Membuat Halaman Statis Script Converter di Blogger

Membuat Halaman Statis Script Converter di Blogger

Halo kawan! Script atau lebih khususnya Javascript adalah kode yang paling sering digunakan bagi pengguna Blogger. Kenapa!? Karena kode Javascript atau JS mampu melengkapi fungsi dinamis pada sebuah halaman web, khususnya halaman blog. Selain itu penggunaan kode iklan di Google Adsense juga memanfaatkan Javascript untuk menampilkan iklan yang sesuai pada halaman web.

Namun meskipun demikian, bagi pengguna Blogger yang merupakan publisher Adsense, tentu sudah tau bahwa kode iklan Google Adsense tidak bisa langsung dipasang jika melalui menu Edit HTML. Karena kode iklan tersebut akan dianggap error oleh blogger.

Solusinya adalah dengan menggunakan entitas karakter. Yaitu mengubah karakter khusus yang digunakan dalam HTML menjadi kode lain yang tidak diterjemahkan langsung. Untuk lebih jelasnya kamu bisa lihat di Mengenal Character Entities Pada HTML.

Cara untuk membuat entitas karakter HTML lebih mudah dan cepat yaitu dengan menggunakan skrip konverter. Tools ini menggunakan kode Javascript dan mengkonversi setiap karakter tertentu menjadi entitas karakter dan dapat langsung di copy. Contohnya adalah halaman ini.

Halaman tersebut mampu mengkonversi semua jenis kode menjadi entitas karakter. Tahukan kamu!? Jika kamu berminat membuat halaman serupa di blog kamu caranya sangat mudah. Ikuti langkah-langkah berikut ini:
  1. Buka Blogger
  2. Buka bagian Laman, klik tombol Halaman Baru
  3. Ganti mode penulisan dari Compose menjadi HTML
  4. Membuat Halaman Statis Script Converter di Blogger
  5. Lalu tempelkan kode berikut:
  6. <div id="script-converter">
    <script src="https://code.maringngerrang.com/script-converter.js"></script>
    <textarea id='codes' placeholder='Tulis/paste kode di sini lalu klik "Konversi"' spellcheck='false'></textarea>
    <div class='button-group'><button id='cvrt' onclick='cdConvert();this.disabled = true;'>Konversi</button><button onclick='cdClear();'>Bersihkan</button></div>
    <ul id='wrapin'>
    <li><label><input checked='true' id='opt1' type='checkbox' />Konversi <code>&amp;</code> menjadi <code>&amp;amp;</code></label></li>
    <li><label><input id='opt2' type='checkbox' />Konversi <code>'</code> menjadi <code>&amp;#039;</code></label></li>
    <li><label><input id='opt3' type='checkbox' />Konversi <code>"</code> menjadi <code>&amp;quot;</code></label></li>
    <li><label><input checked='true' id='opt4' type='checkbox' />Konversi <code>&lt;</code> menjadi <code>&amp;lt;</code></label></li>
    <li><label><input checked='true' id='opt5' type='checkbox' />Konversi <code>&gt;</code> menjadi <code>&amp;gt;</code></label></li>
    </ul>
    </div>
  7. Klik tombol Publikasikan dan lihat hasilnya di halaman blog kamu

Itulah beberapa langkah yang bisa kamu gunakan untuk memasang tools script converter di Blogger. Jika ada hal yang kurang jelas, jangan sungkan sampaikan komentar terbaik kamu di bawah, baik berupa pertanyaan maupun pernyataan. Terima kasih dan sampai jumpa!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel