2 Cara Mengalihkan Blogger ke Alamat Lain

2 Cara Mengalihkan Blogger ke Alamat Lain

Bagi pengguna Blogger tentunya pernah menentukan sebuah alamat atau URL bagi blog yang dibuat. Alamat pada sebuah blog merupakan identitas utama bagi sebuah blog, karena alamat tersebut yang akan sering diingat oleh pengunjung.

Namun pada beberapa kasus ada juga pengguna Blogger yang beralih menggunakan blog baru dan memindahkan blog lama. Entah apapun alasannya tapi itu hal yang wajar dan banyak terjadi. Tapi terkadang yang menjadi masalah adalah pengunjung di blog lama biasanya diharapkan bisa diarahkan untuk pindah ke halaman blog baru.

Oleh karena itu jika kamu ingin pengunjung yang membuka alamat blog lama akan langsung dialihkan membuka alamat blog baru, kamu bisa menggunakan salah satu dari dua cara di bawah ini. Yaitu menggunakan javascript atau menggunakan tag meta yang masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan sendiri. Selain itu ada pula cara mengalihkan Blogger lama ke Blogger baru tanpa kehilangan jumlah pengunjung. Jadi semua postingan/artikel blog beserta halaman lain juga ikut dialihkan, baca lebih lengkap di sini.

Mengalihkan blog menggunakan javaScript

Salah satu cara untuk mengalihkan alamat blog ke alamat lain yaitu dengan menggunakan sintaks javascript. Sintaks yang digunakan cukup sederhana dan dapat dimodifikasi sesuai kebutuhan. Pertama untuk mengalihkan halaman tertentu saja atau mengalihkan setiap halaman di blog. Kamu bisa menggunakan cara berikut ini:
  1. Buka Blogger
  2. Pada bagian Tema klik tombol Edit HTML
  3. Temukan <head> dan letakkan kode berikut di bawahnya
  4. <script>
    if(window.location.href=='URL_BLOG_LAMA'){window.location='URL_BLOG_BARU';}
    </script>
  5. Ganti URL_BLOG_LAMA dan URL_BLOG_BARU sesuai keperluan
  6. Klik tombol Simpan dan lihat hasilnya di blog kamu

Perbedaan menggunakan javascript dan tag meta

Perhatikan bahwa kode di atas hanya mengalihkan 1 halaman saja, yaitu halaman URL_BLOG_LAMA saja. Jadi misalnya URL_BLOG_LAMA adalah https://contoh.com/, maka alamat seperti https://contoh.com/p/profil-penulis.html tidak ikut dialihkan.

Selain itu pengalihan dengan menggunakan tag meta biasanya membutuhkan waktu beberapa saat setelah halaman terbuka baru dialihkan ke alamat baru, jika javascript pengunjung dialihkan tanpa sempat melihat isi halaman di blog lama.

Jadi jika kamu perlu mengalihkan semua halaman di blog kamu, atau dengan kata lain setiap blog tersebut dibuka, maka akan langsung dialihkan, kamu bisa menggunakan cara berikut ini:
  1. Buka Blogger
  2. Pada bagian Tema klik tombol Edit HTML
  3. Temukan <head> dan letakkan kode berikut di bawahnya
  4. <script>
    location.href = 'URL_BLOG_BARU';
    </script>
  5. Ganti URL_BLOG_BARU dengan alamat tujuan
  6. Klik tombol Simpan dan lihat hasilnya di blog kamu

Mengalihkan blog menggunakan tag meta

Selain menggunakan sintaks javascript kamu juga bisa menggunakan tag meta khusus yang bisa mengalihkan alamat blog. Hanya saja jika menggunakan tag meta kamu hanya bisa mengalihkan semua halaman, tidak bisa halaman tertentu saja. Kecuali jika menggunakan conditional tag, baca cara menggunakan conditional tag di sini. Untuk mengalihkan blog menggunakan tag meta, ikuti langkah-langkah berikut:
  1. Buka Blogger
  2. Pada bagian Tema klik tombol Edit HTML
  3. Temukan <head> dan letakkan kode berikut di bawahnya
  4. <meta content='5;url=URL_BLOG_BARU' http-equiv='refresh'/>
  5. Ganti URL_BLOG_BARU dengan alamat tujuan dan ganti angka 5 dengan durasi sebelum dialihkan. Maksud durasi tersebut adalah alamat URL_BLOG_BARU akan dibuka setelah 5 detik
  6. Klik tombol Simpan dan lihat hasilnya di blog kamu

Penutup

Itulah 2 cara mudah yang bisa kamu coba untuk bisa mengalihkan alamat blog lama ke alamat blog baru. Jika yang kamu butuhkan adalah mengalihkan blog lama ke blog baru beserta postingan dan semua halamannya, maka kamu bisa mengalihkan blog tanpa kehilangan jumlah pengunjung, baca lebih lengkapnya di sini. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kamu, jika ada hal yang kurang jelas, maka jangan sungkan untuk memberikan komentar kamu di bawah atau melalui halaman contact blog ini. Terima kasih dan sampai jumpa!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel