Cara Mudah Mengetahui Ekstensi File di Windows

Cara Mudah Mengetahui Ekstensi File di Windows

Tentang Ekstensi File

Dalam posting kali ini saya akan membahas tentang bagaimana cara menampilkan atau menyembunyikan ekstensi file di Windows 7. Ekstensi mungkin sedikit terdengar asing di telinga beberapa orang, bahkan pengguna PC sekalipun.

Filename extension atau ekstensi nama file adalah penamaan terhadap jenis suatu file. Penamaan ini digunakan oleh mesin komputer untuk membedakan jenis suatu file dengan suatu file lainnya. Jadi dengan ekstensi pada file, sistem operasi (dalam hal ini Windows) bisa mengetahui apakah ini adalah file musik, file video, gambar, atau dokumen Word.

Selain itu ekstensi juga berfungsi untuk membedakan jenis aplikasi pembuka untuk file tersebut. Ekstensi pada file biasanya ditandai dengan beberapa huruf setelah nama file yang dipisahkan dengan tanda baca titik ".". Beberapa contoh ekstensi file yang mungkin sering ditemui adalah exe, mp3, mp4, docx, pptx, jpg, png, dan masih banyak lagi.

Pada sistem operasi Windows, secara default telah diatur untuk tidak menampilkan beberapa jenis ekstensi tertentu yang telah diketahui oleh Windows. Misalnya jika komputer/laptop kamu belum pernah diatur untuk menampilkan ekstensi file, maka setiap file ekstensi exe, msi, dan txt tidak akan muncul di belakang nama file. Hal itu dikarenakan file tersebut dikenali dengan baik oleh Windows dan terdapat kekhawatiran akan membingungkan bagi orang yang masih awam.

Secara pribadi, saya menyarankan agar menampilkan ekstensi file. Kenapa!? Hal ini bertujuan untuk memudahkan pengguna (kita) dalam mengenali sebuah file secara sekilas dengan lebih akurat. Sebab mungkin kebanyakan dari kita mengenali sebuah file dengan sekilas melalui gambar ikon file tersebut. Memang tidak salah, namun beberapa jenis file terkadang dimodifikasi oleh virus sehingga kita tertipu oleh ikon file tersebut.

Oleh karena itu berikut ini adalah cara menampilkan filename extension pada Windows 7, Windows 8, bahkan hingga Windows 10. Simak caranya di bawah ini:

Menampilkan Ekstensi di Windows 7

  1. Buka Windows Explorer atau File Explorer. Caranya klik Start, pilih Computer. Atau klik kanan ikon Start, pilih Open Windows Explorer. Atau tekan tombol Windows + E di keyboard. Tombol Windows merupakan tombol yang ada ikon Windows nya
  2. Setelah Windows Explorer terbuka, tekan tombol keyboard ALT + T + O. Lalu akan muncul jendela Folder Options. Jika tidak muncul tekan ALT satu kali lalu pilih Tools kemudian klik Folder options
  3. Cara Mudah Mengetahui Ekstensi File di Windows
  4. Pilih tab View
  5. Hilangkan ceklis pada Hide extensions for known file types
  6. Klik tombol Apply lalu klik tombol OK
  7. Cara Mudah Mengetahui Ekstensi File di Windows

Menampilkan Ekstensi di Windows 8, 8.1, dan Windows 10

Sedangkan pada Windows 8 dan yang lebih baru, untuk menampilkan ekstensi file sedikit lebih mudah. Pertama-tama buka File explorer, This PC, Computer, atau semacamnya. Setelah itu lihat pada tab View yang berada di bagian atas lalu centang pada bagian File name extensions.


Itulah beberapa cara mudah yang bisa kamu lakukan untuk menampilkan ekstensi file di Windows dan mengetahui sebuah file merupakan file apa dengan melihat dari ekstensinya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat, jika ada hal yang kurang jelas, maka jangan sungkan untuk memberikan komentar di bawah atau melalui halaman contact. Terima kasih dan sampai jumpa!

Related Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel