Monday, December 14, 2015

Mengatasi Crawl Errors (Kesalahan Perayapan) 404 Google Webmaster

Cara Mengatasi Crawl Errors / Kesalahan Perayapan Google Webmaster

Sebagai seorang yang bergelut dengan blog mungkin anda pernah mencoba menggunakan layanan Google Webmaster. Sebuah layanan yang disediakan oleh Google untuk para pemilik blog atau website guna membantu mesin pencari melakukan perayapan terhadap blog atau web mereka. Layanan Google Webmaster ini cukup membantu bagi kebanyakan penulis blog agar tulisan milik mereka dengan segera dapat terindeks oleh Google.

Namun hal tersebut tidaklah selalu berjalan mulus, seperti yang diketahui bahwa Google Webmaster mungkin akan menemukan beberapa kesalahan selama melakukan perayapan. Salah satu diantaranya adalah kesalah 404 page not found untuk halaman tidak ditemukan. Kesalahan seperti ini umum terjadi ketika mesin pencari menemukan sebuah link yang bersumber dari sitemap namun tidak ditemukan dalam hosting.

Meskipun terdengar sepele dan tidak mengakibatkan masalah serius namun ada baiknya anda tetap melakukan tindak lanjut terhadap pesan kesalahan yang telah diberikan Google Webmaster dan solusi yang paling jitu untuk mengatasi hal tersebut adalah membuat pengalihan alamat (redirect link) menuju ke homepage untuk halaman yang tidak ditemukan. Kecuali anda memiliki halaman baru untuk sebuah halaman yang telah dihapus sebaiknya anda langsung mengarahkan pada halaman terbarunya.

Crawl Errors / Kesalahan Perayapan Google Webmaster

Jawaban yang tepat untuk mengatasi pertanyaan "bagaimana mengatasi halaman yang tidak ditemukan?" yaitu dengan mengalihkan alamat yang tidak ditemukan tersebut ke alamat lain yang tersedia. Jadi yang akan anda lakukan adalah mengalihkan alamat yang tidak ditemukan tersebut ke alamat lain yang tersedia, paling tidak adalah homepage.

Bagaimana melakukannya?

Sebenarnya Blogger telah menyediakan pengaturan untuk mengalihkan suatu alamat di blog ke alamat lain dari blog yang sama, local redirect. Fitur ini memungkinkan untuk mengalihkan blog secara permanen maupun sementara, tanpa adanya perubahan sintaks pada HTML blog maupun HTML pada halaman posting. Langkah pertama untuk mengalihkan sebuah alamat di blog yaitu buka dashboard blogger anda lalu arahkan pada Setelan dan pilih Preferensi penelusuran.

Crawl Errors / Kesalahan Perayapan Google Webmaster

Lalu perhatikan pada bagian Kesalahan dan Pengalihan, pada bagian Pengalihan Khusus anda dapat menambahkan link yang akan anda alihkan. Isikan alamat yang akan dialihkan pada kotak Dari dan alamat yang menjadi tujuan pengalihan pada kota Kepada.

Crawl Errors / Kesalahan Perayapan Google Webmaster

Cukup mengisikan alamat tanpa menyertakan alamat utamanya. Misalnya saya akan mengalihkan: https://www.maringngerrang.com/p/palsu.html ke https://www.maringngerrang.com/p/asli.html maka cukup mengisi kotak Dari dengan /p/palsu.html dan kotak Kepada dengan /p/asli.html, bagian https://www.maringngerrang.com tidak perlu di tuliskan.

Itulah beberapa langkah yang mungkin bisa jadi solusi alternatif bagi anda untuk mengatasi kesalahan perayapan yang terjadi pada Google Webmaster, lebih tepatnya kesalahan untuk halaman yang tidak ditemukan, 404 page not found. Semoga solusi diatas bisa bermanfaat untuk anda. Anda dapat menyampaikan tanggapan anda melalui kotak komentar yang ada di bagian bawah, sistem komentar blog ini menggunakan layanan Disqus, namun anda tidak harus memiliki akun untuk dapat berkomentar, silakan aktifkan guest comment. Anda juga dapat membuat kiriman melalui halaman contact blog ini, jika tidak sedang sibuk admin akan segera menanggapi kiriman anda. Terima kasih dan sampai jumpa.

Next

Related