Sunday, April 2, 2017

Memaksimalkan Performa PC di Windows 7 s/d 10

Memaksimalkan Performa PC pada Windows 7 s/d 10

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh. Pada posting kali ini saya akan membahas tentang bagaimana cara memaksimalkan performa Personal Computer (PC) yang menggunakan Windows 7, Windows 8/8.1, maupun Windows 10. Terlebih dahulu yang perlu sobat pahami dari memaksimalkan performa disini adalah mematikan beberapa fitur grafis pada sistem operasi sehingga berjalan lebih ringan.

Konsekuensi yang sobat dapatkan dengan memaksimalkan performa komputer terletak pada tampilan teks yang agak kasar namun sobat akan mendapatkan hasil dimana pergerakan lain menjadi lebih mulus karena beberapa efek dimatikan, sobat bisa melihat sendiri hasilnya nanti dengan mencobanya dan tenang saja sobat masih bisa mengembalikan pengaturan kembali seperti semula.

Baiklah untuk meningkatkan performa PC pada dasarnya menggunakan pengaturan yang sama baik itu pada Windows 7, 8, 8.1, bahkan Windows 10 sama sekali tidak ada perubahan. Silakan sobat ikuti sesuai versi sistem operasi yang sobat gunakan.

Windows 7

Pertama-tama silakan klik kanan pada Computer baik itu di dekstop maupun di Windows Explorer kemudian pilih Properties.

Memaksimalkan Performa PC pada Windows 7 s/d 10

Setelah itu pada menu dibagian kiri pilih Advanced system settings.

Memaksimalkan Performa PC pada Windows 7 s/d 10

Kemudian akan muncul jendela System Properties pada tab Advanced pada bagian Performance klik tombol Settings....

Memaksimalkan Performa PC pada Windows 7 s/d 10

Kemudian pada Performance Options pada tab Visual Effects pilih opsi Custom:, hilangkan semua centang kecuali Show thumbnails instead of icons. Opsi itu untuk menampilkan thumbnail gambar pada windows explorer.

Memaksimalkan Performa PC pada Windows 7 s/d 10

Windows 8/8.1

Untuk Windows 8 dan 8.1 caranya sama dengan cara pada Windows 7.

Windows 10

Untuk Windows 10 caranya sama dengan cara pada Windows 7.

Tambahan

Untuk sobat yang menggunakan prosesor Intel, sobat bisa mengatur performance PC sobat melalui pengaturan dari Intel Graphics & Media Control Panel di PC sobat. Caranya dengan cara klik kanan pada dekstop kemudian pilih Graphics Properties....

Intel Graphics & Media Control Panel

Selanjutnya atur performance PC sobat dari menu Power, mungkin untuk beberapa PC, tampilan menu Intel Graphics & Media Control Panel berbeda-beda, sobat bisa mencari pengaturannya sendiri.

Intel Graphics & Media Control Panel

Mungkin cukup sekian dari saya, semoga bisa bermanfaat, kalau ada yang ingin sobat tanyakan silakan sampaikan pada kotak komentar yang ada dibawah atau bisa juga melalui halaman contact blog ini. Terima kasih, assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh.
Disqus Comment
Parse Tool