Wednesday, February 15, 2017

Laptop Menyala Langsung Ditutup, Gak Apa-Apa?

Laptop Menyala Langsung Ditutup, Gak Apa-Apa?

Apakah teman-teman pernah dengar “laptop kalau masih menyala jangan langsung ditutup, nanti rusak!”atau mungkin teman-teman yang biasa mengatakannya. Apakah laptop yang masih menyala memang tidak boleh langsung ditutup? Sebenarnya hal ini kadang dipertanyakan oleh sebagian besar orang yang punya laptop, sebagian yang sayang sama laptopnya akan menghindari menutup langsung laptop ketika belum di shut down atau belum di sleep, sebagian lain mah peduli amat, amat aja gak peduli. Ada yang menganggap menutup laptop secara langsung tidak baik ada juga yang menganggap tidak apa-apa, baiklah mari kita kembali ke jalan yang benar sebelum lebih banyak yang jadi sesat.

Actually menutup laptop ketika masih menyala tidak apa-apa, ini mungkin terdengar seperti opini tetapi saya akan memberikan buktinya nanti. Laptop tertutup saat masih menyala sebenarnya telah diantisipasi oleh om-om para pembuat laptop, bahkan telah diantisipasi oleh om-om para pembuat sistem operasi semacam Windows dan MAC yang umum digunakan, laptop tertutup saat masih menyala tidak hanya dapat terjadi akibat disengaja tetapi juga bisa terjadi tanpa disengaja, misalnya tiba-tiba ada si kampret (baca: teman) yang iseng menutup laptop kita, atau tiba-tiba harus pindah dari posisi menggunakan laptop (untuk orang yang sayang sama laptopnya mungkin akan terlihat membawa-bawa laptop yang tetap terbuka). Oleh karena itu dibuatlah sistem agar laptop dapat mengondisikan diri terhadap situasi tersebut, misal laptop anda tutup sekarang juga tanpa melakukan apapun sebelumnya.

Apa yang terjadi!? Secara default laptop anda tadi mungkin baru saja ter-sleep. Nah itulah kondisi default yang diatur ke laptop anda agar ketika tertutup langsung tertidur alias sleep. Bukti bahwa kondisi laptop tiba-tiba tertutup sudah di antisipasi adalah teman-teman dapat mengubah dari yang tadinya sleep ketika ditutup bisa jadi shut down ketika ditutup atau malah tidak sleep dan tidak shut down. Bila pada Windows 7 caranya seperti ini, klik Start – Control Panel – Hardware & Sound – Power Option – Choose what closing the lid does. Kemudian lihat pilihannya, teman-teman bisa mengatur apa saja yang terjadi saat laptop langsung tertutup.

Laptop Menyala Langsung Ditutup, Gak Apa-Apa?

Jadi apakah teman-teman masih berkeyakinan bahwa laptop yang ditutup saat masih menyala dapat menyebabkan kerusakan!? Kalau teman-teman menutupnya dengan cara dibanting itu mungkin akan menjadi saat terakhir laptop anda menyala, tetapi secara normal jika langsung ditutup (tanpa dibanting) itu tidak akan menyebabkan kerusakan yang teman-teman khawatirkan. Akan tetapi perlu teman-teman perhatikan bahwa saat teman-teman mengatur shut down saat laptop tertutup maka akan berbahaya untuk data teman-teman yang belum tersimpan, itu saja.

Tetapi perlu teman-teman perhatikan bahwa menutup laptop begitu saja (tanpa shutdown dan sleep) dan ditinggalkan dalam waktu lama dapat mengakibatkan laptop menjadi overheat (terlalu panas) jika menjalankan sebuah proses yang berat atau tidak mendapatkan ruang udara yang cukup. Jadi perhatikan dan pastikan bahwa anda tidak akan meninggalkan laptop dalam jangka waktu yang sangat lama sebelum disleep atau dihibernate.

Mungkin itu saj ayang dapat saya sampaikan tentang apakah berbahaya jika menutup laptop begitu saja tanpa sleep atau hibernate. Intinya anda langsung menutup laptop anda begitu saja dan anda dapat mengaturnya fungsi perintah apa yang dijalankan ketika laptop ditutup, apakah shutdown, sleep, hibernate, atau sama sekali tidak ada. Pastikan data anda aman sebelum ditinggalkan. Jika ada hal yang ingin anda sampaikan, silakan buat komentar anda pada kotak komentar yang ada di bagian bawah halaman ini, sistem komentar blog ini menggunakan layanan Disqus namun anda tetap dapat membuat komentar tanpa harus memiliki akun Disqus, silakan buat komentar sebagai tamu. Terima kasih dan sampai jumpa.

Next

Related