Cara Mudah Mengetahui ID Widget di Blogger

Cara Mudah Mengetahui ID Widget di Blogger

Dalam posting kali ini saya akan membahas tentang cara mengetahui ID suatu widget blog. Tapi terlebih dahulu apa saja keuntungan jika mengetahui ID suatu widget? Pertama kamu akan bisa mengembalikan widget tersebut meskipun telah terhapus. Kedua untuk memodifikasi kode HTML blog tersebut, dan fungsi lainnya yang mungkin belum saya ketahui.

ID widget (atau yang biasa disebut sebagai gadget) pada dasarnya merupakan nomor urut pembuatan widget tersebut, misalnya untuk widget HTML/Javascript yang pertama kali kamu buat di sebuah blog akan diberikan nomor ID dengan "HTML1", kemudian widget (yang sama) selanjutnya diberi ID "HTML2" dan begitulah seterusnya, ID ini sebenarnya berfungsi untuk membedakan antara widget yang satu dengan widget yang lain sehingga dapat diberi nilai CSS masing-masing dalam style yang berbeda.

Disini saya memiliki dua cara untuk mengetahui ID widget, cara pertama melalui Dashboard - Tata Letak yang ada di blogger dan yang kedua melalui Edit HTML. Sebenarnya untuk mengetahuinya sederhana saja, ID dari sebuah widget hanya berupa nama dari jenis widget tersebut kemudian diberi indeks. Nah, saya akan menjelaskan kedua cara tersebut.

Cara mengetahui ID Widget

Cara Pertama

  1. Buka Blogger
  2. Buka bagian Tata Letak atau Layout
  3. Arahkan kursor ke link/tombol Edit (tanpa di klik) pada salah satu widget
  4. Klik kanan pada tombol/link Edit lalu pilih Salin alamat link
  5. Tempelkan kode tersebut pada Notepad lalu temukan bagian widgetId=HTML14 yang merupakan nama id dari widget tersebut

Cara Mudah Mengetahui ID Widget di Blogger

Cara Kedua

  1. Buka Blogger
  2. Pada bagian Tema klik tombol Edit HTML
  3. Klik tombol Lompat ke widget untuk menampilkan nama id semua widget yang terpasang di blog kamu, klik salah satunya untuk melihat isi widget tersebut

Cara Mudah Mengetahui ID Widget di Blogger

Penutup

Itulah dua cara mudah yang bisa kamu coba untuk mengetahui ID widget yang ada di blogger. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat untuk kamu. Jangan lupa untuk memberikan komentar terbaik kamu di bawah, baik berupa pertanyaan ataupun pernyataan. Terima kasih dan sampai jumpa!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel