Tuesday, October 24, 2017

Dua Cara Mudah Mengatasi Blokir KumpulBagi

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh. Beberapa waktu yang lalu saya sempat mencoba mengakses file saya yang tersimpan pada situs KumpulBagi, beberapa diantara teman-teman mungkin banyak yang tidak asing dengan situs file hosting yang satu ini, sebab ditilik dari namanya, Indonesia banget yah.

Namun satu kabar buruk bagi teman-teman yang mungkin sudah banyak menyimpan file pada situs ini, sebab belakangan ini situs KumpulBagi jadi lebih sulit untuk diakses sebab diblokir oleh beberapa layanan internet. Usut punya usut, hal ini dilakukan sebab beberapa konten yang terdapat dalam KumpulBagi memang mengandung unsur pornografi, namun disamping itu, situs ini banyak memberi manfaat bagi yang ingin menyimpan file pada cloud hosting sebab kelebihan dari KumpulBagi ini adalah tidak ada batasan untuk ukuran file yang bisa disimpan dan ukuran file yang dapat diunggah.

Oleh karena itu dengan memanfaatkan kemampuan IT yang jauh dari kata memadai akhirnya saya mencoba untuk menyiasati keadaan ini, mencoba mencari jalan yang bisa menjadi solusi dengan mudah dan cepat tanpa harus mengeluarkan biaya dan tanpa harus menghabiskan banyak waktu. Setelah dicoba dan dicoba, akhirnya saya berhasil pada percobaan kedua. Sebab itu saya akan membagikan kepada teman-teman yang juga mungkin menghadapi masalah yang sama seperti saya, tetapi di sini saya akan membahas kedua cara yang telah saya coba, meskipun salah satu cara itu belum berhasil pada laptop saya, namun tidak ada yang tahu, bisa saja cara tersebut ampuh untuk orang lain, cekidot berikut ini liputannya.

Cara Pertama

Cara pertama ini adalah cara kedua yang saya coba dan terbukti berhasil untuk saya, tetapi semoga saja juga berhasil untuk teman-teman. Caranya kita hanya perlu memasang sebuah plugin ringan pada perangkat browser kita, Mozilla Firefox atau Google Chrome.

Pertama-tama silakan teman-teman download plugin tersebut sesuai dengan jenis browser yang teman-teman gunakan, disini saya hanya memberikan link untuk dua browser yang umumnya digunakan, jadi kalau teman-teman tidak punya salah satu dari browser tersebut mungkin bisa mencari sendiri link pluginnya atau memasang browser baru.

Plugin tersebut adalah Anonymox, Anonymox pada awalnya hanyalah add-ons pada Mozilla Firefox yang digunakan untuk mengakses jaringan internet secara anonim. Artinya adalah kita menjelajah dalam jaringan internet secara bebas tanpa batasan identitas negara. Oleh karena itu, jika menggunakan bantuan Anonymox kita bisa saja mengakses sebuah situs namun dianggap sebagai pengunjung dari negara lain.

Lalu apa untungnya hal tersebut?

Nah ini dia yang menarik. Perlu teman-teman ketahui bahwa dunia internet memiliki kesamaan di dunia nyata, seperti hukum wilayah, di mana kita berada maka aturan di daerah tersebutlah yang akan berlaku untuk kita. Sebagai pengguna jaringan internet kita diwajibkan untuk mengikuti aturan ber-internet sesuai dengan teritorial mana kita berada. Jadi situs, hasil pencarian, penawaran, bahkan promosi yang kita lihat merupakan hasil penyaringan (filter) yang sesuai dengan daerah tempat di mana kita mengakses dan membuka jaringan internet.

Oleh sebab itu, termasuk aturan untuk melarang sebuah situs diakses dan dibuka oleh pengguna tertentu atau untuk setiap orang, juga ditentukan dengan aturan wilayah ini, saat suatu negara memblokir sebuah situs dan melarang publik untuk mengaksesnya, maka bisa jadi aturan tersebut berlaku di negara A namun tidak berlaku di negara B. Maka jika pengunjung dari negara B mengakses situs yang dilarang oleh negara A, tentu akan sah sah saja, bukan.

Gambaran diatas mungkin sedikit banyak telah memberi penjelasan sederhana tentang cara kerja aAonymox ini. Maka untuk KumpulBagi, situs tersebut hanya diblokir untuk pengguna internet dari Indonesia, pengguna internet dari negara lain, tentu akan sah sah saja, bukan. Oleh sebab itu, silakan teman-teman mencoba membuka KumpulBagi dengan "menyamar" menjadi pengunjung dari negara lain. Baiklah, berikut ini link download Anonymox, silakan pilih sesuai jenis browser yang teman-teman gunakan.

Kemudian selanjutnya apa yang harus dilakukan!? Bagaimana cara menggunakan Anonymox setelah terpasang pada browser kita? Untuk pembahasan tentang cara menggunakannya, teman-teman bisa membaca pada posting saya yang lain, yaitu tentang Cara Menggunakan Anonymox di Mozilla dan Chrome.

Cara Kedua

Cara kedua ini merupakan cara yang setelah saya coba pada laptop saya, hasilnya ternyata nihil, gagal dan situs KumpulBagi tetap tidak bisa terbuka. Tetapi sebuah metode tidak dapat digeneralisasikan terhadap semua kasus, bisa saja cara yang kedua ini bisa berhasil saat teman-teman mencobanya, jadi silakan saja dicoba sebab caranya sedikit lebih sederhana dari cara pertama diatas dan teman-teman tidak perlu memasang (install) apapun. Cukup mengunduh sebuah file dan menyimpannya pada tempat yang telah ditentukan (kok seperti pembina upacara yah).

Pertama-tama silakan teman-teman download file host berikut, tenang saja, file ini ukurannya sangat kecil, hanya sekitar 9KB.

Setelah download fiile host melalui link di atas, selanjutnya ikuti langkah-langkah mudah berikut ini:
  • Copy file host yang sudah kamu download
  • Paste file tersebut di C:\Windows\System32\drivers\etc\
  • Replace atau overwrite file host yang telah ada (atau jika teman-teman ingin antisipasi, silakan backup terlebih dahulu file host yang lama dengan mengganti namanya atau memindahkan ke tempat lain)
  • Selesai, silakan coba hasilnya

Mungkin cukup sekian dari saya, semoga bisa bermanfaat, kalau ada yang ingin sobat tanyakan silakan sampaikan pada kotak komentar yang ada dibawah atau bisa juga melalui halaman contact blog ini. Terima kasih, assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh.
Disqus Comments