Cara Memindahkan Lokasi Folder Documents di Windows

Cara Memindahkan Lokasi Folder Documents di Windows

Tentang Folder Documents

Kata My Documents atau Documents sudah tidak asing lagi di telinga sebagian besar pengguna Windows. Merupakan sebuah bagian dari Library yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan dokumen, data, presentasi, maupun dokumen lain yang bersifat pribadi.

Dalam sistem operasi Windows telah ditentukan sebuah direktori khusus tempat menyimpan dokumen yang dibuat user. Secara default lokasinya adalah C:\Users\[User]\Documents, namun terdapat sebuah kekurangan dari sistem tersebut, yaitu ketika sistem operasi komputer telah di install ulang, maka semua data yang berada pada direktori sistem (direktori Windows pada umumnya di partisi C:\) biasanya akan hilang, termasuk dokumen user.

Cara Memindahkan Folder Documents di Windows

Melakukan backup setiap kali telah membuat dokumen baru merupakan pekerjaan tambahan yang lumayan merepotkan. Namun solusi yang paling tepat adalah memindahkan direktori Documents tersebut ke partisi lain. Jadi ketika kamu menyimpan data pada Documents maka akan secara otomatis tersimpan di partisi yang lain. Ikuti langkah-langkah berikut ini:
  1. Computer, kemudian klik Libraries
  2. Cara Memindahkan Lokasi My Documents di Windows 7
  3. Klik kanan pada Documents dan pilih Properties
  4. Cara Memindahkan Lokasi My Documents di Windows 7
  5. Setelah itu akan muncul jendela Documents Properties. Klik Include a folder. Akan muncul Windows explorer, dan pilih lokasi yang ingin dijadikan direktori Documents kamu, sebaiknya buat folder khusus
  6. Cara Memindahkan Lokasi My Documents di Windows 7
  7. Setelah memilih tempat yang pas untuk menyimpan dokumen, selanjutnya mengatur agar direktori tersebut menjadi tempat penyimpanan utama. Klik direktori yang telah ditentukan tadi, klik Set save location. Opsional, Remove direktori default Windows jika kamu sama sekali tidak ingin menyimpan dokumen pada direktori tersebut
  8. Cara Memindahkan Lokasi My Documents di Windows 7
  9. Klik tombol Apply kemudian klik tombol OK

Buka Documents dan lihat lokasinya, sekarang telah berubah. Kamu bebas menyimpan tanpa perlu takut jika suatu saat komputer kamu rusak dan harus di install ulang, dokumen tersebut tidak akan hilang selama kamu tidak mem-format partisi tempat kamu menyimpan folder dokumen tersebut.

Cara Memindahkan Lokasi My Documents di Windows 7

Penutup

Itulah langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk memindahkan dan mengatur lokasi folder Documents agar tidak terletak di partisi C:/. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kamu, jika ada hal-hal yang kurang jelas, maka jangan sungkan untuk menyampaikannya pada komentar di bawah atau melalui halaman contact blog ini. Terima kasih dan sampai jumpa!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel