Cara Mudah Backup Kode HTML Blogger

Cara Mudah Backup Kode HTML Blogger

Apa gunanya backup!?

Dalam posting kali ini saya akan membahas tentang cara mudah untuk backup kode HTML blog kita. Kata "backup" bagi sebagian orang mungkin tidak asing lagi, kata ini sering terdengar. Dimana kita sering membacanya? Di komputer dan di internet utamanya.

Backup adalah kegiatan membuat cadangan suatu arsip data dari komputer dengan cara menyalin agar data tersebut dapat digunakan kembali ketika terjadi kerusakan atau kehilangan data. Backup sangat baik dilakukan pada data yang sensitif dan sangat penting.

Dalam sebuah blog, salah satu data yang paling penting adalah kode HTML blog tersebut. Dalam beberapa kesalahan kode HTML dapat menghancurkan blog itu sendiri, maka tidak ada salahnya jika kode tersebut disalin ke tempat yang lebih aman.

Cara mudah backup Blogger

Bagi seorang Blogger yang senang melakukan modifikasi terhadap blognya mungkin perlu sering melakukan ini. Yaitu backup. Apa yang di-backup? Yaitu kode HTML yang dimodifikasi. Agar suatu ketika jika terjadi hal-hal yang kurang berkenan bisa melakukan restore terhadap kode dan konten yang ada di blog tersebut.

Ada beberapa hal yang perlu dan penting untuk di-backup ketika menggunakan Blogger. Pertama adalah kode HTML Blogger, yaitu kode yang dipakai oleh template yang kamu gunakan. Dan yang kedua adalah posting di Blogger. Ini adalah yang paling penting mengingat konten adalah nyawa dari sebuah blog. Baiklah, kamu bisa mengikuti cara-cara berikut ini:

A. Backup kode HTML Blogger

Ada dua cara yang bisa kamu pilih untuk melakukan backup terhadap kode HTML di blogger kamu. Cara pertama dengan download file XML nya dan cara kedua dengan menyimpannya secara manual.

Cara pertama: download kode HTML Blogger

  1. Buka Blogger
  2. Pada bagian Tema klik tombol strong Backup / Pulihkan
  3. Tekan tombol Download tema
  4. Tunggu hingga proses loading dan download selesai, lalu simpan file XML yang telah di download pada tempat penyimpanan backup kamu

Cara kedua: copy kode HTML Blogger

  1. Buka Blogger
  2. Pada bagian Tema klik tombol Edit HTML
  3. Klik pada kode HTML yang muncul lalu tekan CTRL + A
  4. Salin seluruh kode tersebut dengan menekan CTRL + C
  5. Buka text editor Notepad, atau Notepad++ atau Sublime Text
  6. Tempel kode HTML tadi pada text editor tersebut, lalu tekan CTRL + S
  7. Khusus untuk Notepad, saat melakukan proses penyimpanan, ganti Encoding dari ANSI menjadi UTF-8

B. Backup konten/posting Blogger

Seperti yang sudah diketahui bahwa posting pada sebuah blog bisa dibilang merupakan bagian yang lebih penting dibandingkan template. Sebab posting adalah bagian utama yang menentukan popularitas dan karir sebuah blog. Oleh karena itu penting untuk rutin melakukan backup terhadap posting blogger dengan menggunakan cara berikut ini:
  1. Buka Blogger
  2. Pada bagian Setelan pilih pengaturan Lainnya
  3. Pada bagian Impor & backup, klik tombol Backup konten
  4. Tunggu hingga proses loading selesai, proses ini mungkin membutuhkan waktu, tergantung dari jumlah postingan yang ada di blog kamu dan kecepatan jaringan internet yang kamu gunakan
  5. File XML akan di download secara otomatis. Simpan file tersebut pada tempat penyimpanan backup kamu
  6. Untuk melakukan Restore atau import konten yang telah di backup kedalam sebuah blogger, kamu bisa menekan tombol Impor konten

Itulah beberapa langkah dan cara mudah yang bisa kamu gunakan untuk melakukan backup terhadap data penting di Blogger. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kamu. Jika ada hal yang kurang jelas, maka jangan sungkan untuk menyampaikannya pada komentar di bawah atau melalui halaman contact blog ini. Terima kasih dan sampai jumpa!

Related Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel