Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Suka dengan konten Maringngerrang.com?
Jika kamu merasa terbantu dengan konten di blog ini, silakan dukung kami melalui Saweria.co/maringngerrang. Dukungan berharga dari kalian semua-lah yang membuat blog ini bisa tetap hadir di hadapan kamu. Terima kasih!

Cara Memasang Lagu Pilihan Sendiri di Blogger

Cara Memasang Lagu Pilihan Sendiri di Blogger

Bisakah Blogger Dipasangi Lagu?

Apakah kamu pernah mengunjungi sebuah halaman situs, khususnya blog yang secara otomatis memainkan lagu saat halaman tersebut dibuka!? Apakah kamu pernah berpikir untuk melakukan hal yang sama jika kamu punya blog, memasang lagu yang bisa didengarkan oleh pengunjung blog!? Pada awal perkembangan (beberapa tahun silam), banyak orang yang menyisipkan lagu-lagu dalam blog mereka yang ditujukan untuk dinikmati oleh penunjung blog.

Beberapa orang ada yang menganggap bahwa memasang atau menyisipkan lagu di blog merupakan hal yang dapat mempengaruhi tingkat SEO (Search Engine Optimized) blog tersebut dalam mesin pencari, contohnya Google. Atau hal tersebut bisa mengganggu pengunjung blog yang mempunyai koneksi internet kurang lancar. Akan tetapi dalam beberapa kasus sebenarnya memasang lagu atau musik pada salah satu halaman blog merupakan hal yang perlu, misal sebagai penunjang konten tulisan dalam blog tersebut.

Pada perkembangan industri musik saat ini yang sudah semakin ketat dengan hukum hak cipta yang berlaku, banyak hal yang mulai dibatasi terkait menampilkan karya orang lain, khususnya dalam hal ini musik atau lagu, yang tidak melanggar aturan hak cipta. Namun bagi kamu yang membutuhkan alternatif terbaik untuk memasang lagu di blog, mari kita bahas pada beberapa poin berikut.

Cara Memasang/Menyisipkan Lagu di Blogger

Ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk memasang lagu di Blogger, tetapi seperti yang diketahui bersama bahwa Blogger tidak menyediakan file hosting khusus yang bisa digunakan untuk menyimpan file secara umum. Oleh karena itu tentunya untuk memasang lagu di Blogger kamu akan memerlukan bantuan pihak ketiga, yang dalam hal ini adalah file hosting atau music host seperti Soundcloud.

# Memasang Lagu di Blogger Menggunakan Soundcloud

Salah satu cara yang bisa kamu gunakan untuk menyisipkan lagu pilihan sendiri di Blogger adalah memanfaatkan fitur yang tersedia dari Soundcloud. Bagi kamu yang belum tahu, Soundcloud merupakan situs berbagi track atau lagu yang bisa juga dibagikan secara private. Untuk menggunakan Soundcloud untuk memasang lagu di Blogger, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.
  1. Buka Soundcloud dan pada kotak pencarian kamu bisa mencari judul lagu atau nama penyanyi yang kamu inginkan.
  2. Setelah lagu yang kamu cari ditemukan, klik tombol Share yang ada di bawah lagu tersebut.
  3. Setelah itu klik bagian Embed dan atur sesuai keinginan kamu untuk warna dan autoplay jika dibutuhkan.
  4. Cara Memasang Lagu Pilihan Sendiri di Blogger
  5. Setelah selesai, klik kotak pada bagian Code dan salin kode yang ada dalam kotak tersebut. Selanjutnya kamu bisa meletakkan kode tersebut dalam postingan kamu di Blogger.
  6. Pastikan kode Embed dari Soundcloud kamu paste dalam mode penulisan HTML di postingan blog kamu.

# Memasang Lagu di Blogger Menggunakan Google Drive

Kamu mungkin sudah tau apa itu Google Drive dan kemungkinan kamu juga menggunakannya. Google Drive bisa kamu manfaatkan sebagai salah satu cara yang cukup mudah untuk memasang lagu pilihan sendiri di Blogger. Kamu bisa menyimpan/upload file musik/lagu pada Google Drive kemudian menyisipkan link nya pada blog kamu. Untuk lebih mudahnya kamu bisa ikuti langkah-langkah berikut ini.
  1. Buka Google Drive kemudian klik "Kunjungi Google Drive" jika kamu belum login dengan akun kamu.
  2. Setelah login dengan akun gmail kamu, silakan upload lagu yang ingin kamu pasang di blog pada Google Drive.
  3. Selanjutnya kamu perlu mengatur agar file lagu/musik tersebut tersedia untuk publik. Klik kanan pada file lagu yang telah kamu upload kemudian pilih Bagikan.
  4. Cara Memasang Lagu Pilihan Sendiri di Blogger
  5. Setelah itu klik pada bagian Dapatkan link lalu pastikan dapat dilihat oleh "Siapa saja yang memiliki link" dan pilih Pengakses lihat-saja. Setelah itu klik Salin link.
  6. Cara Memasang Lagu Pilihan Sendiri di Blogger
  7. Kemudian perhatikan link yang telah kamu salin tersebut, biasanya bentuknya seperti https://drive.google.com/file/d/1S6IPIaBMwRod1eYZDK_aLhxeHleNvwTN/view?usp=sharing, dan bagian yang ditandai adalah kode ID yang diperlukan untuk langkah selanjutnya.
  8. Selanjutnya copy kode berikut ini dan ganti IDFILE dengan kode ID dari link yang kamu salin sebelumnya.
  9. <audio controls="">
        <source src="https://docs.google.com/uc?export=open&amp;id=IDFILE" type="audio/mp3"></source>
    </audio>
  10. Kemudian silakan paste kode tersebut dalam postingan di blog kamu. Tapi pastikan kamu paste dalam mode penulisan HTML (pada Blogger terbaru klik ikon <>.
  11. Untuk melakukan pengaturan/konfigurasi pada tag audio yang kamu pasang, akan dijelaskan pada poin selanjutnya di bawah.

# Memasang Lagu di Blogger Secara Manual

Kemudian cara selanjutnya untuk memasang lagu pilihan sendiri di Blogger adalah dengan cara manual. Cara manual di sini maksudnya adalah menggunakan direct link dari file lagu/musik yang ingin kamu gunakan yang biasanya memerlukan hosting file tertentu.

Jika kamu memiliki file hosting sendiri, khususnya yang bisa berfungsi sebagai web file host, kamu bisa memanfaatkannya sebagai tempat menyimpan lagu yang link nya bisa digunakan. Salah satu contohnya yang gratis adalah Github. Jika kamu sudah memiliki link lagu/musik yang ingin kamu gunakan, selanjutnya kamu bisa memasangnya pada kode embed lagu berikut.

Kode Dasar Embed Lagu

Kode embed lagu yang bisa kamu pasang di manapun kamu inginkan, termasuk di dalam postingan Blogger, adalah sebagai berikut. Kamu bisa mengganti AUDIO_URL dengan link lagu/musik kamu.

<audio controls="">
    <source src="AUDIO_URL" type="audio/mp3"></source>
</audio>

Autoplay

Untuk mengatur agar lagu/musik langsung dimainkan secara otomatis ketika halaman terbuka, kamu bisa menambahkan atribut autoplay pada tag audio sehingga hasilnya seperti berikut ini.

<audio controls="" autoplay="">
    <source src="AUDIO_URL" type="audio/mp3"></source>
</audio>

Loop

Kemudian jika kamu ingin agar lagu yang dimainkan akan diulangi setelah lagu tersebut selesai, kamu bisa menambahkan atribut loop pada tag audio sehingga hasilnya seperti berikut ini.

<audio controls="" loop="">
    <source src="AUDIO_URL" type="audio/mp3"></source>
</audio>

URL Audio

Perlu kamu perhatikan bahwa bagian URL Audio yang kamu isikan dengan link dari lagu/musik kamu tidak boleh menggunakan temporary link. Apa itu temporary link? Jadi pada link download yang disediakan situs seperti, Google Drive, Soundcloud, 4Shared, Mediafire, dll adalah jenis temporary link, dimana direct link yang diberikan akan kadaluwarsa dalam jangka waktu tertentu.

Yang kadaluwarsa sebenarnya bukan file nya, hanya link nya saja, jadi mungkin kamu pernah mendapati kondisi di mana sebuah file akan gagal download ketika di-pause dalam jangka waktu tertentu.

Oleh karena itu, jika kamu menggunakan direct link dari file host, pastikan itu bukan temporary link atau link kamu hanya bisa diakses sementara, atau yang dalam hal ini link untuk lagu, maka lagu tersebut hanya dapat dimainkan sementara pada blog kamu.

Penutup

Itulah beberapa langkah yang dapat kamu coba untuk menyisipkan lagu pilihan sendiri di blogger, memasang lagu di Blogger bisa cukup mudah dengan cara-cara tersebut. Kamu bisa mencoba membuat kreasi kamu dengan kode-kode di atas, semoga pembahasan dalam tulisan ini bisa bermanfaat untuk kamu dan bisa memberikan wawasan dan pengetahuan baru. Apabila terdapat hal-hal yang kurang jelas dan perlu ditanyakan, silakan sampaikan pada kolom komentar di bawah atau melalui halaman contact blog ini. Terima kasih dan sampai jumpa!

Posting Komentar untuk "Cara Memasang Lagu Pilihan Sendiri di Blogger"

Dapatkan Info Terbaru!