Cara Konfigurasi Emulator Playstation 1 ePSXe di PC

Cara Konfigurasi Emulator Playstation 1 ePSXe di PC

Playstation 1 dan ePSXe

Saat ini konsol game semakin canggih dan memiliki kualitas grafis yang semakin realistik. Jika dibandingkan dengan awal abad ini, perkembangan game bisa dibilang baru mulai berkembang. Bagi anak 90-an tentunya tidak asing dengan berbagai jenis game jaman dulu yang sering dimainkan pada konsol game Playstation 1 atau yang sering disebut PS1.

Seri pertama PS1 merupakan awal dimana saya mulai mengenal dunia game, mulai berkenalan dengan berbagai game legendaris yang saat ini dikembangkan ke seri terbaru atau ada juga yang tetap menjadi permainan legendaris. Mengapa saya katakan legendarsi, sebab permainan-permainan tersebut meskipun sederhana dari segi kualitas gambar, namun kebanyakan alur permainan yang tentunya masih melekat di ingatan, salah satunya yang paling saya sukai adalah Harvest Moon: Back to Nature.

Meskipun Playstation 1 atau PS1 saat ini telah berusia cukup tua sejak dirilis pertama kali di tahun 1990, beberapa jenis permainannya masih dicari-cari sebagian orang yang ingin bernostalgia dengan permainan jaman dulu tersebut.

Namun untuk mencegah kepunahan beberapa permainan Playstation 1 yang bisa dibilang cukup me-legenda ini, dibuatlah emulator agar game Playstation 1 dapat dimainkan melalui komputer atau PC. Kamu bisa download emulator tersebut di sini. Setelah di download, emulator tersebut palu dikonfigurasikan dengan beberapa komponen.

Iya gan, gimana caran konfignya?

Wizard Guide

Jika sebelumnya kamu pernah meng-skip saat muncul pesan konfigurasi pertama kali, bukalah kembali konfig setup dengan cara buka emulator ePSXe.exe kemudian klik menu Config lalu pilih Wizard Guide.

Cara Konfigurasi Emulator Playstation 1 ePSXe di PC

Cara konfigurasi emulator ePSXe

Untuk melakukan konfigurasi pada emulator ePSXe di PC, kamu bisa menggunakan sistem operasi Windows yang ada di PC kamu, baik itu Windows 7 sampai Windows 10 saat ini tetap kompatibel untuk digunakan. Berikut langkah-langkah yang bisa kamu ikuti untuk konfigurasi ePSXe:
  1. Pada jendela Welcome, klik Config >> untuk memulai.
  2. Cara Konfigurasi Emulator Playstation 1 ePSXe di PC
  3. Kemudian setelah itu akan muncul jendela untuk konfigurasi BIOS emulatornya. Pilih yang direkomendasikan yaitu scph1001 - USA, kamu bisa pilih yang lain jika mau. Kemudian klik Next >>
  4. Cara Konfigurasi Emulator Playstation 1 ePSXe di PC
  5. Lalu selanjutnya untuk konfigurasi video, dalam jendela tersebut terdapat beberapa daftar yang direkomendasikan dari ePSXe team, cari dan pilih salah satu dari plugin video yang direkomendasikan tersebut kemudian klik Next>>. Sebaiknya pilih saja plugin P.E.Op.S. Soft Driver 1.16
  6. Cara Konfigurasi Emulator Playstation 1 ePSXe di PC
  7. Selanjutnya adalah Configuring the Sound atau konfigurasi plugin suaranya. Pada jendela ini pula ada beberapa plugin yang direkomendasikan oleh ePSXe team. Pilih salah satu yang direkomendasikan kemudian klik Next>>
  8. Cara Konfigurasi Emulator Playstation 1 ePSXe di PC
  9. Lalu konfigurasi plugin Cdrom emulatornya. Langsung saja klik Next>>
  10. Cara Konfigurasi Emulator Playstation 1 ePSXe di PC
  11. Selanjutnya yaitu konfigurasi Pads atau kontrol game ketika dimainkan, pada tahap ini cukup gunakan kontrol tombol secara default lalu klik Next>>. Untuk mengetahui tombol apa saja yang digunakan, baca di sini
  12. Cara Konfigurasi Emulator Playstation 1 ePSXe di PC
  13. Dan setelah itu selesailah proses konfigurasi emulator game Playstation kamu, cukup singkat bukan!?
  14. Cara Konfigurasi Emulator Playstation 1 ePSXe di PC

Cara menjalankan emulator ePSXe

Kamu dapat memulai memainkan game dengan mendapatkan file game yang berbentuk ISO - bisa di download dari beberapa blog yang menyediakan daftarnya - dan setelah itu klik File - Run ISO lalu temukan dan buka file gamenya untuk mulai bermain.

Cara Konfigurasi Emulator Playstation 1 ePSXe di PC

Kamu bisa mencoba salah satu game PS1 terbaik yaitu Harvest Moon Back to Nature, game simulasi kehidupan yang mengembangkan pertanian dan peternakan. Silakan download dan mainkan gamenya, baca di sini.

Itulah beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk mengatur konfigurasi pada emulator PS1 ePSXe di PC, selamat menikmati dan selamat bermain. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kamu. Jika ada hal yang kurang jelas, maka jangan sungkan untuk menyampaikannya pada komentar di bawah atau bisa juga melalui halaman contact blog ini. Terima kasih dan sampai jumpa!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel