Cara Mengetahui Merk & Tipe Laptop di Windows

Cara Mengetahui Merk & Tipe Laptop di Windows

Tentang merek dan tipe Laptop/PC

Saat ini laptop telah menjadi kebutuhan bagi sebagian besar orang, meskipun ditengah popularitasnya smartphone dan perangkat mobile lainnya, namun laptop masih menjadi pilihan utama untuk berbagai keperluan. Sama seperti smartphone, laptop atau komputer portabel ini tersedia dengan berbagai tipe, merek, dan spesifikasi tergantung kebutuhannya.

Penggunaan laptop telah cukup populer dibandingkan penggunaan PC desktop di kalangan pengguna. Alasan utama sebagian besar orang lebih memilih laptop ialah dari segi ukuran. Laptop jauh lebih mudah untuk dibawa-bawa dan dipindahkan dibandingkan PC desktop, atau komputer yang mempunyai CPU dan Monitor terpisah.

Meskipun saat ini juga telah tersedia PC AIO (All in One), yaitu komputer meja yang CPU nya telah ditanamkan pada satu bagian yang sama dengan monitor. Hampir sama seperti laptop hanya saja PC AIO tidak mempunyai baterai, touchpad, dan keyboard yang terpasang pada bagian yang sama.

Pentingnya mengetahui tipe laptop

Walaupun bisa dibilang saat ini sebagian besar orang sudah memiliki laptop atau PC, namun hanya sebagian besar mereka hanya mengenal/mengetahui merek laptopnya saja, hanya sebagian kecil yang tau dan kenal tipe dari laptop tersebut.

Mengapa!? Karena tipe laptop bukanlah sesuatu yang wajib dan urgent untuk diketahui. Tetapi merek dan tipe laptop tetap saja merupakan bagian penting yang perlu diketahui oleh pemiliknya. Terutama bagi yang suka melakukan perawatan sendiri seperti, install ulang dan bongkar pasang bagian internal laptop. Yang membuat merek dan tipe laptop/PC penting untuk diketahui ada beberapa hal
  1. Untuk memudahkan download Hardware Driver saat laptop di-install ulang
  2. Untuk memudahkan pencarian solusi kerusakan dan perawatan melalui internet dengan keyword tipenya
  3. Untuk memudahkan pencarian komponen laptop di pasaran
  4. Untuk mengenali perbedaan/perbandingan harga laptop di pasaran
  5. Untuk memudahkan pembelian aksesoris khusus seperti, stiker, karet keyboard, anti gores, dll

Cara melihat merek & tipe laptop di Windows

Untuk mengetahui merek dan tipe laptop sebenarnya sama saja pada semua versi Windows. Semua versi Windows tersebut akan menampilkan informasi yang sama pula.

Kamu perlu membuka jendela DirectX Diagnostic Tool, atau yang disebut Dxdiag. Ada 2 cara yang bisa kamu pilih untuk menampilkan jendela DirectX Diagnostic Tool tersebut. Pilih salah satu cara berikut:

Cara pertama membuka DirectX Diagnostic Tool di Windows

  1. Tekan tombol Windows + R di keyboard. Tombol Windows adalah tombol berlogo Windows di keyboard
  2. Cara Mengetahui Merk & Tipe Laptop di Windows
  3. Pada jendela "Windows Run" ketik dxdiag lalu tekan ENTER. Jika muncul pilihan, maka pilih Yes

Cara kedua membuka DirectX Diagnostic Tool di Windows

Cara kedua yang bisa kamu lakukan yaitu melalui pencarian Start. Buka menu Start di laptop kamu lalu pada kotak pencarian tuliskan dxdiag. Ketika muncul pilihannya pilih yang berlogo x berwarna kuning dengan lingkaran biru.

Cara Mengetahui Merk & Tipe Laptop di Windows

Melihat merek dan tipe laptop di dxdiag Windows

Ketika muncul jendela DirectX Diagnostic Tool pada tab System lihat System Manufacturer dan System Model, tertulis merek dan tipe laptop kamu disampingnya. Contohnya PC yang saya gunakan Merk Acer dengan tipe Aspire ZC-605.

Cara Mengetahui Merk & Tipe Laptop di Windows

Itulah beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk melihat merek dan tipe laptop di Windows melalui DirectX Diagnostic Tool dengan mudah dan cepat. Selain itu sebenarnya kamu juga bisa melihat merek dan tipe laptop melalui label yang biasanya ada di bagian bawah. Jika label tersebut tidak terhapus atau terlepas. Biasanya terdapat informasi mengenai merek dan tipe laptop pada label di bagian bawah laptop yang posisi yang berbeda-beda tiap merek. Biasanya ditulis dengan Model No atau Serial No dan sebagainya.

Kalau ada hal-hal yang kurang jelas, jangan sungkan untuk menyampaikannya melalui komentar di bawah atau bisa melalui halaman contact blog ini. Semoga artikel ini bisa bermanfaat. Terima kasih dan sampai jumpa!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel