Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Suka dengan konten Maringngerrang.com?
Jika kamu merasa terbantu dengan konten di blog ini, silakan dukung kami melalui Saweria.co/maringngerrang. Dukungan berharga dari kalian semua-lah yang membuat blog ini bisa tetap hadir di hadapan kamu. Terima kasih!

Mengetahui Semua Kode KeyAscii Visual Basic 6.0

Mengetahui Semua Kode KeyAscii Visual Basic 6.0

Baiklah dalam posting kali ini saya akan membahas tentang salah satu aplikasi bahasa pemrograman, Visual Basic (disingkat VB). Sekedar info, makna Visual Basic bukan merujuk pada kata 'Basic' yang berarti dasar, melainkan Basic adalah singkatan dari Beginners’ All-purpose Symbolic Instruction Code.

Selain itu, meskipun telah tersedia beberapa versi terbaru dari VB namun hingga saat ini versi yang paling populer digunakan adalah VB 6.0, selain karena lebih mudah digunakan juga tidak menggunakan terlalu banyak kapasitas memori.

Membuat keyascii finder di Visual Basic 6

Baiklah, kita lanjutkan tentang cara mengetahui kode-kode KeyAscii di VB. Disini kita akan membuat sebuah program untuk mencari kode-kode KeyAscii tersebut sesuai dengan tombol pada keyboard. Program yang dibuat ini cukup mudah dan sangat sederhana. Ikuti langkah-langkah berikut ini:
  1. Buka Microsoft Visual Basic 6.0
  2. Buatlah sebuah project Stkamurd EXE
  3. Buatlah sebuah textbox pada Form1, kira-kira tampilannya seperti pada gambar berikut
  4. Cara Mengetahui Semua Kode KeyAscii Visual Basic 6.0
  5. Kemudian tambahkan kode berikut pada Form1 tersebut
  6. Private Sub Form_KeyPress(KeyAscii As Integer)
    Text1.Text = KeyAscii
    End Sub
    
    Private Sub Form_Load()
    Me.Width = 4035
    Me.Height = 1440
    Me.Caption = "Maringngerrang"
    Text1.Width = 3495
    Text1.Height = 495
    Text1.Enabled = False
    Text1.Text = "Press any key"
    End Sub
    
  7. Setelah itu coba jalankan program yang baru saja dibuat tadi, kemudian tekan tombol keyboard yang ingin dicari kode KeyAscii nya, maka secara otomatis teks pada textbox1 akan berubah menjadi angka, angka tersebut merupakan kode KeyAscii untuk tombol yang sobat tekan tadi

Download keyascii finder untuk PC

Jika kamu mendesak untuk mengetahui kode KeyAscii yang digunakan di Visual Basic, kamu bisa memanfaatkan aplikasi KeyAscii Finder berikut ini yang dibuat menggunakan Visual Basic 6. Kamu bisa download program KeyAscii Finder yang saya buat pada alamat berikut ini:

Penutup

Itulah beberapa langkah yang bisa kamu gunakan untuk membuat aplikasi keyascii finder di Visual Basic 6.0 yang dapat membantu kamu menemukan kode keyascii setiap tombol keyboard. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kamu. Jika ada hal-hal yang kurang jelas, maka jangan sungkan untuk menyampaikannya melalui komentar di bawah atau melalui halaman contact blog ini. Terima kasih dan sampai jumpa!

Posting Komentar untuk "Mengetahui Semua Kode KeyAscii Visual Basic 6.0"

Dapatkan Info Terbaru!