Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Suka dengan konten Maringngerrang.com?
Jika kamu merasa terbantu dengan konten di blog ini, silakan dukung kami melalui Saweria.co/maringngerrang. Dukungan berharga dari kalian semua-lah yang membuat blog ini bisa tetap hadir di hadapan kamu. Terima kasih!

Menghitung Kombinasi dan Permutasi dengan Geogebra

Menghitung Kombinasi dan Permutasi dengan Geogebra

Dalam posting kali ini saya akan membahas mengenai cara menghitung kombinasi dan permutasi melalui sebuah perangkat lunak matematika yang disebut Geogebra.

Aplikasi Matematika Gratis: Geogebra

Terlebih dahulu kamu perlu mengenal dan mengetahui tentang apa itu Geogebra. Geogebra merupakan sebuah perangkat lunak gratis yang dapat digunakan untuk menyelesaikan beberapa permasalahan matematis, bahasa sederhananya software ini bisa mengerjakan soal matematika. Lebih tepatnya sesuai dengan nama dari aplikasi ini, Geogebra dapat digunakan untuk menggambar grafik dari sebuah fungsi/persamaan baik yang 2 dimensi maupun 3 dimensi (bangun ruang), atau hal-hal yang berhubungan dengan geometri.

Akan tetapi, sebagai sebuah aplikasi atau perangkat lunak matematika, geogebra bukan hanya dapat digunakan untuk menyelesaikan persoalan grafik atau menggambar layaknya persoalan yang banyak berhubungan dengan geometri. Tetapi Geogebra juga dapat digunakan untuk melakukan perhitungan dan melakukan operasi terhadap fungsi.

Menghitung Kombinasi dan Permutasi

Salah satu permasalahan yang akan diangkat dalam tulisan ini yaitu tentang kombinasi dan permutasi. Meskipun kombinasi dan permutasi tidak begitu berkaitan dengan geometri maupun fungsi, tetapi perangkat lunak seperti Geogebra dapat digunakan untuk menyelesaikan persoalan kombinasi dan permutasi tersebut.

Pertama-tama hal terpenting yang mungkin kamu persiapkan adalah pengetahuan tentang permutasi dan kombinasi itu sendiri. Secara umum, kombinasi dan permutasi biasanya dihitung dengan menggunakan persamaan umum berikut ini.

Menghitung Kombinasi dan Permutasi dengan Geogebra

Permutasi

Untuk menghitung kombinasi dan permutasi menggunakan Geogebra, tentu saja pertama-tama kamu harus membuka aplikasi Geogebra tersebut. Setelah itu pada tampilan awal saat Geogebra terbuka, masukkan fungsi dengan rumus sesuai dengan rumus Kombinasi (C) dan Permutasi (P) di atas.

Nah karena cara kerja aplikasi matematika yang satu ini menggunakan dasar fungsi, maka setiap perintah yang dimasukkan kedalam Geogebra akan dibuat dalam bentuk fungsi, oleh karena itu terlebih dahulu kita akan menggunakan fungsi P(n,k) sebagai persamaan untuk Permutasi.

Jadi pada jendela Geogebra, silakan masukkan rumus P(n,k)=n!/(n-k)! pada kotak Input yang ada di bagian bawah, persamaan tersebut merupakan rumus untuk menghitung Permutasi. Tekan Enter maka akan muncul sebuah fungsi P(n,k) dibagian kiri.

Menghitung Kombinasi dan Permutasi dengan Geogebra

Kombinasi

Selanjutnya kita akan mendefinisikan fungsi untuk menghitung kombinasi. Pada kotak input di Geogebra masukkan rumus C(n,k)=n!/(k!*(n-k)!) untuk mendefinisikan fungsi kombinasi tersebut, hampir sama seperti sebelumnya, fungsi yang digunakan tetap menggunakan dua variabel yang bentuknya C(n,k). Tekan Enter maka akan muncul sebuah fungsi baru dibagian kiri.

Menghitung Kombinasi dan Permutasi dengan Geogebra

Sekarang kedua rumus, kombinasi dan permutasi, telah kita bentuk dalam dua fungsi. Untuk menghitung kombinasi dan permutasi cukup masukkan fungsi dengan nilai n dan k diganti dengan bilangan. Misalnya untuk menghitung permutasi 8 dari 2 cukup tuliskan P(8,2) pada kotak input lalu tekan tombol Enter pada keyboard, maka akan muncul variabel a dengan nilai 28 yang merupakan nilai permutasi 8 dan 2.

Sedangkan untuk menggunakan fungsi kombinasi atau menghitung kombinasi, misalnya kita akan menghitung kombinasi 10 dari 4 tuliskan rumus C(10,4) pada kotak input dan Enter, maka akan muncul variabel b dengan nilai 210 yang merupakan nilai dari kombinasinya.

Menghitung Kombinasi dan Permutasi dengan Geogebra

Penutup

Itulah beberapa penjelasan singkat tentang Geogebra, kombinasi dan permutasi, serta cara menghitung kombinasi dan permutasi menggunakan Geogebra. Semoga pembahasan dalam artikel ini bisa bermanfaat dan bisa memberikan wawasan baru untuk kamu. Apabila ada hal-hal yang kurang jelas dalam artikel ini, kamu bisa menyampaikan pertanyaan pada kolom komentar di bawah atau melalui halaman contact blog ini. Terima kasih dan sampai jumpa!

Dapatkan Info Terbaru!