Cara Setting JoyStick untuk Guitar Flash Online

Cara Setting JoyStick Guitar Flash Online

Dalam posting kali ini saya akan membahas tentang video game kesukaan saya ketika masih sekolah. Biasanya game ini lebih sering dimainkan pada playstation (PS) dan disebut sebagai Guitar Hero. Setelah lama tidak bermain PS saya mencari cara agar game ini dapat dimainkan di PC.

Namun untuk komputer dengan spesifikasi standar mungkin akan kurang memuaskan jika bermain Guitar Hero dalam versi PC, akhirnya saya menemukan game sejenis itu dalam versi online yang disebut Guitar Flash.

Ada satu hal yang mengganggu pikiran saya, ini mainnya pake keyboard, waduh mana udah terbiasa pake stik. Akan tetapi buat teman-teman yang punya masalah seperti saya, tenang saya punya solusi untuk kalian. Baiklah langsung ke solusi saja, pertama anda memerlukan dua hal berikut
  1. Joystick (stik game untuk PC), kalau belum ada bisa beli dulu
  2. Software JoyToKey, download pada link di bawah


Pertama, pastikan joystick anda telah terpasang. Setelah itu silahkan ekstrak file arsip JoyToKey_en.zip yang telah anda download tadi, kemudian buka file JoyToKey.exe. Akan muncul tampilan seperti berikut ini.

Cara Setting JoyStick untuk Guitar Flash Online

Perhatikan warna kuning pada gambar diatas, itu menandakan nama untuk tombol yang sedang saya tekan, jadi ketika saya menekan R2 maka tombol Button 7 berubah jadi kuning. Hal itu dapat mempermudah kita dalam mengetahui nama tombol-tombol yang lain.

Nah kita akan mengatur tombolnya agar sesuai dengan pengaturan guitar flash, secara default pengaturan tombol-tombol dalam guitar flash adalah sebagai berikut.

NoTombol dalam PSTombol dalam Guitar Flash
1R1 (hijau)A
2R2 (merah)S
3L1 (kuning)J
4L2 (biru)K
5Silang (orange)L
6Start (pause)P
7Select (special)Space

Sekarang kita akan mengatur fungsi-fungsi tombol joystick agar serupa dengan fungsi tombol dalam guitar flash. Bagaimana cara mengubahnya? Tinggal double click pada nama tombol tersebut kemudian pada Keyboard emulation: Basic, pada kotak pertama (yang berwarna kuning dalam gambar) ganti dengan langsung menekan tombol pada keyboard.

Cara Setting JoyStick untuk Guitar Flash Online

Pertama, dalam jendela joytokey ubah tombol pada joystick seperti berikut.

NoNama TombolTombol dalam Guitar Flash
1Button 3L
2Button 5S
3Button 6J
4Button 7A
5Button 8K
6Button 9Space
7Button 10P

Sehingga tampilan pada joytokey menjadi seperti gambar berikut ini.

Cara Setting JoyStick untuk Guitar Flash Online

Untuk anda yang ingin mengaktifkan JoyToKey kedalam registered version bisa menggunakan kode lisensi : VTKY-SLV3-VWML.

Itulah cara yang bisa kamu lakukan untuk menggunakan joystick, atau stik game PC pada game Guitar Flash Online dengan mudah. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kamu. Jika ada hal yang kurang jelas, maka jangan sungkan untuk memberikan komentar kamu di bawah atau bisa juga melalui halaman contact blog ini. Terima kasih dan sampai jumpa!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel