Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Sign Out (Logout) Akun Google di Perangkat Lain

Cara Sign Out Akun Google di Perangkat Lain

Bagi pengguna internet mungkin hampir semuanya kenal dengan Google dan bahkan punya akun di dalamnya. Google menyediakan begitu banyak tools dan aplikasi di dalamnya yang sangat bermanfaat untuk menyelesaikan berbagai jenis pekerjaan. Selain itu, akun Google juga banyak digunakan oleh orang-orang sebagai salah satu penyedia layanan email secara gratis, atau yang lebih dikenal dengan Gmail.

Gmail merupakan layanan email yang menjadi kontrol utama terhadap segala jenis aktivitas yang dilakukan terhadap akun Google tersebut, jadi bisa dibilang kerahasiaan dan keamanan akun Gmail merupakan hal yang sangat penting.

Terkadang dalam berbagai kondisi, kita seringkali menggunakan satu akun Google pada perangkat yang berbeda-beda untuk memudahkan pekerjaan kita. Tidak jarang hal tersebut mengakibatkan kita merasa khawatir terhadap keamanan akun tersebut, misalnya jika ada orang lain yang mengakses perangkat di mana akun kita login atau semisal ada perangkat tidak dikenal tiba-tiba login atau masuk menggunakan akun kita.

Oleh karena itu, sebagai salah satu cara mengamankan akun Google, kita bisa memeriksa di perangkat mana saja akun Gmail kita sedang login atau pernah login. Salah satu fitur keamanan telah disediakan oleh Google untuk menampilkan informasi login akun kita termasuk memberikan pilihan untuk logout atau mengeluarkan akun tersebut dari suatu perangkat. Jadi kita bisa logout dari suatu perangkat tanpa harus mengakses perangkat tersebut.

Dalam posting kali ini saya akan membahas tentang cara mengamankan akun Google yang login pada perangkat lain. Jadi misalnya saya akan sign out akun Google saya yang login pada komputer lain yang pernah saya gunakan namun lupa untuk mengeluarkannya.

Cara Logout Akun Google di Perangkat Lain

Untuk bisa mengeluarkan akun Google kamu yang login di perangkat lain, tentunya kamu harus punya akses terhadap akun tersebut. Untuk lebih lengkapnya silakan ikuti langkah-langkah berikut ini.
  1. Pertama-tama silakan buka Google Account Activity dan login menggunakan akun Google kamu yang ingin dikeluarkan dari perangkat lain.
  2. Cara Sign Out Akun Google di Perangkat Lain
  3. Setelah itu, silakan pilih perangkat yang ingin kamu logout dengan cara menu pilihan (tombol titik tiga) yang ada pada daftar perangkat yang login kemudian pilih Logout.
  4. Cara Sign Out Akun Google di Perangkat Lain

Melihat Aplikasi Terhubung

Selain langkah-langkah di atas atau mengeluarkan akun Google yang login di perangkat lain, kamu juga bisa melihat aplikasi apa saja yang terhubung dengan akun Google kamu serta menghapus aplikasi tersebut dari akun kamu. Silakan buka Google Account Permissions.

Setelah itu silakan temukan aplikasi atau situs pihak ketiga yang didukung yang pernah kamu gunakan dan mungkin sudah tidak kamu gunakan lagi, silakan hapus aplikasi atau akun situs pihak ketiga tersebut untuk meningkatkan keamanan akun Google yang kamu gunakan dari spam atau semacamnya.

Penutup

Itulah langkah-langkah yang bisa kamu gunakan untuk mengeluarkan akun Google kamu yang login pada perangkat lain tanpa perlu mengakses perangkat lain tersebut. Semoga pembahasan dalam artikel ini bisa bermanfaat untuk kamu, jika ada hal yang kurang jelas, silakan tanyakan melalui kolom komentar di bawah atau melalui halaman contact blog ini. Terima kasih dan sampai jumpa!

Posting Komentar untuk "Cara Sign Out (Logout) Akun Google di Perangkat Lain"

Dapatkan Info Terbaru!