya. Spesifikasi hamster Winter White:
  • Umur 1 sampai 2 tahun
  • Panjang 7 hingga 9 cm hamster dewasa
  • Lama kehamilan 15 hingga 20 hari
  • Jenis-jenis Winter White: normal, safir, pearl, dan golden


Beberapa Jenis Hamster di Indonesia

Hamster Panda

Hamster jenis ini dinamai Panda sebab mempunyai penampilan yang mirip dengan binatang pemakan bambu dari Negeri Cina tersebut. Hamster Panda bentuknya sedikit lebih panjang dan ramping serta tidak suka menggigit. Harga hamster ini berkisar 30 hingga 70 ribuan. Sebenarnya penamaan hamster Panda adalah istilah kurang tepat yang sering digunakan oleh pedagang, peternak, dan juga pecinta hamster yang belum mengetahui tentang penyebutan nama jenis atau varian hamster yang benar. Jadi, penyebutan hamster Panda biasanya digunakan untuk menyebut hamster Campbell varian black mottled atau hamster jenis Syrian varian black banded, baca juga Alas Kandang yang Baik untuk Hamster. Mungkin karena dari warna kedua hamster tersebut yang berwarna hitam dan putih seperti Panda, tapi penyebutan itu tidaklah benar. Spesifikasi hamster Panda:
  • Umur 1 sampai 3 tahun
  • Panjang 10 hingga 15 cm
  • Lama kehamilan 20 hari

Beberapa Jenis Hamster di Indonesia

Hamster China/Tiongkok

Hamster Cina tergolong jenis hamster yang jarang atau bahkan tidak ada di Indonesia namun banyak dipelihara oleh orang-orang di negara barat seperti Amerika dan Inggris. Hamster China berasal dari daratan utara Cina dan Mongolia dan tidak termasuk dalam Hamster Mini atau Dwarf Hamster. Beberapa orang juga kerap menyebutnya hamster Tiongkok. Spesifikasi hamster China:
  • Umur 2 sampai 3 tahun
  • Panjang: 8,2 hingga 13 cm hamster dewasa
  • Panjang ekor 2 sampai 3,3 cm hamster dewasa
  • Jenis-jenis China: normal, white, dan dotted

Beberapa Jenis Hamster di Indonesia

Hamster Hybrid

Hamster jenis ini sebenarnya adalah perpaduan antara beberapa jenis hamster. Hamster Hybrid kebanyakan muncul di kalangan pecinta hamster, sebab merupakan hasil perkawinan antara dua jenis hamster yang berbeda. Hamster jenis ini biasanya sedikit lebih sulit dipelihara sebab rentan terkena penyakit, paling parah mudah terkena tumor.

Nah sekarang setelah mengenal berbagai jenis-jenis hamster, setelah ini teman-teman mungkin mulai berminat memelihara hamster, atau jika sudah punya ingin menambah jenis baru. Mungkin pembahasan diatas sedikit banyak bisa membantu teman-teman untuk memilih hamster jenis seperti apa yang akan dipelihara. Untuk teman-teman yang sudah punya peliharaan hamster, sebaiknya juga membaca Membuat Alas Kandang Hamster dari Kertas.

Mungkin cukup sekian dari saya, semoga bisa bermanfaat, kalau ada yang ingin sobat tanyakan silakan sampaikan pada kotak komentar yang ada dibawah atau bisa juga melalui halaman contact blog ini. Terima kasih.

Next

Related