Cara Melihat Kode Pos Setiap Daerah Seluruh Indonesia

Cara Melihat Kode Pos Setiap Daerah Seluruh Indonesia

Tentang kode pos

Kode pos, atau yang dalam bahasa Inggris disebut ZIP Code merupakan salah satu hal yang mungkin paling sering didengar. Khususnya bagi yang gemar belanja online dan melakukan pengiriman barang antardaerah. Kode pos merupakan beberapa digit angka (bahkan ada yang pakai huruf) yang digunakan pada alamat surat untuk mempermudah pengelompokan surat saat akan dikirim.

ZIP Code merupakan singkatan dari Zone Improvement Plan yang dalam bahasa Indonesia disebut kode pos sebab digunakan oleh petugas pos untuk memudahkan dalam mengelompokkan setiap surat dan barang yang akan dikirim ke setiap daerah. Dengan menggunakan kode pos tahap pengelompokan barang dapat dilakukan dengan lebih cepat.

Namun terkadang juga kode pos bukan hanya digunakan untuk mengirim barang atau surat, tetapi juga banyak diperlukan sebagai bahan isian dalam melengkapi formulir profil, alamat dan sebagainya.

Di wilayah Indonesia, kode pos umumnya terdiri dari 5 digit angka sampai 6 digit angka untuk beberapa lokasi yang memerlukan detail lebih. Dari sekian banyak wilayah di Indonesia yang sebagian besar memiliki kode pos yang berbeda-beda, tentunya terkadang perlu mengetahui kode pos dari suatu wilayah. Sebab memang cukup sulit untuk mengingat kode pos.

Cara mengetahui kode pos seluruh Indonesia

Mungkin cukup mudah untuk mengingat kode pos di mana rumah kita berada, namun untuk bisa melihat dan mengetahui kode pos dari setiap wilayah di Indonesia, mungkin kamu memerlukan daftar lengkap kumpulan kode pos setiap wilayah di Indonesia. Untuk melihat daftar lengkap tersebut, kamu bisa mengaksesnya melalui situs resmi Pos Indonesia dan menemukan kode pos setiap wilayah mana saja di Indonesia yang kamu perlukan.


Penutup

Itulah cara mudah dan cepat yang bisa kamu lakukan untuk mengetahui kode pos setiap wilayah di Indonesia. Semoga artikel ini bisa membantu, jika ada hal yang kurang jelas, maka jangan sungkan untuk menyampaikannya melalui komentar di bawah atau melalui halaman contact blog ini. Terima kasih dan sampai jumpa!

Related Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel