Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengembalikan Widget yang Terhapus di Blogger

Cara Mengembalikan Widget yang Terhapus di Blogger

Mengembalikan Widget Blogger yang Terhapus

Baiklah dalam posting kali ini saya akan membahas mengenai cara mengembalikan widget blog yang terhapus. Dalam dunia blogging, seringkali terjadi beberapa hal yang disengaja maupun yang tidak disengaja untuk dilakukan, dan biasanya kejadian-kejadian yang tidak disengaja tersebut mengakibatkan hal yang sangat fatal dan hal yang paling umum itupun adalah menghapus. Misalnya menghapus bagian HTML blog bahkan menghapus widget blog.

Salah satu cara mencegahnya adalah dengan melakukan backup, jika kamu ingin mengetahui caranya silahkan baca beberapa posting saya mengenai backup blog silahkan pelajari lebih lanjut.

Ketika suatu widget terhapus dari blog sobat itu artinya terdapat kode HTML tertentu yang hilang dari blog kamu, akan tetapi kode HTML yang hilang itu memiliki karakteristik istimewa yaitu ID atau bisa disebut identitas dari widget itu. Contohnya ID widget berikut ini.

Cara Mengembalikan Widget yang Terhapus di Blogger

Dengan memanfaatkan karakteristik istimewa itu, kita bisa mengembalikan widget tersebut meskipun kode HTML-nya sama sekali telah terhapus dari blog. Sebenarnya cara paling optimal untuk mengembalikan widget blog yang terhapus adalah melakukan restore dari hasil backup (jika sudah pernah di-backup sebelumnya). Akan tetapi hal itu juga akan mengembalikan perubahan yang telah dilakukan di blog, tentu akan kesulitan jika sudah susah-susah memodifikasi kode di blog lalu harus di kembalikan seperti semula.

Perlu kamu ketahui bahwa untuk mengembalikan widget blogger yang terhapus dengan cara ini, kamu harus mengetahui ID dari widget yang terhapus tersebut. Tetapi jika kamu tidak mengetahuinya, kamu bisa mencoba ID yang mungkin lebih kecil dari ID baru yang kamu buat, karena pada dasarnya ID widget dibuat secara berurutan. Kamu bisa melihat artikel tentang cara mengetahui ID widget di Blogger untuk lebih jelasnya.

Jadi cara yang paling efektif adalah mengembalikan kode dari widget yang terhapus saja. Hal itu tidak akan mempengaruhi bagian lain yang tidak ingin diubah. Untuk melakukan hal tersebut, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.
  1. Terlebih dahulu buka Blogger.com, lalu pada menu Tema buka pilihan Edit HTML.
  2. Cara Mengembalikan Widget yang Terhapus di Blogger
  3. Setelah itu, kamu perlu menemukan kode section sidebar atau bagian apapun di blog kamu yang bisa untuk menambahkan widget baru (karena ada beberapa template blogger yang tidak menggunakan sidebar). Kode section untuk sidebar pada umumnya berbentuk seperti kode berikut ini.
  4. <b:section id='sidebar' name='sidebar'>
  5. Kemungkinan kode section sidebar di blog kamu berbeda, baik id maupun name nya. Kemudian jika kamu sudah menemukannya, silakan tambahkan kode berikut ini tepat di bawahnya. Perhatikan bagian yang ditandai pada kode di bawah, ganti dengan ID widget yang ingin kamu kembalikan.
  6. <b:widget id='HTML4' locked='false' title='Nama widget' type='HTML'/>
  7. Lalu klik tombol simpan, setelah itu kembali ke Blogger lalu buka menu Tata Letak. Perhatikan pada menu Tata Letak tersebut, akan muncul widget HTML/Javascript baru di blog kamu, silakan buka dan lihat widget tersebut, apakah sudah sesuai dengan yang kamu harapkan. Jika belum, coba dengan ID yang berbeda.
  8. Cara Mengembalikan Widget yang Terhapus di Blogger

Penutup

Sebagai tips untuk menghindari kesalahan yang tidak disengaja terjadi pada saat mengedit atau memodifikasi bagian dari blog, sebaiknya kamu melakukan backup untuk blog kamu secara berkala. Silakan baca cara mudah backup blog untuk mencobanya.

Itulah beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk mengembalikan widget blogger yang terhapus, selanjutnya kamu bisa memodifikasi kembali widget tersebut sesuai keinginan dan kebutuhan kamu. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kamu, apabila ada hal-hal yang kurang jelas, silakan tanyakan melalui kolom komentar di bawah atau melalui halaman contact blog ini. Terima kasih dan sampai jumpa!

Posting Komentar untuk "Cara Mengembalikan Widget yang Terhapus di Blogger"

Dapatkan Info Terbaru!