Mengembalikan Widget Blogger yang Terhapus

Mengembalikan Widget Blogger yang Terhapus

Tentang widget Blogger

Sebagai salah satu blog engine yang cukup populer, Blogger telah menyediakan berbagai fitur dan kemudahan yang diberikan kepada penggunanya. Termasuk kemudahan penggunaan dan fitur pengaturan tampilan yang mudah disesuaikan tergantung dengan keinginan penggunanya.

Salah satu fitur yang paling banyak digunakan oleh pengguna Blogger yaitu "Layout" atau yang dalam bahasa Indonesia sering dilihat pada bagian "Tata Letak". Pada menu Layout pengguna bisa mengatur tampilan blog dengan lebih mudah dan cepat, diantaranya menambahkan atau menghapus widget.

Widget, atau yang dalam menu Blogger disebut "Gadget", pada dasarnya merupakan sebuah tag khusus pada HTML Blogger yang memungkinkan penggunanya untuk memodifikasi isi dari tag tersebut. Namun secara sederhananya widget di Blogger seperti sebuah "sticky note" yang bisa ditempel di bagian mana saja di halaman blog yang memungkinkan seperti, sidebar, header, maupun footer.

Widget, atau yang saya gambarkan sebagai "sticky note" tersebut bisa diisi sesuai keinginan pemiliknya, misalnya diisi dengan daftar label postingan, profil penulis, arsip blog, daftar postingan ter-populer, bahkan dengan kode HTML apa saja yang diinginkan.

Mengembalikan Widget Blogger yang Terhapus

Mengembalikan widget Blogger yang terhapus

Selain bisa menambahkan widget, pengguna juga bisa menghapus widget yang terpasang di blog, meskipun tidak semua widget tersebut bisa dihapus sebab terdapat widget "wajib" yang tidak boleh dihilangkan seperti, widget postingan dan header blog. Namun apa yang terjadi jika misalnya pengguna melakukan kesalahan dan menghapus widget yang sebenarnya tidak ingin dihapus!?

Salah satu cara mengatasinya yaitu dengan sering melakukan backup terhadap kode HTML dan postingan blog, kamu bisa membacanya tips backup Blogger di sini. Selain bisa meminimalisir kehilangan data, backup juga bisa menjadi arsip perubahan blog yang sewaktu-waktu bisa digunakan kembali, termasuk mengamankan widget blog.

Tetapi jika tidak sempat melakukan backup dan widget sudah terlanjur hilang, maka masih ada cara yang bisa kamu coba untuk menyelamatkan widget yang terhapus tersebut seperti sedia kala. Tapi ada syarat untuk bisa mengembalikan widget tersebut, yaitu:
  1. Widget hilang karena dihapus bukan karena sudah di edit
  2. Perubahan yang terjadi setelah widget di edit tidak dapat dikembalikan
  3. Mengetahui nama id dari widget yang terhapus

Untuk syarat ketiga tersebut, kamu perlu mengetahui nama id dari widget yang akan kamu kembalikan. Untuk mengetahui nama id widget dengan mudah kamu bisa membacanya di sini. Selanjutnya ikuti langkah-langkah berikut ini:
  1. Buka Blogger
  2. Pada bagian Tema klik tombol Edit HTML
  3. Temukan kode <b:section class='sidebar' id='sidebar' preferred='yes'>
  4. Tambahkan kode berikut di bawahnya
  5. <b:widget id='HTML4' locked='false' title='Nama Widget' type='HTML'/>
  6. Ganti bagian HTML4 dengan nama id widget yang ingin kamu kembalikan
  7. Refresh halaman tersebut dengan CTRL + R atau F5 pada keyboard
  8. Buka pada bagian Tata Letak dan lihat widget baru yang muncul dan lihat isi dari widget tersebut

Setelah itu jika kamu tidak yakin itulah isi dari widget tersebut kamu bisa mengganti lagi nama id widget dengan melakukan cara di atas. Khususnya jika nama id widget tidak bisa diingat dengan baik. Itulah beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk mengembalikan widget di blogger yang telah terhapus, semoga artikel ini bisa bermanfaat. Jika ada hal-hal yang kurang jelas, maka jangan sungkan untuk menyampaikannya melalui komentar di bawah, atau melalui halaman contact blog ini. Terima kasih dan sampai jumpa!

Related Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel