Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Suka dengan konten Maringngerrang.com?
Jika kamu merasa terbantu dengan konten di blog ini, silakan dukung kami melalui Saweria.co/maringngerrang. Dukungan berharga dari kalian semua-lah yang membuat blog ini bisa tetap hadir di hadapan kamu. Terima kasih!

Cara Menyimpan Save Game PS3 di Flashdisk

Cara Menyimpan Save Game PS3 di Flashdisk

Playstation 3, merupakan game console dari Sony yang menjadi awal bagi tampilan grafis yang jauh lebih realistis dalam dunia game. Konsol ini merupakan generasi ke 3 penerus dari PS2. Bisa dibilang konsol Sony adalah yang paling laku di pasaran Indonesia termasuk dunia jadi tidak jarang banyak diantara generasi 90an yang tidak asing dengan berbagai game dari PS1 dan PS2.

PS3 juga merupakan versi pertama dari konsol game Sony yang mendukung koneksi internet sehingga memungkinkan permainan berlangsung secara online atau yang sering juga disebut Game Online. Selain karena online, grafis yang dihadirkan cukup realistis, PS3 juga memiliki kelebihan karena didukung oleh berbagai developer game seperti Uncharted, God of War, Final Fantasy, bahkan Microsoft juga memiliki developer khusus PS3.

Sejak rilis pertama kali pada tahun 2006 sudah banyak jenis game yang lahir dan berkembang dari konsol game ini dengan tampilan grafis yang memukau. Meskipun saat ini PlayStation 3 sudah sudah tidak diproduksi lagi oleh Sony namun konsol ini telah mencapai karir yang sangat cemerlang dalam menghibur para penikmat game selama lebih dari satu dekade dan tetap menjadi idola bagi sebagian besar gamer.

Salah Satu Perbedaan

Cara Menyimpan Save Game PS3 di Flashdisk

Salah satu perbedaan utama yang dimiliki oleh PS3 dibandingkan dengan pendahulunya yaitu PS1 dan PS2 terletak pada media penyimpanan untuk save game. Jika dulu kita mengenal memory card khusus untuk menyimpan save game dari PS1 dan PS2 yang umumnya berbentuk kotak. Namun pada PS3 jauh lebih universal untuk media penyimpanan tersebut tidak ada lagi memory card.

USB Drive atau yang kita kenal flashdisk merupakan salah satu media penyimpanan yang disediakan untuk menyimpan save game di PS3. Selain itu sebenarnya save game di PS3 juga bisa disimpan secara online namun save game tersebut akan tersimpan di sever dari pengembang game. Oleh karena itu berikut ini cara menyimpan save game dari PS3 ke USB Drive atau dari USB Drive ke PS3.

Cara copy savegame dari PS3 ke USB

Beberapa langkah atau jenis menu yang ditampilkan pada langkah-langkah berikut mungkin berbeda dengan versi yang kamu gunakan, namun secara umum langkah yang diperlukan sama saja. Terlebih dahulu masukkan USB Drive atau flashdisk kamu ke slot USB yang terdapat pada body PS3.

Cara Menyimpan Save Game PS3 di Flashdisk

Setelah itu kamu perlu memilih save game mana yang akan kamu salin ke flashdisk. Pada menu di PS3 pilih Game > Saved Data Utility (PS3TM).

Cara Menyimpan Save Game PS3 di Flashdisk

Pada Save Data Utility kamu akan melihat daftar save game apa saja yang kamu miliki yang tersimpan pada PS3 yang kamu gunakan. Pilih save game yang ingin disalin kemudian tekan tombol segitiga lalu pilih Copy untuk menyalin save game tersebut.

Selanjutnya akan muncul pilihan tujuan dimana save game akan disalin. Jika flashdisk kamu tidak terbaca atau tidak muncul, ada beberapa langkah teknis yang bisa kamu coba. Pertama, perbaiki posisi flashdisk dengan cabut dan pasang ulang. Kedua, pindahkan ke slot USB lain yang ada di body PS3 jika tersedia. Ketiga, langkah terakhir jika flashdisk tetap tidak terbaca adalah coba gunakan flashdisk yang lain.

Jika save game yang sama sudah ada di dalam flashdisk yang kamu gunakan, maka akan muncul peringatan untuk overwrite atau tidak. Kalau kamu memilih overwrite, maka save game yang lama akan digantikan dengan yang baru.

Selanjutnya, setelah proses menyalin save game sudah selesai silakan cabut flashdisk dari slot. Pastikan proses copy sudah benar-benar selesai sebelum mencabut flashdisk, karena berbeda dengan PC tidak ada menu eject untuk flashdisk dari PS3.

Cara Copy savegame dari USB ke PS3

Terlebih dahulu kamu perlu mengetahui bahwa setiap save game yang tersimpan di PS3 memiliki User ID, setiap PS3 memiliki User ID yang berbeda. Jadi apabila save game yang ada di flashdisk kamu berasal dari PS3 yang berbeda, maka tentu User ID nya berbeda.

Kamu perlu mengganti User ID dari save game tersebut agar sama dengan User ID PS3 yang akan kamu gunakan. Caranya dengan resign save game. Langkah-langkahnya bisa kamu baca di sini.

Untuk copy save game dari flashdisk ke PS3, pertama-tama masukkan flashdisk ke slot USB yang ada di body PS3. Kemudian masuk ke menu Game > Saved Data Utility (PS3TM) di PS3 kamu dan pilih USB Drive yang muncul. Jika flashdisk kamu tidak terbaca atau tidak muncul, ada beberapa langkah teknis yang bisa kamu coba. Pertama, perbaiki posisi flashdisk dengan cabut dan pasang ulang. Kedua, pindahkan ke slot USB lain yang ada di body PS3 jika tersedia. Ketiga, langkah terakhir jika flashdisk tetap tidak terbaca adalah coba gunakan flashdisk yang lain.

Cara Menyimpan Save Game PS3 di Flashdisk

Pilih save game yang ada di flashdisk yang ingin kamu copy ke PS3, tekan tombol Segitiga lalu pilih Copy. Jika save game untuk jenis game yang sama sudah ada di PS3, maka akan muncul peringatan untuk overwrite atau tidak. Jika kamu memilih overwrite, maka save game lama akan diganti dengan save game yang baru.

Pastikan proses menyalin save game benar-benar selesai sebelum flashdisk dicabut. Tidak ada pilihan eject sebelum melepas flashdisk secara aman, jadi hanya langsung dicabut saja.

Penutup

Itulah cara mudah yang bisa kamu gunakan untuk menyimpan save game PS3 kamu ke USB Drive atau flashdisk. Silakan gunakan cara ini jika kamu khawatir sewaktu-waktu memerlukan save game tersebut atau berencana melanjutkannya di PS3 yang berbeda. Tetapi perlu kamu ketahui bahwa save game dari PS3 yang berbeda tidak bisa langsung digunakan, perlu dilakukan resign terlebih dahulu, silakan baca caranya di sini.

Semoga tulisan ini bisa bermanfaat untuk kamu, jika ada hal yang kurang jelas silakan berkomentar pada kolom komentar di bawah atau melalui halaman contact, jangan sungkan untuk menyampaikan pendapat kamu. Terima kasih dan sampai jumpa!

Posting Komentar untuk "Cara Menyimpan Save Game PS3 di Flashdisk"

Dapatkan Info Terbaru!