Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Suka dengan konten Maringngerrang.com?
Jika kamu merasa terbantu dengan konten di blog ini, silakan dukung kami melalui Saweria.co/maringngerrang. Dukungan berharga dari kalian semua-lah yang membuat blog ini bisa tetap hadir di hadapan kamu. Terima kasih!

Mengatur Textbox Hanya Input Huruf Kapital di Visual Basic 6.0

Mengatur Textbox Hanya Input Huruf Kapital di Visual Basic 6.0

Sebagai salah satu aplikasi yang bisa dibilang cukup legendari, Visual Basic 6.0 hingga saat ini masih digunakan oleh beberapa orang untuk membuat suatu program dengan tujuan dan fungsi tertentu. Berbagai alasan mengapa aplikasi ini masih digunakan sebagian orang adalah karena bahasa yang digunakan terkesan mudah dipahami bagi orang awam atau orang pemula.

Cara pengoperasiannya yang lebih mudah dimengerti oleh orang yang baru belajar membuat program aplikasi, selain karena user dapat membuat sendiri tampilan antarmuka yang mereka inginkan, aplikasi ini juga tergolong sangat ringan untuk digunakan pada PC dengan spesifikasi seperti kebanyakan saat ini dan memiliki fungsi yang cukup lengkap.

Oleh karena itu dalam posting kali ini akan kembali dibahas tentang Visual Basic 6.0, yaitu tentang bagaimana cara membuat textbox Visual Basic 6 yang hanya bisa di isi dengan huruf kapital, artinya ketika menuliskan huruf kecil maka akan langsung berubah menjadi huruf kapital secara otomatis.

Secara sekilas mungkin hal tersebut terkesan membingungkan dan agak aneh, tetapi dalam penerapannya terdapat beberapa kasus dimana sebuah aplikasi mengharuskan penggunanya memakai huruf kapital dalam memasukkan/meng-input sebuah teks. Hal tersebut bisa memudahkan pada proses pengolahan dan pengelompokan data baik untuk diolah oleh sistem maupun untuk disajikan kepada orang.

Baiklah langsung saja, pertama-tama buka Visual Basic 6.0, setelah itu buatlah sebuah textbox, kita beri nama Textbox1 setelah itu klik dua kali pada textbox tersebut kemudian pada dropbox yang bertuliskan Change ganti menjadi KeyPress lalu pastekan kode berikut.

Mengatur Textbox Hanya Input Huruf Kapital di Visual Basic 6.0

If KeyAscii >= 97 And KeyAscii <= 122 Then KeyAscii = KeyAscii - 32

Kode di atas memanfaatkan fungsi KeyAscii untuk mengetahui karakter input yang dimasukkan oleh pengguna. Jika kamu ingin mengetahui lebih lanjut tentang KeyAscii, kamu bisa membaca tulisan sebelumnya di blog ini tentang cara mengetahui semua KeyAscii di Visual Basic 6 dengan membuat dan menggunakan sebuah program KeyAscii Finder.

Lalu setelah kode di atas dimasukkan pada private sub untuk Textbox1 yang telah dibuat sebelumnya, maka secara keseluruhan kode yang digunakan akan terlihat seperti kode berikut ini.

Private Sub Text1_KeyPress(KeyAscii As Integer)
If KeyAscii >= 97 And KeyAscii <= 122 Then KeyAscii = KeyAscii - 32
End Sub

Setelah itu coba jalankan program tersebut dan coba tuliskan suatu teks pada textbox yang telah dibuat sebelumnya lalu lihat hasilnya, sobat tidak akan bisa mengetikkan huruf kecil pada textbox tersebut.

Itulah langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk membuat atau mengatur agar sebuah textbox pada Visual Basic hanya dapat menginput huruf kapital. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat untuk kamu dan bisa memberikan wawasan baru, apabila ada hal-hal yang kurang jelas dan perlu ditanyakan, silakan sampaikan pada kolom komentar di bawah atau melalui halaman contact. Terima kasih dan sampai jumpa!

Posting Komentar untuk "Mengatur Textbox Hanya Input Huruf Kapital di Visual Basic 6.0"

Dapatkan Info Terbaru!