Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Suka dengan konten Maringngerrang.com?
Jika kamu merasa terbantu dengan konten di blog ini, silakan dukung kami melalui Saweria.co/maringngerrang. Dukungan berharga dari kalian semua-lah yang membuat blog ini bisa tetap hadir di hadapan kamu. Terima kasih!

Menghapus dan Mengurangi Ukuran File hiberfil.sys di Windows 10/8/7

Menghapus dan Mengurangi Ukuran File hiberfil.sys di Windows 10/8/7

Menghapus dan Mengurangi Ukuran File hiberfil.sys di Windows 10/8/7 ― Bagi kamu pengguna Windows, mungkin pernah melihat atau menemukan sebuah file bernama hiberfil.sys secara sengaja atau tidak sengaja. File ini pada dasarnya sangat menonjol dan mudah ditemukan, selain karena lokasinya pas di partisi C juga karena ukurannya yang biasanya relatif besar hingga beberapa GB. Tapi mungkin ada beberapa orang yang bertanya, sebenarnya ini file apa!?

Mode Hibernate dan Sleep

Sama seperti ekstensinya, file tersebut merupakan salah satu file sistem dari Windows untuk mendukung dan mengoptimalkan kinerja dari fitur mode hibernate dan sleep pada Windows.

Seperti yang diketahui bersama bahwa hibernate dan sleep merupakan salah satu fitur yang memungkinkan PC (laptop atau komputer desktop) berada dalam kondisi stand by, maksudnya masih menyala namun segala fungsi dimatikan sehingga jika dilihat sekilas, laptop akan terlihat seperti tidak sedang menyala.

Biasanya kondisi seperti itu digunakan apabila PC sedang tidak digunakan tetapi masih ada pekerjaan yang tidak di-close dan akan segera dilanjutkan, jadi PC sebaiknya di sleep saja untuk sementara. Kondisi tersebut akan membuat sistem tersimpan untuk sementara dan ketika dinyalakan semuanya akan kembali seperti sebelum di-sleep. Sedangkan hibernate hampir sama seperti sleep, hanya saja daya yang dikonsumsi jauh lebih sedikit jadi cocok jika laptop akan ditinggalkan atau tidak digunakan dalam waktu yang lebih lama.

Salah satu keuntungan lain dari menggunakan hibernate dan sleep adalah keadaan PC seakan mati namun masih ada sistem yang berjalan dengan hanya menggunakan tenaga atau daya yang sangat kecil. Sangat cocok digunakan untuk menghemat penggunaan baterai apabila PC sedang tidak digunakan.

Cara Menampilkan File hiberfil.sys

Sebagai salah satu file sistem, secara default file tersebut akan tersembunyi karena untuk meminimalisir tindakan yang dilakukan secara tidak sengaja atau tanpa sepengatuan lebih lanjut. Oleh karena itu, untuk menampilkan file hiberfil.sys, kamu perlu mengikuti langkah-langkah berikut ini.
  1. Silakan buka File Options dengan cara klik tab View lalu pilih Options untuk pengguna Windows 8 dan Windows 10 sedangkan di Windows 7 pada jendela File Explorer silakan klik menu Organize lalu pilih Folder and search options.
  2. Cara Hapus atau Mengurangi Ukuran File hiberfil.sys
    Cara Hapus atau Mengurangi Ukuran File hiberfil.sys
  3. Kemudian pilih tab View dan aktifkan pilihan Show hidden files, folders, and drives serta hilangkan centang pada Hide protected operating system files (Recommended). Setelah itu klik tombol OK.
  4. Cara Hapus atau Mengurangi Ukuran File hiberfil.sys
  5. Selanjutnya silakan buka partisi C pada File Explorer dan kamu akan menemukan file hiberfil.sys tepat pada partisi C tersebut.
  6. Cara Hapus atau Mengurangi Ukuran File hiberfil.sys

Apa itu File hiberfil.sys?

Akan tetapi untuk mendukung kedua tersebut yang ada di atas, sistem operasi menyediakan file hiberfil.sys yang dibutuhkan untuk menyimpan keadaan terakhir dari perangkat tersebut, atau biasa juga disebut current state memory yang tersimpan di root directory pada Windows dan biasanya memakan ruang yang cukup besar pada penyimpanan hardisk.

Kondisi itu mungkin akan sedikit mengganggu bagi kamu yang ruang penyimpanan pada partisi C nya mungkin sudah mulai mengkhawatirkan, atau dengan kata lain partisi C sudah hampir penuh. Oleh karena itu salah satu solusi yang bisa digunakan adalah kamu bisa mengurangi alokasi penggunaan file hiberfil.sys tersebut atau bahkan menonaktifkannya pada Windows 10/8/7. Silakan simak melalui pembahasan yang ada di bawah.

Mengurangi Ukuran hiberfil.sys

Untuk mengurangi ukuran file hiberfil.sys, yang perlu kamu lakukan adalah menggunakan Command Prompt atau juga disebut cmd. Silakan ikuti langkah-langkah berikut ini untuk lebih jelasnya.
  1. Buka Menu Start kemudian tuliskan cmd sebagai keyword atau kata kunci pencarian aplikasi, kemudian klik kanan dan pilih Run as administrator.
  2. Cara Hapus atau Mengurangi Ukuran File hiberfil.sys
  3. Setelah itu, pada jendela Command Prompt silakan masukkan salah satu dari kode berikut ini untuk mengurangi ukuran file hiberfil.sys.
  4. powercfg.exe -h -size 50%
    atau
    powercfg -h -size 50%
  5. Kemudian silakan ganti angka 50% sesuai dengan berapa persen dari alokasi untuk file hiberfil.sys yang ingin kamu kurangi. Dengan kata lain, mau dikurangi berapa persen. Lalu langkah terakhir silakan tekan tombol ENTER pada keyboard dan lihat hasilnya pada file hiberfil.sys yang ada di partisi C.

Disable atau Menghapus File hiberfil.sys.

Apabila kamu merasa cara di atas masih kurang mampu menyediakan ruang kosong berlebih pada partisi C di laptop kamu, silakan disable atau hapus file tersebut dengan menggunakan cara berikut ini.
  1. Buka Menu Start kemudian tuliskan cmd sebagai keyword atau kata kunci pencarian aplikasi, kemudian klik kanan dan pilih Run as administrator.
  2. Cara Hapus atau Mengurangi Ukuran File hiberfil.sys
  3. Setelah itu, pada jendela Command Prompt silakan masukkan salah satu dari kode berikut ini lalu tekan ENTER untuk menghapus file hiberfil.sys.
  4. powercfg.exe -h off
    atau
    powercfg -h off
  5. Fungsi di atas akan menghapus file hiberfil.sys sekaligus menonaktifkan fitur hibernate dan sleep pada Windows kamu. Oleh karena itu, jika kamu ingin mengaktifkannya kembali, kamu bisa menggunakan kode berikut ini lalu tekan ENTER.
  6. powercfg.exe -h on
    atau
    powercfg -h on

Penutup

Itulah salah satu metode yang bisa kamu gunakan untuk mengurangi ukuran file hiberfil.sys atau bahkan menghapusnya dari partisi C pada sistem operasi Windows 10/8/7. Dengan menggunakan langkah-langkah di atas, kamu mungkin bisa mengoptimalkan penggunaan ruang hardisk pada partisi C untuk kepentingan file aplikasi tertentu.

Semoga pembahasan dalam tulisan ini bisa bermanfaat dan bisa memberikan wawasan untuk kamu, apabila ada hal-hal yang kurang jelas, silakan tanyakan melalui kolom komentar di bawah atau melalui halaman contact blog ini. Terima kasih dan sampai jumpa!

Posting Komentar untuk "Menghapus dan Mengurangi Ukuran File hiberfil.sys di Windows 10/8/7"

Dapatkan Info Terbaru!