Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Arti Logo SMA Negeri 1 Pinrang (SMANSA PINRANG)

Arti Logo SMA Negeri 1 Pinrang (SMANSA PINRANG)

SMA Negeri 1 Pirnang

Hai kamu, iyaa kamu, jangan lupa bahagia.

Siapapun kamu yang mampir dalam tulisan ini, mungkin kamu ada hubungannya dengan Smansa Pinrang, entah alumni, guru, siswa, atau mungkin penunggunya. Perkenalkan dulu saya Hadi, seorang alumni SMA Negeri 1 Pinrang yang sudah lulus 6 tahun lalu sejak tulisan ini dibuat dan diperbaharui (2020).

Tahukah kamu bahwa dulu SMA 1 Pinrang merupakan satu-satunya Rintisan Sekolah Berstandar Internasional yang ada di kabupaten Pinrang!? Iya itu dulu, when RSBI was still there. Salah satu alasan mengapa dulu ketika lulus SMP saya memilih sekolah di sana.

RSBI itu apa? Saya juga tidak tahu pasti, karena tidak berselang lama setelah saya diterima, program RSBI tersebut kemudian lenyap, seperti si-dia yang tiba-tiba lenyap ketika sudah nyaman.

Oke, kembali ke topik utama yang akan dibahas dalam tulisan ini, yaitu tentang Logo SMA Negeri 1 Pinrang. Jadi sekitar tahun 2011-2012, desain grafis belum sepopuler sekarang dan belum banyak orang yang ahli dalam hal itu, khususnya di kabupaten Pinrang. Banyak sih yang ahli, tapi tidak banyak yang act. Hal itulah yang menjadi salah satu alasan kenapa membuat re-design sesuatu yang bisa digunakan oleh orang banyak, logo sekolah saya.

Berawal Dari Tugas TIK

Terakhir saya berkunjung ke Smansa Pinrang, ada dua hal yang membuat saya takjub. Pertama, tanah lapang yang dulunya selalu jadi "lahan kerja" kami ketika masa orientasi sekarang sudah tertutupi semen, nyaris tidak ada tanah lagi. Maksudnya lahan kerja itu adalah tempat di mana kakak kelas menyuruh kami untuk memotong rumput, sekarang sudah tidak ada lagi rumput yang perlu dipotong.

Itu hal pertama, sedangkan yang kedua adalah, ternyata salah satu karya saya masih terabadikan dengan sendirinya. Yaa sebenarnya bukan sepenuhnya karya saya, hanya saja hasil tangan saya terpasang hampir di setiap sudut SMA Negeri 1 Pinrang, yaitu logo.

Jadi ketika berada di semester kedua saat kelas X, salah satu tugas dari guru TIK waktu itu (saya lupa namanya, maafkan ka' buk) adalah membuat desain vector menggunakan CorelDRAW. Setelah proses pencarian ide yang cukup panjang, entah kenapa saya terpikir untuk membuat desain logo sekolah. Awalnya logo Smansa Pinrang yang selalu digunakan adalah seperti ini:

Arti Logo SMA Negeri 1 Pinrang (SMANSA PINRANG)

Sebenarnya logo di atas jauh lebih baik resolusi dan kualitas gambarnya dari yang sering digunakan dulu, lebih kecil lagi ukurannya dan lebih buram.

Itu adalah resolusi terbaik yang bisa saya temukan setelah pencarian panjang. Yang menjadi kekurangan ketika menggunakan logo resolusi kecil adalah ketika dicetak dalam ukuran yang lebih besar, terkadang gambar logo Smansa Pinrang tersebut jadi terlihat pecah dan buram, misalnya dicetak spanduk, banner, atau semacamnya. Jadilah saya membuat ulang desainnya.

Arti Logo SMA Negeri 1 Pinrang (SMANSA PINRANG)

Kok Beda?

Bagi kamu yang jeli matanya pasti bisa melihat perbedaan dari kedua logo tersebut. Alasan kenapa bisa beda juga melalui proses yang tidak singkat. Awalnya saat akan mulai membuat desain, logo Smansa Pinrang yang tersedia resolusinya lebih rendah lagi dari yang di atas.

Akhirnya saya memutuskan untuk menghubungi senior-senior terdahulu yang mungkin tahu siapa pembuat awal desain logo Smansa, (ternyata susah cari kontaknya), untuk menanyakan font apa saja yang digunakan dalam logo SMA Negeri 1 Pinrang. Tetapi sayangnya si-senior itu enggah memberitahu dengan alasan takutnya disalahgunakan (padahal niat saya baik kak, bukan mau ngegombal wkwk). Jadilah logonya saya buat seperti itu karena tidak ketemu font yang sesuai. Belakangan saya baru tahu kalau ada tools untuk melacak font, dafuq.

Arti Logo SMA Negeri 1 Pinrang

SMA Negeri 1 Pinrang atau yang seringkali disebut SMANSA Pinrang adalah sekolah tempat saya pernah menuntut ilmu, menjalani 3 tahun yang menyenangkan di sekolah yang beralamat di Jl. Jend. Urip Sumohardjo No. 2, Pinrang, Sulawesi Selatan. Sekolah menengah atas yang berdiri tahun 1963 ini memiliki beberapa bagian pada logonya dengan makna sebagai berikut:

  1. Globe dan RSBI : Merupakan simbol bahwa Pendidikan di SMAN 1 Pinrang telah bertaraf Internasional.
  2. Bendungan beserta tiang-tiang listriknya : Melukiskan Kabupaten Pinrang yang memiliki Bendungan Saddang dan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA).
  3. Segi Lima : Menandakan bahwa lembaga pendidikan SMA Negeri 1 Pinrang berdasarkan pada pancasila dan UUD 1945.
  4. Buku : Mencerminkan kegiatan dunia Pendidikan.
  5. Bintang : Melambangkan keunggulan juga melambangkan Iman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  6. 12 kapas : Menggambarkan bahwa kabupaten Pinrang terdiri dari 12 kecamatan.
  7. Padi : Melambangkan sandang kabupaten Pinrang.
  8. Lingkaran : Satu keterikatan tujuan.
  9. Sawah dan gunung : Merupakan simbol letak geografis SMA Negeri 1 Pinrang.
  10. Pena : Melambangkan bahwa SMA Negeri 1 Pinrang kreatif.
  11. Warna merah : Melambangkan keberanian dan semangat dalam belajar.
  12. Warna biru : Melambangkan keaggunan (elegan) dan kewibawaan.
  13. Warna putih : Melambangkan kebersihan dan kesucian hati
  14. Warna hitam : Merupakan warna abadi yang melambangkan kekuatan. Berkesan cerdas dan misterius.
  15. Warna kuning. : Melambangkan cahaya dan kebahagiaan yang menggambarkan kejayaan dan keluhuran budi.
  16. Warna abu-abu : Melambangkan dewasa, pintar, dan santun. Juga melambangkan sekolah yang menengah atas.
  17. Warna orange : Memiliki arti percaya dan mampu mengatasi situasi yang ada.

Penutup

Itulah makna yang terkandung dalam logo Smansa pinrang dan beberapa kisah singkat yang mungkin belum pernah diketahui sebelumnya tentang logo yang sering digunakan di sekolah tersebut saat ini. Tetapi kenapa saya bisa yakin kalau logo yang digunakan di SMANSA Pinrang saat ini adalah logo yang saya buat!? Ya itu karena saya yang membuatnya, ada lekuk tertentu yang tidak pernah berubah dalam logo itu, jadi saya yakin ini buatan saya. Wkwk

Saat ini saya mengerti kenapa kakak kelas dulu menolak untuk memberikan file gambar logo SMA Negeri 1 Pinrang yang pertama, karena selain bisa disalahgunakan, itu juga bisa mematikan semangat dan kreativitas. Mungkin jika dulu saya minta filenya langsung, kondisinya tidak seperti sekarang, mungkin saya tidak menjadi desainer addict.

Teruntuk anak-anak smansa jaman now, terima kasih sudah mampir di tulisan ini, entah di mana kalian menemukan blog ini tapi ketahuilah bahwa sekolah itu banyak mengubah hidup saya. SEMANGATLAH MENCARI PENGALAMAN SEBANYAK-BANYAKNYA, karena MASA DAN KENANGAN SMA TIDAK AKAN BISA DIULANG. Jangan kerjanya cuma pacaran, carilah ilmu sebanyak-banyaknya. Je t'aime.

Posting Komentar untuk "Arti Logo SMA Negeri 1 Pinrang (SMANSA PINRANG)"

Dapatkan Info Terbaru!