Cara Menggunakan Spell Check Bahasa Indonesia di Microsoft Word

Cara Menggunakan Spell Checking Bahasa Indonesia di Microsoft Word

Apa itu Spell Check?

Spell Check atau yang biasa disebut spelling check/spell checking merupakan fitur pada sebuah program yang berfungsi untuk mendeteksi kesalahan ejaan dalam penulisan kata.

Fitur tersebut biasanya dijumpai pada aplikasi pengolah kata dan aplikasi yang memperhatikan kesalahan penulisan di dalamnya termasuk aplikasi desain grafis. Saat ini sudah banyak aplikasi yang menyematkan fitur tersebut di dalamnya dengan berbagai kelengkapan bahasa, salah satunya bahasa Indonesia.

Fitur ini bisa dibilang cukup penting untuk menghindari kesalahan ejaan dalam penulisan, sehingga jika terdapat kata-kata yang salah tulis bisa dengan mudah diketahui. Spell check biasanya bekerja dengan menkamui teks per kata yang tidak terdapat dalam "kamus". Kamus tersebut biasanya dibuat dalam bentuk daftar panjang yang bersumber dari kamus besar.

Jadi bagi seorang penulis, desainer grafis, khususnya yang berhubungan dengan tipografi dan penulisan, fitur ini bisa dibilang salah satu yang wajib ada. Yang paling umum mungkin adalah Microsoft Word, aplikasi pengolah kata yang biasanya mengandung banyak paragraf panjang. Oleh karena itu dalam posting kali ini akan dibahas mengenai cara menggunakan spell checking berbahasa Indonesia pada Microsoft Word.

Menggunakan spell check Bahasa Indonesia di Word

Cara Menggunakan Spell Checking Bahasa Indonesia di Microsoft Word

Sebuah garis merah di bawah kata merupakan tkamu bahwa kata tersebut kurang sesuai atau tidak benar. Hal ini dapat mempermudah kamu dalam menyeleksi bagian-bagian mana saja yang perlu dilakukan perbaikan sehingga sangat membantu dalam pembuatan laporan, skripsi, makalah, artikel, dll. Baiklah langsung saja tentang cara pemasangannya, ikuti langkah-langkah berikut ini:
  1. Pertama-tama download spelling checker untuk Microsoft Office pada link berikut ini
  2. Setelah itu download dan lakukan instalasi seperti biasa sesuai dengan jenis prosesor PC kamu. Pilih id-x86 untuk 32-bit dan id-x64 untuk 64-bit. Kurang mengerti? Baca tentang prosesor 32-bit dan 64-bit disini
  3. Setelah itu buka pada pemilihan bahasa pada Office Word kamu, ganti English (United States) menjadi Indonesia, lalu klik Set As Default lalu klik OK
  4. Cara Menggunakan Spell Checking Bahasa Indonesia di Microsoft Word
  5. Setelah itu kamu sudah dapat menggunakan spell check untuk bahasa Indonesia sehingga dapat sangat membantu bagi kamu

Hasilnya

Cara Menggunakan Spell Checking Bahasa Indonesia di Microsoft Word

Dapat kamu perhatikan bahwa pada gambar di atas hampir seluruh kata memiliki garis bawah berwarna merah yang menkamukan bahwa kata yang digarisbawahi merupakan kata yang kurang tepat, namun ketika kamu mengganti bahasa yang digunakan menjadi bahasa Indonesia maka kata yang digarisbawahi hanyalah kata yang menurut program adalah kata yang perlu di perbaiki.

Cara Menggunakan Spell Checking Bahasa Indonesia di Microsoft Word

Itulah beberapa langkah yang bisa kamu gunakan untuk memasang dan menggunakan spell checking Bahasa Indonesia di Microsoft Word. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kamu. Jika terdapat hal yang kurang jelas, maka jangan sungkan untuk menyampaikannya pada komentar di bawah atau melalui halaman contact blog ini. Terima kasih dan sampai jumpa!

Related Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel