Sunday, December 13, 2015

Tabel Lengkap Nilai Sudut Istimewa Trigonometri

Tabel Lengkap Nilai Sudut Istimewa Trigonometri

Trigonometri. Salah satu cabang ilmu perhitungan matematika. Materi pelajaran kelas X SMA (Sekolah Menengah Atas) ini merupakan ilmu yang erat hubungannya dengan sudut-sudut dan amat akrab dengan lingkaran dan segitiga. Trigonometri banyak menggunakan persamaan-persamaan geometri yang juga merupakan salah satu cabang matematika yang membahas tentang bangun-bangun dalam matematika. Trigonometri merupakan cabang ilmu yang memiliki cukup banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari, khususnya pada ilmu arsitektur dan astronomi.

Secara umum kita mungkin telah mengenal apa itu sudut, secara formal sudut dinyatakan sebagai besaran yang dibentuk dari rotasi suatu ruas garis yang dirotasi melalui suatu titik pangkalnya. Sebagai gambaran dasar anda bisa mencoba mengambil seutas tali kemudian menekan salah satu ujungnya dengan jari (pastikan ujung tali yang ditekan tidak bergerak), kita anggap ujung tersebut sebagai titik pangkalnya, kemudian bentangkan dengan panjang sekitar sejengkal lalu geser bentangan tali ke posisi lain, maka semua jalur yang dilalui oleh tali saat berubah posisi dikatakan sebagai sudutnya. Dalam bangun dua dimensi yang beraturan, sudut dapat pula diartikan sebagai ruang antara dua buah ruas garis yang saling berpotongan, yang merupakan sisi dari bangun datar beraturan.

Sudut dapat diukur dengan menggunakan penggaris busur, sebuah penggaris yang membentuk setengah lingkaran atau satu lingkaran penuh. Sudut yang umum digunakan dalam kehidupan sehar-hari biasanya adalah sudut istimewa seperti untuk menunjukkan kemiringan suatu benda berdiri atau menunjukkan sudut yang dibentuk dari jam dinding. Teman-teman mungkin telah mengetahui bahwa terdapat 5 sudut istimewa dasar yang ada dalam trigonometri, yaitu sudut 0, 30, 45, 60, dan 90 derajat yang secara notasi dapat dituliskan dengan 0˚, 30˚ 45˚, 60˚, dan 90˚. Sudut 90 derajat yang merupakan sudut siku-siku atau sudut yang dibentuk oleh dua buah ruas garis yang saling tegak lurus.

Sudut-sudut istimewa tersebut memiliki nilai tersendiri dalam posisi perhitungan sudut baik itu sinus, cosinus, tangen, secan, cosecan, maupun cotangen yang merupakan nilai perbandingan yang didefinisikan pada koordinat kartesius atau segitiga siku-siku. Akan tetapi selain sudut istimewa yang 5 tadi juga terdapat beberapa sudut lain yang ekivalen dengan sudut istimewa tersebut yang mencakup sudut satu lingkaran penuh 360˚. Misalnya sudut 90˚ memiliki kesamaan dengan sudut 180˚, 270˚, dan 360˚, sebab merupakan kelipatan dari sudut siku-siku. Hampir sama dengan sudut-sudut lain yang dalam diagram kartesius hanya berbeda tanda pada setiap kuadrannya, terdapat beberapa sudut yang nilai perbandingannya hanya berkebalikan dengan nilai perbandingan sudut lain.


Berapakah nilai perbandingan trigonometri dari sudut-sudut yang lain tersebut?

Berikut saya tampilkan gambar dari tabel nilai-nilai sudut istimewa yang mencakup satu lingkaran penuh 360˚. Jika anda bertanya mengapa dalam bentuk gambar, mengapa tidak dalam bentuk teks? Hal itu karena saya tidak menggunakan fitur webpage equation untuk mempermudah penulisan persamaan pada halaman web, namun saya rasa gambar berikut sudah cukup untuk membuat anda mengerti, maka dari itu berikut gambar tabel nilai sudut istimewa dari kuadran I sampai kuadran IV pada lingkaran penuh 360˚.

Tabel Lengkap Nilai Sudut Istimewa Trigonometri

Itulah beberapa hal yang dapat saya sampaikan seputar nilai-nilai trigonometri terhadap sudut istimewa. Jika anda memiliki informasi tambahan seputar tulisan ini anda dapat menyampaikannya pada kotak komentar yang ada di bagian bawah halaman ini, anda juga dapat menyampaikan pertanyaan maupun koreksi jika terdapat kesalahan dalam tulisan ini. Sistem komentar pada blog ini menggunakan layanan Disqus, tetapi anda tidak harus memiliki akun untuk dapat berkomentar, silakan aktifkan pilihan guest comment. Atau anda juga dapat mengirimkannya melalui halaman contact blog ini, jika tidak sedang sibuk admin akan segera menanggapi kiriman anda. Terima kasih, semoga bisa bermanfaat dan sampai jumpa.

Next

Related