Membuat Textbox Hanya Bisa Input Angka Visual Basic 6.0

Mengatur Textbox Visual Basic 6.0 Cuma Bisa Input Angka

Tentang Visual Basic 6.0

Visual Basic merupakan salah satu program untuk membuat aplikasi dengan user interface yang mudah diatur. Visual Basic menggunakan bahasa pemrograman Beginners’ All-purpose Symbolic Instruction Code atau yang disingkat BASIC.

Visual Basic merupakan aplikasi yang cukup populer dan telah digunakan secara luas. Awal popularitas VB dimulai saat maraknya penggunaan VB6 sebagai aplikasi pembuat aplikasi. Selain karena mudah digunakan, tidak terlalu berat, dan juga menggunakan bahasa pemrograman yang mudah dimengerti alias menyerupai bahasa manusia.

Nah oleh karena itu dalam posting kali ini akan dibahas tentang salah satu tips Visual Basic 6.0 atau yang biasa disingkat VB6. Tips tersebut adalah bagaimana cara mengatur agar textbox di VB6 hanya bisa menginput angka, atau hanya bisa mengetik angka pada textbox.

Tentang Textbox VB6

Textbox merupakan salah satu komponen paling umum dan paling banyak digunakan saat membuat aplikasi berbasis UI. Pasalnya textbox menghubungkan langsung antara pengguna dengan mesin, textbox memungkinkan pengguna untuk memasukkan informasi tertentu yang dibutuhkan oleh mesin untuk menjalankan sebuah fungsi.

Namun terkadang untuk menyesuaikan informasi yang diberikan pengguna dan informasi yang dibutuhkan mesin, diperlukan beberapa pengaturan agar tidak terjadi miss komunikasi atau dengan kata lain agar pengguna tidak salah memasukkan informasi.

Salah satu yang paling umum adalah ketika mesin membutuhkan informasi berupa angka, pengguna tidak boleh salah memasukkan informasi lain selain angka. Misalnya meminta jumlah sebuah barang, yang dibutuhkan oleh mesin hanyalah variabel bilangan berupa angka, maka pengguna tidak boleh memasukkan informasi seperti "8 barang".

Mengatur Textbox VB6 hanya bisa input angka

Jadi agar sebuah textbox di VB6 bisa sesuai kebutuhan, hanya bisa diinput/mengetik angka, diperlukan sedikit penyesuaian yang sangat mudah. Untuk mengatur textbox hanya bisa input angka, ikuti langkah-langkah berikut ini:
  1. Sebagai contoh, buatlah sebuah project yang berisi sebuah Form dan tentunya sebuah Textbox
  2. Klik dua kali pada textbox tersebut untuk masuk ke penulisan kode. Ganti bagian Procedure (untuk text1) dari Change menjadi KeyPress
  3. Mengatur Textbox Visual Basic 6.0 Cuma Bisa Input Angka
  4. Masukkan salah satu kode berikut ke dalam perintah KeyPress tersebut
  5. If KeyAscii = 8 Then
      KeyAscii = 8
    ElseIf KeyAscii < 48 Or KeyAscii > 57 Then
      KeyAscii = 0
    End If
    Atau:
    Select Case KeyAscii 
      Case 48 to 57 
      Case Else
        KeyAscii = 0
    End Select
  6. Jalankan form tersebut dan lihat hasilnya

Kalau sudah jadi sebenarnya bentuk keseluruhan kode tersebut hanya ditambahkan sintaks pembuka Private Sub untuk membedakan fungsi setiap komponen, sehingga jadinya:

Private Sub TextBox_Keypress (KeyAscii As Integer)
  If KeyAscii = 8 Then
    KeyAscii = 8
  ElseIf KeyAscii < 48 Or KeyAscii > 57 Then
    KeyAscii = 0
  End If
End Sub

Makna angka pada kode di atas

Jika kamu bertanya-tanya apa maksud angka-angka yang ada pada kode di atas, angka tersebut merupakan kode keyascii. Angka keyascii mewakili setiap tombol pada keyboard yang kamu gunakan saat ini, jadi bisa dibilang angka tersebut adalah "kode identitas" tombol keyboard.

Keyascii 8 merupakan kode untuk tombol Back Space sedangkan keyascii 48 sampai 57 merupakan kode untuk angka 1 sampai angka 0 di keyboard. Untuk mengetahui apa saja kode keyascii untuk setiap tombol keyboard, kamu bisa baca caranya di sini.

Penutup

Itulah langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk mengatur agar textbox pada Visual Basic 6.0 atau VB6 hanya bisa ditulisi angka atau hanya bisa input angka. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kamu. Jika ada hal-hal yang kurang jelas, maka jangan sungkan untuk memberikan komentar kamu di bawah atau melalui halaman contact blog ini. Terima kasih dan sampai jumpa!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel