Cara Mengatasi Tidak Bisa Klik pada Preview Blogger

Cara Mengatasi Tidak Bisa Klik pada Preview Blogger

Bagi pengguna Blogger mungkin sudah tidak asing dengan hal yang satu ini. Kondisi dimana saat membuka tampilan preview atau pratinjau dari sebuah posting atau laman sebelum dipublikasikan, yang terjadi adalah tidak ada satupun yang bisa di-klik dari halaman tersebut.

Hal tersebut sebenarnya adalah hal yang wajar dan bukan karena kerusakan apapun. Sistem Blogger membuat halaman preview memang agar tidak bisa diklik. Fungsinya agar halaman tersebut benar-benar bekerja layaknya preview yang hanya bisa dilihat.

Yang menyebabkan halaman preview di Blogger tidak bisa diklik adalah adanya sebuah tag dengan kelas yang bernama clickTrap. Seperti namanya, dia bertugas untuk menjebak klik agar tidak sampai ke objek apapun di halaman preview.

Tapi bagaimana jadinya jika yang justru ingin di-preview adalah sesuatu yang perlu diklik atau perlu hover (kursor melintas di atasnya)!? Jika seperti itu, maka tentu yang namanya clickTrap ini akan sangat mengganggu dan rasanya perlu dihilangkan.

Sederhananya saat membuka halaman preview kamu bisa menghilangkan clickTrap tersebut dengan menghapusnya langsung melalui Inspect Elements. Untuk menggunakan inspect elements kamu bisa mempelajarinya di sini. Dengan begitu kamu bisa klik apa saja di halaman blog kamu. Tapi bukankah itu akan sangat merepotkan jika harus membuka inspect elements setiap kali melihat halaman preview atau halaman pratinjau!?

Sebenarnya click trap yang dipasang pada template default blogger itu hanyalah berupa komponen yang diatur sedemikian rupa dengan kode CSS yang sesuai dan diletakkan di bagian paling depan dari seluruh objek yang ada, jadi untuk menyiasati kasus seperti ini juga hanya perlu menggunakan kode CSS yang mampu menangani hal tersebut.

Kita hanya membutuhkan kode CSS untuk menyembunyikan click trap tersebut, silahkan tambahkan kode CSS berikut ini dibawah kode ]]></b:skin> atau dibawah kode <style>.

.blogger-clickTrap{display:none!important}

Setelah itu coba buka blog kamu dalam mode preview atau pratinjau, misalnya menulis posting lalu lihat preview / pratinjau posting tersebut. Lalu lihat apakah blog sudah bisa di klik dalam mode pratinjau!? Namun jika cara tersebut tidak berhasil berarti kemungkinan kamu menambahkan kode CSS pada kode yang ada dalam conditional tag. Kamu bisa mempelajari lebih banyak tentang conditional tag di sini. Untuk mengatasinya cukup tambahkan kode berikut ini diatas kode </head>.

<style>.blogger-clickTrap{display:none!important}</style>

Dengan cara itu kamu akan bisa melakukan apa saja seperti biasanya meskipun di halaman preview. Biasanya beberapa template akan langsung menghilangkan clickTrap secara otomatis, jika tidak berarti template yang kamu gunakan tidak mengaturnya. Itulah cara yang bisa kamu coba, semoga artikel ini bermanfaat. Jangan lupa sampaikan komentar terbaik kamu di bawah. Baik itu berupa pertanyaan ataupun pernyataan. Terima kasih dan sampai jumpa!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel