Cara Menyimpan Save Game PS3 di Flashdisk

Cara Menyimpan Save Game PS3 di Flashdisk

PS3 saat ini telah menjadi konsol game yang cukup digemari, khususnya kalangan dewasa. Wajar saja, karena kualitas grafis dan varian permainan yang ditawarkan sangat beragam serta sudah sangat canggih dan realistik. Karena itu perkembangan konsol game yang satu ini bisa dibilang sudah sangat pesat di Indonesia.

Untuk bisa main game PS3, saat ini sudah tidak terlalu sulit, yang sulit justru untuk memainkan game PS2. Sekarang sudah banyak tersedia layanan yang menyediakan rental dan sewa Playstation 3 bahkan Playstation 4.

Nah dalam posting kali ini saya akan membahas tentang Playstation 3 atau yang biasa disebut PS3. Untuk kamu yang sering main PS3 baik itu sewa atau rental mungkin pernah berpikir bagaimana cara supaya savegame PS3 bisa dimainkan di PS3 yang lain. Supaya kalau main bisa melanjutkan perkembangan dari game sebelumnya.

Berbeda dengan PS2 yang memang memiliki memory card khusus agar bisa melanjutkan permainan di PS2 yang lain, namun untuk PS3 tidak ada memory card khusus tetapi kamu bisa menggunakan USB Drive atau yang lebih dikenal sebagai Flashdisk. Lebih tepatnya kita menyalin file savegame yang tersimpan di hardisk PS3 ke USB Drive kita. Berikut caranya.

Cara copy savegame dari PS3 ke USB

Untuk menyalin/copy save game dari PS3 ke flashdisk, kamu bisa menggunakan langkah-langkah berikut ini:
  1. Masukkan Flashdisk kamu ke slot USB PS3 yang berada di bagian depan
  2. Cara Menyimpan Save Game PS3 di Flashdisk
  3. Setelah itu dari menu di PS3 masuk ke Game > Saved Data Utility (PS3TM)
  4. Cara Menyimpan Save Game PS3 di Flashdisk
  5. Kemudian pilih savegame mana yang ingin kamu salin, tekan tombol Segitiga lalu pilih Copy. Akan muncul pilihan untuk menyalin ke USB jika flashdisk kamu terbaca dengan baik. (Jika tidak muncul pilihan untuk menyalin ke USB pindahkan flashdisk kamu ke slot yang satunya atau gunakan flashdisk yang lain)
  6. Jika muncul peringatan bahwa sudah terdapat savegame yang sama di USB Drive pilih Yes untuk overwrite (mengganti savegame yang lama dengan savegame yang baru)
  7. Setelah proses copy selesai silakan cabut flashdisk kamu

Cara Copy savegame dari USB ke PS3

Untuk memainkan savegame dari PS3 satu ke PS3 yang lain perlu kamu ketahui bahwa savegame tidak boleh dimainkan oleh User ID yang lain artinya akun yang berbeda tidak boleh memainkan savegame yang sama, oleh karena itu kamu perlu untuk mengganti User ID yang terdapat pada savegame kamu (User ID dari PS3 yang di copy savegame nya) dengan User ID yang akan kamu tempati bermain. Silakan baca di sini.

Untuk menyalin savegame dari USB ke PS3 (dalam hal ini PS3 yang berbeda dari yang di atas), maka tentunya kamu memerlukan savegame yang telah tersimpan di flashdisk kamu. Kemudian ikuti langkah-langkah berikut ini:
  1. Masukkan flashdisk kamu ke slot USB yang ada dibagian depan PS3
  2. Dari menu di PS3 masuk ke Game > Saved Data Utility (PS3TM)
  3. Pilih lalu buka USB Drive yang muncul jika flashdisk kamu terbaca dengan baik. Jika tidak muncul pilihan untuk menyalin ke USB pindahkan ke slot yang satunya atau gunakan flashdisk yang lain
  4. Cara Menyimpan Save Game PS3 di Flashdisk
  5. Pilih savegame yang mana yang ingin kamu salin, tekan Segitiga lalu pilih Copy. Jika muncul peringatan bahwa sudah terdapat savegame yang sama di PS3 pilih Yes untuk overwrite (mengganti savegame yang lama dengan savegame yang baru)
  6. Tunggu hingga proses menyalin selesai kemudian cabut flashdisk kamu

Tentang Savegame PS3

Save game pada PS3 tidak dapat langsung dimainkan pada PS3 yang berbeda, oleh karena itu untuk bisa melanjutkan savegame kamu pada PS3 yang berbeda kamu harus resign savegame tersebut, baca tutorialnya di sini.

Proses resign savegame PS3 tersebut menggunakan aplikasi yang disebut PS3 Save Resigner yang terlebih dahulu perlu diinstall pada laptop/komputer. Untuk menginstall PS3 Save Resigner bata tutorialnya di sini.

Itulah langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk menyalin savegame PS3 ke flashdisk ataupun menyalin save game dari flashdisk ke PS3. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kamu, jika ada hal-hal yang kurang jelas, maka jangan sungkan untuk menyampaikannya melalui komentar di bawah atau melalui halaman contact blog ini. Terima kasih dan sampai jumpa!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel