Thursday, December 10, 2015

Mengetik dengan Menggunakan Font Aksara Lontara

Mengetik dengan Menggunakan Font Aksara Lontara

Baiklah dalam posting kali ini saya akan membahas mengenai cara mengetik dengan menggunakan font Lontara (aksara) bugis. Lontara Bugis merupakan aksara yang telah digunakan sejak dahulu kala dan terus diturunkan dari generasi ke generasi dan digunakan pada hampir seluruh daerah di Sulawesi Selatan.

Menurut budayawan Prof Mattulada (alm), bentuk aksara lontara berasal dari "sulapa eppa wala suji". Wala Suji berasal dari kata wala yang artinya pemisah/pagar/penjaga sedangkan suji yang berarti putri. Wala Suji adalah sejenis bambu yang digunakan dalam acara atau ritual kebudayaan yang berbentuk belah ketupat. Sulapa eppa yang berarti empat sisi merupakan bentuk mistis dari kepercayaan Bugis-Makassar klasik yang menyimbolkan susunan semesta, api-air-angin-tanah.

Lontara terdiri dari 23 aksara yang penggunaannya didasarkan pada kemiripan penyebutan, sebab pada tulisan aksara lontara tidak terdapat beberapa kombinasi yang biasa digunakan seperti manoreng, macenning dan kombinasi dua huruf mati yang berdekatan lainnya. Oleh sebab itu pergeseran gaya bahasa tidak sesuai digunakan untuk dituliskan dalam aksara lontara. Secara umum aksara lontara berbentuk seperti gambar Ka Ga Nga Ngka berikut:

Aksara Lontara Bugis Lengkap Ka Ga Nga Ngka Untuk Belajar Bahasa Bugis dan Belajar Menulis Aksara Lontara

Dahulu kala huruf lontara ini pada umumnya digunakan untuk menulis tata aturan pemerintahan dan kemasyarakatan. Naskah ditulis pada daun lontar menggunakan lidi atau kalam yang terbuat dari ijuk kasar dengan ukuran kurang-lebih sebesar lidi.

Namun disini saya tidak akan membahas lebih jauh mengenai sejarah dan latar belakang penggunaan Lontara, tetapi mengenai pelestarian penggunaannya, menjaga agar warisan berharga yang satu ini tidak hilang ditelan masa. Salah satu upayanya adalah dengan penggunaan lontara pada font komputer dan perangkat lain.

aEKn ri meblea ri lipu wnua lea edec muw ro ausp ewlai wnuaku.

Silahkan anda download font Lontara Bugis pada link berikut ini.

Untuk install, silahkan ekstrak file yang telah sobat download, kemudian klik kanan pada file Font Lontara Bugis kemudian pilih Install.

Mengetik dengan Menggunakan Font Aksara Lontara

Bagaimana menggunakannya?

Setelah proses instalasi font selesai anda dapat menggunakan font lontara dengan memilih nama font BugisA. Misalnya buka Microsoft Word lalu pilih font dengan nama BugisA.

Menggunakan Font Lontara Bugis

Itulah beberapa pembahasan yang dapat saya sampaikan kepada anda tentang salah satu budaya Bugis yang sebagai generasi mudanya tidak boleh kita hilangkan begitu saja, kita harus menjaga budaya ini sebab sejarah dan nilai perjuangan di dalamnya amat berarti meski mungkin tidak akan pernah kita ketahui. Jika teman-teman ingin menyampaikan sesuatu tentang posting ini, silakan sampaikan melalui kotak komentar yang ada di bawah halaman ini, sistem komentar blog ini menggunakan Disqus namun anda tidak harus memiliki akun untuk bisa berkomentar, silakan sampaikan komentar anda sebagai tamu (guest comment) tanpa perlu login. Atau anda juga dapat mengirimkan pesan anda melalui halaman contact blog ini, jika tidak sedang sibuk admin akan segera membalas kiriman anda. Terima kasih telah berkunjung di blog ini, sampai jumpa.

Next

Related