Mengatur Performa Photoshop Sesuai Spesifikasi PC

Mengatur Performa Photoshop Sesuai Spesifikasi PC

Tentang Photoshop

Sebagai salah satu perangkat lunak pengolah gambar, Photoshop saat ini sudah memiliki banyak fitur dan peralatan yang berguna untuk membantu memudahkan penggunanya untuk menangani berbagai hal seputar pengolahan gambar.

Meskipun kebanyakan orang-orang menganggap Photoshop atau PS adalah perangkat lunak yang sulit digunakan, namun pada dasarnya PS mempunyai cara kerja yang sederhana dengan kemampuan yang canggih.

Saat ini versi terbaru dari Photoshop mengikuti seri dari "sepupu-sepupunya" sebagai salah satu aplikasi buatan Adobe, yaitu seri Creative Cloud atau yang biasa disebut Photoshop CC.

Photoshop dan spesifikasi yang diperlukan

Namun disamping itu perlu diketahui bahwa PS juga merupakan aplikasi yang memerlukan spesifikasi komputer yang cukup tinggi, namun pada versi Photoshop CS6 memerlukan spesifikasi PC yang cukup ringan, yaitu sebagai berikut:
  • Intel® Pentium® 4 or AMD Athlon® 64 processor
  • Microsoft® Windows® XP with Service Pack 3 or Microsoft Windows 7 with Service Pack 1. Adobe® Creative Suite® 5.5 and CS6 applications also support Windows 8. See the CS6 FAQ for more information about Windows 8 support.
  • 1 GB of RAM
  • 1 GB of available hard-disk space for installation; additional free space required during installation (cannot install on removable flash storage devices)
  • 1024 x 768 display (1280 x 800 recommended) with 16-bit color and 512 MB (1 GB recommended) of VRAM
  • OpenGL 2.0–capable system
  • DVD-ROM drive
  • This software doesn't operate without activation. Broadband Internet connection and registration are required for software activation, validation of subscriptions, and access to online services.† Phone activation is not available.

Namun meskipun demikian, spesifikasi di atas adalah spesifikasi minimal yang diperlukan, jadi jika spesifikasi yang kurang dari itu, maka bisa dipastikan akan ada kendala saat menjalankan Photoshop.

Lalu untuk kamu yang menggunakan PC dengan spesifikasi yang tidak jauh-jauh dengan yang di atas, kamu perlu mengatur beberapa hal agar bisa menjalankan aplikasi Photoshop dengan lancar, oleh karena itu berikut ini cara mengatur performa Photoshop CS6 agar sesuai dengan spesifikasi PC. Ikuti langkah-langkah berikut:
  1. Buka aplikasi Photoshop CS6
  2. Klik menu Edit, pada bagian Preferences pilih Performance
  3. Mengatur Performa Photoshop Sesuai Spesifikasi PC
  4. Pada bagian Graphics Processor Settings klik Advanced Settings lalu silahkan ganti Drawing Mode sesuai keinginan kamu. Jika spesifikasi PC yang kamu gunakan agak rendah, maka ganti Drawing Mode menjadi Basic
  5. Mengatur Performa Photoshop Sesuai Spesifikasi PC
  6. Selain itu pada bagian Memory Usage kamu bisa menambah atau mengurangi ukuran memori (RAM) yang dapat digunakan oleh Photoshop. Atur sesuai keterangan interval ideal yang muncul
  7. Setelah itu klik tombol Selesai lalu Restart aplikasi Photoshop CS6 (keluarkan/close aplikasi lalu buka kembali)

Beberapa jenis spesifikasi mungkin mengakibatkan pilihan Drawing Mode tidak dapat diubah. Hal tersebut biasanya disebabkan oleh ukuran RAM yang kurang dari 2GB, termasuk usable RAM.

Itulah beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk mengatur performa Photoshop CS6 agar sesuai dengan spesifikasi PC yang digunakan. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kamu, jika ada hal yang kurang jelas, maka jangan sungkan untuk memberikan komentar di bawah atau melalui halaman contact blog ini. Terima kasih dan sampai jumpa!

Sumber: https://helpx.adobe.com/creative-suite/kb/cs6-system-requirements.html

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel