Arti/Makna Logo Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan

Arti/Makna Logo Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan

Tentang Logo

Logo merupakan suatu hal yang sangat penting dan menjadi sebuah identitas dasar bagi di mana logo tersebut melekat. Tidak terkecuali bagi sebuah wilayah, logo merupakan salah satu unsur dalam administrasi dan menjadi krusial keberadaannya.

Selain menjadi identitas, bagi sebuah wilayah logo juga merupakan gambaran umum dan paling mendasar yang mencerminkan keadaan dan ciri khas wilayah tersebut. Oleh karena itu jika diperhatikan dengan seksama setiap logo wilayah di Indonesia selalu menggambarkan ciri utama dari daerah tersebut.

Tentang Kabupaten Pinrang

Kabupaten Pinrang merupakan salah satu kabupaten yang ada di provinsi Sulawesi Selatan. Kabupaten Pinrang berjarak hampir 200 km dari pusat ibukota provinsi Sulawesi Selatan yaitu Kota Makassar.

Kabupaten Pinrang berbatasan langsung dengan provinsi Sulawesi Barat di sebelah utaranya, tepatnya Kabupaten Polewali Mandar. Selain itu juga berbatasan dengan Kabupaten Sidenreng Rappang (Sidrap), Enrekang, Toraja, dan Kota Parepare, serta Selat Makassar di sebelah baratnya.

Kabupaten Pinrang terdiri dari 12 kecamatan dengan 68 desa dan 36 kelurahan yang terbagi dalam 86 lingkungan dan 189 dusun. Menurut data BPS tahun 2018, Luas Kabupaten Pinrang adalah sekitar 1961,77 kilometer persegi.

Tentang Logo Kabupaten Pinrang

Logo Kabupaten Pinrang terdiri dari delapan bagian yang menggambarkan unsur-unsur historis, sosiologis, ekonomis. Patriotik dan kultural yang keseluruhannya merupakan bagian mutlak yang tidak terpisahkan dari Negara Kesatuan Republik Indonesia.

  1. Bintang Segi Lima : melambangkan Pancasila dan juga cita-cita luhur rakyat Kabupaten Pinrang untuk mencapai kebahagiaan hidup berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa.
  2. Buah Padi berjumlah 19 butir dan buah jagung berjumlah 7 buah, yang letaknya melingkar, melambangkan hasil utama Kabupaten Pinrang sekaligus melambangkan keadilan sosial. Angka 19 dan 7, juga mengingatkan bahwa kerika Kabupaten Pinrang terbentuk lewat UU No. 29 Tahun 1959, terdiri dari 19 distrik yang kemudian dilebur menjadi 7 Kecamatan Administratif. Angka 19 juga menunjukkan hari lahir Kabupaten Pinrang yang jatuh setiap tahunnya pada tanggal 19 Februari.
  3. Bendungan beserta tiang-tiang listriknya, melukiskan Kabupaten Pinrang yang memiliki Bendungan Saddang dan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA). Dahulu tenaga listrik hanya Pusat Tenaga Listrik Teppo namun sekarang bertambah dengan beroperasinya PLTA Bakaru.
  4. Rantai Permata empat, selain menggambarkan persatuan juga melukiskan bahwa Kabupaten Pinrang sebelum menjadi daerah otonom, terdiri dari empat Swapraja, Swapraja Sawitto, Swapraja Batulappa, Swapraja Kassa dan Swapraja Suppa.

Download Logo Kabupaten Pinrang

Berikut ini link download untuk logo Kabupaten Pinrang dalam ekstensi (PNG) dengan latar belakang transparan. Download logo Kabupaten Pinrang transparan:


Itulah beberapa hal yang menggambarkan tentang arti dan makna dari logo Kabupaten Pinrang. Semoga artikel ini bisa bermanfaat. Jika terdapat hal-hal yang kurang jelas maka jangan sungkan untuk disampaikan pada komentar di bawah atau melalui halaman contact blog ini. Terima kasih dan sampai jumpa!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel