12 Sifat-Sifat Logaritma Mudah dan Lengkap

12 Sifat-Sifat Logaritma Mudah dan Lengkap

Bismillahirrohmanirrohim, dalam posting kali ini saya akan membahas tentang pelajaran matematika, tentang sifat-sifat logratima lengkap dan mudah dipelajari. Salah satu cabang matematika yang juga cukup menarik adalah Logaritma. Tapi sebelum melanjutkan akan saya jelaskan apa itu logaritma.

Pengertian Logaritma

Logaritma adalah suatu inversi (invers) atau kebalikan dari pemangkatan (pemangkatan disebut sebagai eksponen). Jadi logaritma digunakan untuk menentukan besar pangkat daris uatu bilangan. Dengan mempelajari logaritma kamu bisa mencari berapa nilai pangkat dari suatu bilangan jika diketahui hasilnya setelah dipangkatkan.

Mungkin terdengar sederhana, bukannya mencari pangkat itu cukup mudah!? Misalnya 3 pangkat berapa yang hasilnya 27? Kenapa harus pusing-pusing mempelajari logaritma?

Itu masih sangat mudah karena bilangan yang memiliki pangkat serta hasil pemangkatannya merupakan bilangan bulat. Tetapi bagaimana jadinya jika salah satunya bilangan desimal!? Misalnya, 6 pangkat berapa yang hasilnya 258,71?

Oleh karena itu logaritma dibutuhkan untuk membantu memecahkan permasalahan seperti itu. Jadi kamu bisa paham kenapa logaritma harus dipelajari. Sebab teori tentang logaritma ini tidak hanya digunakan pada bidang studi matematika saja, namun pelajaran kimia, fisika, musik, dan lainnya juga memanfaatkan teori logaritma.

Perhitungan dasar logaritma adalah jika alog b = c (dibaca a log b sama dengan c), maka ac = b. Kalian mungkin telah mempelajari hal itu di sekolah, namun satu hal yang terkadang sulit ditemukan dari logaritma ini adalah sifat-sifat persamaannya. Maka dari itu saya tampilkan beberapa sifat-sifat logaritma yang saya ketahui. Selamat belajar logaritma sobat.
  1. alog a = 1
  2. alog 1 = 0
  3. alog 0 = ∞
  4. alog -b = ∞
  5. alog b · c = alog b + alog c
  6. alog b ÷ c = alog b - alog c
  7. alog xb = b alog x
  8. alog ay = y
  9. anlog am = m ÷ n
  10. alog b = 1 ÷ blog a = log b ÷ log a
  11. aalog x = x
  12. alogn b = ( alog b)

Itulah tadi tentang sifat-sifat yang dimiliki oleh logaritma, sifat-sifat logaritma lengkap dan mudah dipelajari. Mungkin cukup sekian dari saya, jika ada yang ingin ditanyakan silahkan sampaikan pada kotak komentar dibawah atau melalui halaman contact blog ini. Terima kasih dan sampai jumpa!

Related Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel