Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengunci Permanen Wallpaper Desktop di Windows 7, 8, & 10

Mengunci Permanen Wallpaper Desktop di Windows 7, 8, & 10

Wallpaper pada OS Microsoft Windows

Mengunci Permanen Wallpaper Desktop di Windows 7, 8, & 10 ― Sebagai salah satu sistem operasi yang paling banyak digunakan, saat ini Microsoft Windows telah mengalami banyak perkembangan seiring dengan berjalannya waktu. Perkembangan demi perkembangan tersebut menjadikan penampilan Microsoft Windows juga semakin elegan dan semakin modern.

Salah satu bentuk ke-elegan-an yang paling pertama dan paling awal yang nampak ketika sedang menggunakan Microsoft Windows adalah pada bagian wallpaper. Pada Windows 10 fungsi wallpaper menjadi lebih beragam dan penempatannya jadi lebih variatif, berbeda dengan pendahulunya.

Saat ini, khususnya di Windows 10, penggunaan wallpaper mulai mengarah ke wallpaper online yang dipilih oleh sistem melalui jaringan, salah satu contohnya adalah pada saat Windows 10 baru akan log in atau saat baru dinyalakan, akan tampil wallpaper atau background dengan gambar nuansa alam dan sebagainya.

Sebelum PC dengan Windows 10 digunakan secara online, maka wallpaper yang ditampilkan pada menu log in merupakan wallpaper yang diambil dari penyimpanan di PC, tetapi seiring berjalannya waktu ketika PC tersebut telah digunakan secara online, maka sistem akan mengubah wallpaper log in tersebut dengan mengambil gambar dari jaringan internet khususnya dari server Microsoft yang merupakan wallpaper yang mungkin sering dijumpai pada situs pencarian Bing.

Penggunaan Wallpaper pada Windows

Selain wallpaper atau background yang muncul pada saat log in di OS Windows, wallpaper utama yang ditampilkan sebenarnya adalah wallpaper yang mungkin kebanyakan dari kita telah mengenalnya, yaitu desktop background. Gambar background pada desktop di Windows merupakan gambar yang dapat diganti-ganti sesuai dengan keinginan penggunanya.

Oleh karena itu pula, untuk komputer yang digunakan secara bersama-sama atau komputer umum, khususnya untuk komputer yang digunakan pada sebuah lembaga, komunitas, atau organisasi, biasanya akan lebih apik dan terlihat lebih keren apabila wallpaper atau gambar background pada desktop menggunakan gambar yang berhubungan dengan di mana komputer bersama tersebut digunakan.

Sedangkan apabila wallpaper atau background desktop telah diatur menjadi gambar tipikal sebuah lembaga atau organisasi pemilik PC tersebut, kemungkinannya adalah akan ada seseorang yang bisa mengganti gambar wallpaper tersebut yang mungkin akan jadi kurang sesuai dalam menggambarkan pemilik PC tersebut.

Jadi, untuk mengatasi hal seperti itu, salah satu cara yang dapat digunakan adalah dengan mengunci wallpaper desktop pada Windows agar tidak mudah diganti oleh orang lain untuk tujuan yang kurang sesuai dengan tujuan penggunaan komputer tersebut. Cara mengunci wallpaper pada Windows sebenarnya akan berlaku secara permanen dan kemungkinan diperlukan sedikit usaha tambahan untuk mengaturnya agar bisa diganti-ganti kembali. Oleh karena itu silakan ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengatur gambar desktop di Windows agar tidak mudah diganti-ganti.

Mengunci Wallpaper pada Windows

Perlu kamu ketahui terlebih dahulu bahwa cara yang akan dibahas di bawah juga dapat diterapkan pada Windows 7 bahkan Windows 8, jadi jika kamu menggunakan selain Windows 10, caranya masih sama seperti di bawah. Pada dasarnya ada dua cara yang bisa kamu pilih untuk mengunci wallpaper pada windows agar tidak mudah diganti-ganti orang lain, silakan pilih salah satu dari kedua cara yang dibahas di bawah ini.

* * *

# Menggunakan Windows Regedit

  1. Pertama-tama buka jendela Run dengan cara menekan tombol Windows (tombol keyboard berlogo ) + R. Atau bisa juga pada menu Start tulis "run" di pencarian.
  2. Setelah itu tuliskan kata kunci regedit pada kotak teks yang tersedia lalu tekan tombol OK. Atau kamu juga bisa menuliskan kata kunci regedit di pencarian menu start.
  3. Mengunci Permanen Wallpaper Desktop di Windows 7, 8, & 10
  4. Kemudian silakan cari lokasi HKEY_CURRENT_USER > Software > Microsoft > Windows > CurrentVersion > Policies. Klik kanan pada folder Policies lalu pilih New > Key dan beri nama ActiveDesktop untuk key baru tersebut.
  5. Mengunci Permanen Wallpaper Desktop di Windows 7, 8, & 10
  6. Nah selanjutnya klik kanan pada key ActiveDesktop yang telah dibuat tadi kemudian pilih New > DWORD (32-bit) Value lalu beri nama NoChangingWallpaper untuk file baru tersebut.
  7. Mengunci Permanen Wallpaper Desktop di Windows 7, 8, & 10
  8. Lalu selanjutnya klik dua kali (double click) pada file NoChangingWallpaper yang baru saja dibuat, setelah itu ganti angka 0 dan beri nilai 1 pada Value data lalu tekan OK.
  9. Mengunci Permanen Wallpaper Desktop di Windows 7, 8, & 10
  10. Setelah itu periksa pada bagian Personalize, wallpaper desktop tidak dapat diganti bahkan meski dengan cara Set as desktop background.
  11. Mengunci Permanen Wallpaper Desktop di Windows 7, 8, & 10

* * *

# Menggunakan Group Policy Editor

  1. Selain menggunakan regedit pada cara pertama kamu juga bisa menggunakan Local Group Policy Editor, pertama-tama buka menu start kemudian tuliskan gpedit pada pencarian. Atau bisa juga pada jendela run (tekan jendela Run dengan cara menekan tombol Windows + R) lalu tuliskan gpedit.msc di Windows Run
  2. Mengunci Permanen Wallpaper Desktop di Windows 7, 8, & 10
  3. Kemudian pada jendela Local Group Policy Editor, buka lokasi folder User ConfigurationAdministrative TemplatesControl PanelPersonalization. Kemudian perhatikan pada panel sebelah kanan, klik kanan pada Setting Prevent changing desktop background lalu pilih Edit.
  4. Mengunci Permanen Wallpaper Desktop di Windows 7, 8, & 10
  5. Pada jendela pengaturan Prevent changing desktop background, aktifkan dengan memilih Enabled lalu tekan Apply kemudian tekan OK.
  6. Mengunci Permanen Wallpaper Desktop di Windows 7, 8, & 10

* * *

Setelah itu sama seperti pada cara pertama, periksa pada bagian Personalize, wallpaper desktop tidak dapat diganti bahkan meski dengan cara klik kanan pada salah satu gambar kemudian memilih Set as desktop background.

# Tidak Bisa Buka gpedit?

Mengunci Permanen Wallpaper Desktop di Windows 7, 8, & 10

Pada beberapa kasus kemungkinan ada yang mengalami pengaturan Local Group Policy Editor tidak dapat diakses/dibuka. Bisa jadi hal tersebut terjadi karena driver untuk Group Policy Editor belum diinstall. Oleh karena itu terlebih dahulu kamu perlu install driver tersebut melalui situs resmi Microsoft, silakan buka di sini.

# Bagaimana dengan Windows 7 dan Windows 8?

Langkah-langkah yang dibahas di atas merupakan cara yang berdasar pada Windows versi sebelumnya yaitu Windows 7 dan Windows 8, oleh karena itu jika kamu menggunakan selain dari Windows 10, langkah di atas masih bisa kamu ikuti karena cara dan letak menu yang digunakan sangat mirip.

Penutup

Itulah beberapa langkah-langkah yang bisa kamu gunakan untuk mengunci gambar background desktop (wallpaper) di Windows agar tidak mudah diganti oleh orang lain dengan tujuan tertentu. Semoga pembahasan dalam tulisan ini bisa memberikan pengetahuan dan wawasan baru untuk kamu, dan semoga bisa bermanfaat. Terima kasih dan sampai jumpa!

Posting Komentar untuk "Mengunci Permanen Wallpaper Desktop di Windows 7, 8, & 10"

Dapatkan Info Terbaru!